[Review] Twivortiare by Ika Natassa

image

Judul: Twivortiare
Penulis: Ika Natassa
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 360 Halaman
ISBN: 9789792286748
Cetakan: Pertama (Agustus 2012)
Genre: Roman, Keluarga, Metropop Indonesia

Tersedia di toko buku online Bukupedia

BLURB

Commitment is a funny thing, you know? It’s almost like getting a tattoo. You think and you think and you think and you think before you get one. And once you get one, it sticks to you hard and deep.

Do busy bankers tweet? Yes, they do. Empat tahun setelah Divortiare, Alexandra membuka kembali hidupnya kepada publik melalui akun Twitter-nya @alexandrarheaw. Lembar demi lembar buku ini adalah hasil “mengintip” kehidupannya sehari-hari, pemikirannya yang witty dan sangat jujur, spontan, chaotic, dan terkadang menusuk, yang akhirnya akan bisa menjawab pertanyaan: “Dapatkah kita mencintai dan membenci seseorang sedemikian rupa pada saat bersamaan?”

Twivortiare adalah kisah klasik tentang cinta dan luka, terangkai dalam tweets, mentions, dan DM yang lahir lewat ujung-ujung jemari karakter-karakternya.

REVIEW

biasanya saya lebih nyaman baca novel dengan format penulisan yang biasa dipakai selama ini. tapi karena novel yang satu ini berisi kumpulan tweet dari akun Alex, ternyata nagi saya jadi lebih mudah dan ringkas untuk ngeh. nggak pakai basa-basi atau bermajas apa kek kayak di novel-novel kebanyakan. intinya ini kayak lagi ngedengerin atau ngepoin curhatan orang yang tertuang dalam bentuk tweet. kayak lagi mantengin timeline twitter seseorang tanpa perlu loading page.

yang pada excited baca novel ini kelihatan banget keponya ya termasuk saya, hahaha. kenapa? karena saya yakin 90% pembaca Divortiare merasa kurang puas dengan ending buku yang satu itu. alhasil banyak yang meminta untuk dilanjutkan maka lahirlah Twivortiare.
“what happen next? ini si Alex sama Beno balikan nggak sih? bau-baunya sih iya kalau rukun beduaan dalam lift begini sampe ngajak makan nasi goreng Sabang segala. tapi kok cuma sampe sini?
begitulah yang muncul di otak saya waktu saya nyelesaiin baca Divortiare.

untungnya seorang Ika Natassa ngebuat akun @alexandrarheaw ditwitter yang berisi kehidupan second marriage dari Alex dan Beno. mengobati rasa kepo para pemirsa yang geregetan sama Beno-si-dokter-muka-lempeng ini. 😉

karena ini dari kumpulan-kumpulan tweet yang boleh dikatakan sesuka hati aja mau nge-post apa si Ika saat itu yang mungkin juga waktu itu dese belum berpikiran ingin menjadikan ini sebuah buku, jadinya banyak cerita yg diceritaiinnya secara maju mundur. ada yang flashback, ada yang balik lagi ke current time. di dalam buku ini, kisah-kisah di mana mereka mulai deket lagi, second pedekate, “balikan”, sampai second lamaran pun itu adanya udah di halaman ke berapa, bukan ditaruh di depan-depan yang bisa jadi sebagai pengantar awal dari cerita kehidupan second marriage-nya mereka secara lebih teratur. jadi buat calon pembaca, jangan bingung-bingung ya, pas di tweet awal-awal itu merekanya udah dalam situasi resmi menikah lagi.

namun, dari segi konflik cenderung tidak terlalu variatif. itu-itu saja yang jadi masalah dalam pernikahan mereka ini. sejujurnya sejak di Divortiare memang sudah mbulet begitu konfliknya, tidak pernah jauh dari pertengkaran. tapi di sekuel sebelumnya itu masih lebih mending karena lebih banyak menyuguhkan kegalauan yang lebih “normal” sebagai seorang single dan tokoh-tokoh yang saling berinteraksi satu sama lain dengan Alex dan Beno. di Twivortiare meski lebih eksklusif tapi malah terasa lebih sepi.

eh, yang bagian surat cinta dari Beno yang cuma ditulis di kertas resep buat Alexandra itu, subhanallah, bikin lutut lemes, bikin mewek. seorang Beno yang lempeng bisa nulis surat sepanjang itu buat ngungkapin perasaannya ke Alex dengan pemilihan kata yang seromantis itu. can you imagine?! surat ini memang jadi dessert yang sungguh epic.di akhir surat disematkan penegasan berikut,

“cinta kamu banget, Alexandra. aku cinta mati sama kamu.” – Beno Wicaksono

oh, God!!! kusarankan saja tolong siapkan sapu tangan ketika kau mulai menginjakkan jemarimu di lembar-lembar terakhir.

OVERALL RATING

★★★★★

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s