[Review] All You Can Eat by Christian Simamora

image

Judul: All You Can Eat
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 472 Halaman
ISBN: 9789797806439
Cetakan: Pertama (2013)
Genre: Contemporary Romance

BLURB

‘CINTA KOK BIKIN SEDIH?’

Dear pembaca,

Berbeda dengan penulis lain di luar sana, aku akan berterus terang mengenai akhir novel ini: bahagia. Tapi, kumohon, jangan desak aku untuk menceritakan awal ceritanya. Juga tentang siapa Sarah, siapa Jandro, dan apa yang menghubungkan mereka berdua.

Aku juga tak akan melebih-lebihkan penjelasanku mengenai novel kesepuluhku ini. ‘All You Can Eat’ memang bukan cerita yang orisinal. Jadi, jangan terkejut saat mendapati ceritanya mengingatkanmu pada curhatan seorang teman atau malah pengalaman hidupmu sendiri. Ini tentang seseorang yang istimewa di hati. Yang tak bisa kamu lupakan, juga tak bisa kamu miliki.

Jadi, apa keputusanmu?
Kalau setelah penjelasan tadi kamu masih ingin membaca novel ini, tak ada yang lagi bisa aku katakan kecuali: selamat menikmati.

Dan selamat jatuh cinta.

CHRISTIAN SIMAMORA

REVIEW

jadi ceritanya begini…
Sarah baru saja putus dari pacarnya setelah 2 tahun mereka bersama gara-gara pacarnya itu selingkuh dengan instruktur yoga mereka. Anye, sahabat baik Sarah, menyarankan supaya Sarah refreshing ke Bali untuk menghilangkan kegalauannya sekaligus menyelesaikan script film terbarunya. kejutan didapat Sarah ketika ia sampai di Bali dan menginap di villa milik keluarga Anye. Sarah tanpa sengaja bertemu dengan Jandro, adik Anye, yang pernah menyukainya dan ‘nembak’ dia dulu waktu Jandro masih SMP. Namun, Jandro kini sudah berubah total. tidak ada lagi gen seorang Jandro saat ia masih SMP yang kurus dan kutu buku. Jandro kini sudah jauh lebih… lelaki dan maskulin.

pertemuan itu sesungguhnya sangat tidak diharapkan karena sebenarnya Sarah butuh wajtu untuk sendiri dulu. Anye pun tak tahu kalau adiknya sedang menginap di sana. Anye mengira villa itu sedang kosong, that’s why dia menyarankan Sarah tinggal di sana.

nasib Jandro saat itu ternyata tak jauh beda dengan Sarah. ia juga sedang dalam ‘pengasingan’ demi menyembuhkan sakit hatinya setelah putus dari pacarnya, Nuna, yang lebih memilih bersama tunangannya daripada dirinya. karena Sarah dan Jandro tak ada tempat lain untuk ‘lari’ lagi, maka mereka sepakat tinggal dalam satu villa. awalnya sangat awkward karena tampilan Jandro yang seperti sekarang ini sungguh hot, sungguh membuat Sarah tidak nyaman karena dia adalah wanita dewasa normal, tapi dalam hitungan hari saja mereka sudah bisa bersikap normal satu sama lain.

konflik dimulai saat Nuna datang menemui Jandro ke Bali dan memohon agar Jandro mau kembali padanya. tapi ternyata Jandro mengaku kalau dia sudah punya pacar baru yaitu Sarah. Jandro meminta Sarah supaya mau berpura-pura jadi pacarnya demi mendepak Nuna. Sarah yang tadinya tidak menyetujui rencana tersebut akhirnya mau ikut memainkan perannya yang ternyata justru menjeratnya lebih dalam hingga totally in love with Jandro.

lalu pendapat saya…
asli, ketipu banget sama si Jandrong, eh, Jandro, kirain sampe akhir dia bakalan terus kurus tinggi ceking. eh taunyaaaa malah dibuat yummy nyum nyum gitu ckck haha tapi ya nggak apa-apa. jadi yang di imajinasi saya nggak timpang banget sama tokoh ceweknya.

jujur saja, yang buat saya tertarik dengan novel ini adalah karena cover-nya itu yang lumayan eye-catching meski dilihat dari jauh. meni-pedi ceweknya menggiurkan sambil meluk cowok dari belaka… okay sorry ini OOT. mari bahas isinya.

well, all I can say… cewek mana sih yang bakal menolak sosok Jandro sebagai future boyfriend or even hushband? sukses, kaya, muda, smart, ganteng, body yummy, etcetra, etcetra… tapi saya ngerasa kalau sosok Jandro ini terlalu sempurna, too good to be true, tapi untunglah dalam cerita ini dibuat gap umur antara Jandro dan Sarah di mana hal inilah yang jadi benang merah utama. at least perjalanan komitmen mereka untuk bersama nggak semudah membalikkan telapak tangan setelah mereka berhasil membereskan si Nuna. Ketika Jandro sudah kembali jatuh cinta dengan Sarah, justru Sarah yang masih meragukan kelangsungan hubungan mereka. Sarah tidak ada bayangan bahwa dirinya akan bisa bahagia dengan lelaki brondong alias lebih muda darinya. eh, tapi saya juga jadi geregetan sih sama Sarah ini, kok ya plinplan bener, udah tuir tapi masih aja galau sana sini. kan kasihan Jandro gueeeee(?) ㅠ-ㅠ

tapi nih ya, kalo ditanya siapa tokoh favorit di buku item ini? maka jawabanku bukan Jandro, melainkan Anye. yeah, dia itu sosok yg ‘hidup’ banget, bahkan paling ‘hidup’ deh di antara semua tokoh. 4 jempol buat peranan Anye! 🙂

berhubung ini novel untuk dewasa yang memang banyak bagian yang bikin kita berkipas ria, tapi saya suka banget dengan gaya penuturan ala Christian Simamora yang genit, centil, cablak, gaul, dan di campur dengan humor di sana sini. mudah dicerna otak dan imajinasi saya. lumayan banyak nyelipin english tapi setidaknya pencampuran english-bahasa tidak terlalu mbleber yang kadang malah bikin imajinasi pembaca jadi makin runyem.

saran terakhir, pastikan kalau kamu tidak anti dengan bacaan dewasa terutama buku-buku dari Christian Simamora karena hampir di tiap lembar kamu akan menemukan berbagai umpatan dalam bahasa atau english di sana sini dengan kata-kata f*ck atau b*tch. 😉

OVERALL RATING

★★★★☆

Advertisements

2 thoughts on “[Review] All You Can Eat by Christian Simamora

  1. […] banyak influence ke Tata di cerita ini, nggak kayak sosok sahabat lainnya yang pernah saya baca di All You Can Eat atau Marry Now, Sorry Latter. Masih kurang greget aja gituh rasanya. Perannya sebagai sahabat yang […]

    Like

  2. […] dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo), Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), As Seen On TV (Javi), dan Marry Now, […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s