[Review] Antologi Rasa by Ika Natassa

image

Judul: Antologi Rasa
Penulis: Ika Natassa
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 328 Halaman
ISBN: 9789792274394
Cetakan: Kelima (Agustus 2012)
Genre: Roman, Persahabatan, Metropop Indonesia

Tersedia di toko buku online Bukupedia

BLURB

Tiga sahabat. Satu pertanyaan. What if in the person that you love, you find a best friend instead of a lover?

K e a r a

Were both just people who worry about the breaths we take, not how we breathe.
How can we be so different and feel so much alike, Rul?
Dan malam ini, tiga tahun setelah malam yang membuatku jatuh cinta, my dear, dan aku di sini terbaring menatap bintang-bintang di langit pekat Singapura ini, aku masih cinta, Rul. Dan kamu mungkin tidak akan pernah tahu.
Three years of my wasted life loving you.

R u l y

Yang tidak gue ceritakan ke Keara adalah bahwa sampai sekarang gue merasa mungkin satu-satunya momen yang bisa mengalahkan senangnya dan leganya gue subuh itu adalah kalau suatu hari nanti gue masuk ke ruangan rumah sakit seperti ini dan Denise sedang menggendong bayi kami yang baru dia lahirkan. Yang tidak gue ceritakan ke Keara adalah rasa hangat yang terasa di dada gue waktu suster membangunkan gue subuh itu dan berkata, “Pak, istrinya sudah sadar,” dan bahwa gue bahkan tidak sedikit pun berniat mengoreksi pernyataan itu. Mimpi aja terus, Rul.

H a r r i s

Senang definisi gue: elo tertawa lepas. Senang definisi elo? Mungkin gue nggak akan pernah tahu. Karena setiap gue mencoba melakukan hal-hal manis yang gue lakukan dengan perempuan-perempuan lain yang sepanjang sejarah tidak pernah gagal membuat mereka klepek-klepek, ucapan yang harus gue dengar hanya, “Harris darling, udah deh, nggak usah sok manis. Go back being the chauvinistic jerk that I love.
Thats probably as close as I can get to hearing that she loves me.

Kisah kosmopolis ini sesungguhnya mengangkat tema klasik: cinta saling-silang yang menanti titik temu. Dalam bukunya kali ini, dengan berani Ika Natassa “memerankan” setiap tokoh dan bercerita dari sudut pandang mereka masing-masing, membuat dinamika yang menarik, tajam, cerdas, sekaligus humoris sepanjang cerita. Untuk penggemar chicklit atau buku-buku bertema metropop, karya Ika Natassa ini tidak sepantasnya dilewatkan.
– Dewi Lestari, penulis

Love this novel!
Dengan banyak karakter dan cerita yang disuguhkan, Ika memberikan cerita yang jujur, apa adanya, dan membumi. Novel ini berbeda dengan novel-novel sebelumnya tanpa kehilangan signature sang penulis. If only every book I read was this good.
– Ninit Yunita, penulis

Sebagai pembaca sok pinter, berkali-kali saya berusaha menebak alur novel ini. Berkali-kali juga saya cengar-cengir karena twist yang muncul tak terduga mementahkan tebakan itu dan tanpa disadari saya sudah hanyut dalam cerita ini. Ikut frustrasi bersama Harris. Ikut sedih bareng Keara. Ikut jatuh cinta dengan Ruly. Novel ini wajib dibaca kalau kamu sudah bosan dibuai novel bertema sejenis dengan cerita yang too good to be true. Novel ini akan bikin kamu terharu, bahagia, sedih, sebal, dan akhirnya tersadar: cinta dan realita itu… ya kayak gini.
– Jenny Jusuf penulis, blogger

Ika Natassa is one of my favorite writers dan Antologi Rasa benar-benar mengobati kerinduan untuk membaca tulisan Ika. Bahasanya witty, alur cerita mengalir lancar dan plot serta pilihan kata yang selalu bikin jleb after jleb after jleb in my heart. Kena banget! Love is a universal topic and Ika Natassa with her Antologi Rasa has bring it to the next level!
–Ollie, penulis, pemilik NulisBuku.com

Antologi Rasa mengobati rasa kangen saya pada lembaran kisah makhluk urban khas Ika yang ceplas ceplos dan menggigit. Bersiaplah untuk terombang-ambing di dalamnya karena rasa (di hati) tidak pernah berbohong.
– Sitta Karina, novelis dan kontributor lepas

Antologi Rasa is a no-barrier urban novel. Ika Natassa menghadirkan karakter-karakter metropolis yang dibalik kesuksesan karir dan finansialnya mengalami krisis emosional yang dramatis tapi tidak cengeng. Kerapuhan internal pribadi-pribadi kosmopolitan berhasil dilukiskan dengan detil dan seksama. Novel ini penting dibaca oleh pria dan wanita karir agar saling mengerti. Referensi pop culture serta lokasi cerita yang kuat membuat Antologi Rasa jadi kaya, meriah, dan menyenangkan. A page turner indeed!
– Ve Handojo, penulis skenario

Brilliant! Membaca novel ini membuat saya teringat masa-masa single dulu, karena alur ceritanya yang terasa begitu dekat dengan realitas sehari-hari. Ika berhasil membuat saya tidak bisa berhenti membaca novel ini sebelum tamat.
– Amalia Malik Purtanto, sahabat dan first reader

REVIEW

tadinya saya nggak tau apa-apa tentang Ika Natassa dan buku-bukunya Ika Natassa. tapi ada temen yang nanyain buku Ika yang Antologi Rasa ini ke saya, sedangkan saya dulu nggak punya satupun buku Ika. karena lihat temen antusias banget gitu, akhirnya saya jadi penasaran. akhirnya dapetlah buku-bukunya Ika dari toko buku, salah satunya buku ini.

oh ya, perlu dicatat, saya adalah #TeamHarris garis keras! jadi apapun komentar saya disini, harap dimaklumi jika saya serba lebih pro ke Harris ;p
pada dasarnya karena saya memang lebih suka dengan karakter orang macam Harris ini. cablak. humor. romantis. bad boy. nah ini kuncinya, bad boy. hmmm yummy!

saya suka dengan cara penulisannya, dengan sudut pandang mereka masing-masing; Keara, Harris, dan Ruly. jadi si pembaca ini bisa tau secara spesifik perasaan masing-masing tokohnya seperti apa dan ke siapa.
ceritanya nggak melulu mewek-mewek atau happy-happy. bahkan saya sendiri nggak tau harus memberi kategori apa ke endingnya. happy? no. sad? nggak juga. -_-

by the way, POV-nya Keara banyak, POV-nya Ruly banyak, tapi POV Harris kok kayaknya lebih sedikit? 😦 ah, mungkin perasaan saya saja.
tau nggak, tiap saya balik lembarannya itu, nama tokoh yang dicetak tebal yang paling saya tunggu-tunggu untuk muncul adalah Harris! 😦 but it’s okay lah 😉

Denise sudah punya suami, tapi ditaksir Ruly. Ruly yang naksir Denise, ditaksir sama Keara. Keara yang naksir Ruly, ditaksir berat oleh Harris. tapi… Harris ditaksir sama siapa? Harris jadi buntutnya doang, jadi pihak yang paling kesian gini. 😦 *pukpuk Harris*

yah. nggak apalah Harris jadi yang paling miris, at least dia masih punya banyak pacar di luar sana haha. you’re still my fav character, Ris!

seperti biasa, novelnya Ika ini kayak gado-gado, English dan Bahasa. campur sari bahasanya jadi suka bikin ketawa dengan kalimat yg bernada spontan, apalagi guyonan dan celetukan Harris yang khas banget dengan THE RISJADNESS-nya itu bikin klepek-klepek.

btw, saya berpendapat yg ini bukan karena saya #TeamHarris. menurut penilaian saya pribadi, tokoh yang paling kuat karakternya tu si Harris. punya nilai plus lah. nggak heran kalo sampe banyak menelan korban wanita-wanita penderita delusion akut terhadap sosok Harris Risjad. termasuk saya. haha.

but… again, jadi inget waktu baca ending Divortiare, ending Antologi Rasa ini agak gantung. ngenes juga sih pada akhirnya nggak ada siapa yg jadian sama siapa. pingin banget ada lanjutannya. what happen next antara Keara & Harris? apalagi muncul pula akun twitter dari 2 tokoh ini. akankah bernasib sama seperti Divortiare yang finally cerita lanjutannya dikumpulin dari tweets-nya Alex? I hope so. pinginnya Harris & Keara jadi jodoh. 😉

OVERALL RATING

★★★

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s