[Review] The Truth About Forever by Orizuka

image

cover lama, 2008

image

cover baru, 2013

Judul: The Truth About Forever
Penulis: Orizuka
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 312 Halaman
ISBN: 9797806243
Terbitan: April 2013 (pertama kali terbit 2008)
Genre: Roman, Young-Adult

BLURB

Seberapa berharga sih satu detik itu? Tik. Sebentar saja dia langsung berlalu. Tik. Satu detik pergi lagi. Tak ada harganya.

Tapi tunggu sampai kau sadar waktumu hampir habis. Tik. Kau ingat selama ini jarang beramal. Tik. Kau teringat mimpi-mimpi yang nggak sempat kau wujudkan. Tik. Kau sadar nggak cukup menyayangi keluarga dan teman-temanmu.
Tik. Tik. Tik. Kau panik, takut menyia-nyiakan lebih banyak waktu lagi.

Yogas merasa demikian ketika divonis nggak akan berumur panjang. Tapi bukannya memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik-baiknya, dia malah diam-diam pergi ke Yogyakarta. Kedatangannya ke sana nggak lain untuk balas dendam kepada orang yang dianggapnya bertanggung jawab atas semua ini. Bahkan kalau perlu, mati bersama.

Saat itulah cinta datang. Memberi pengharapan, membuatnya merasakan setitik kebahagiaan di dalam kelam hidupnya. Dan sekarang, keputusan itu ada di tangan Yogas. Karena cinta dan benci nggak akan pernah akur.

Jadi, Yogas…, pilih yang mana? Sementara kamu berpikir…. Tik.

REVIEW

4 stars! I really liked it! 🙂

beruntungnya diriku mendapat pinjaman buku ini. thanks a lot buat temanku yang sudah minjemin! 🙂

dari awal temanku sudah mewanti-wanti saat meminjamkan buku ini,

“please, tolong, jangan nyolong-nyolong baca ke halaman akhir.”

biasanya itu yang kulakukan kalo aku bosan dengan cerita di tengah atau terlanjur penasaran duluan dengan ending-nya, nyolong ngintip langsung ke halaman belakang. ;p
untungnya kali ini tidak kulakukan, karena dari awal sampai ke tengah dan ke akhir, tidak ada bagian yang membosankan, jadi tak ada alasan untuk ngintip ke belakang. asli, ceritanya ngalir banget! 🙂

sebenarnya, tanpa diwanti-wanti pun aku sudah tau bagaimana ending-nya. dari baca sinopsisnya pun sudah tertebak. lagi pula aku bukan reader yang anti ehem ending. sorry, bukan bermaksud spoiler, tapi kurasa kalian juga sudah bisa menebak bagaimana akhir ceritanya dari hanya membaca sinopsis dan beberapa clue yang ada dari halaman ke halaman. aku justru suka dengan ehem ending. aku sangat mengapresiasi hal itu, karena itu artinya penulis sudah berani ‘bermesraan’ dengan akhir yang seperti itu.

meski aku sudah tau ending-nya bagaimana, tapi aku tetap menikmati alur ceritanya. menohok sekali. entah ini karena dibumbui musik instrumental yg selalu kudengar selama membaca atau memang sentuhan kalimat-kalimat tersebut yang menimbulkan efek tertohok langsung? jarang-jarang lho aku baca cerita yg tiap lembarnya bikin dada rasanya nyeeesss banget gini. :“(

quote favoritku adalah waktu Eno, teman Yogas, bilang gini,

“Gas, lo tau nggak jatuh cinta itu apa? Artinya lo jatuh ke dalam cinta tanpa disengaja. Jadi,walaupun lo nggak mau jatuh, lo bakalah tetep jatuh.”

kalimat ini serasa nampar banget. kalau sudah merasa suka dan sayang dengan seseorang, terima dan nikmati saja. jangan menyangkal perasaan sendiri yang justru membuat kita akan tambah sakit. mungkin itulah maksudnya si Eno.

hikmah? banyak! how to treat people seperti Yogas ini, jangan dijauhi, tetap kasih semangat, tetap disayangi. jauhi yang namanya barang terlarang sialan itu, bergaul dengan orang baik-baik, dan lain-lain.

trus kenapa kok cuma 4 bintang?
karena kalau menurutku pribadi, kenangan yang dibuat antara Yogas dan Kana itu masih kurang banyak, rentang kebersamaan mereka masih terlalu singkat. yah, namanya pembaca ya, emang porsinya mau nambah mulu dan maunya isinya itu sesuai keinginan sih. :p

bagi yang suka ehem ending, baca yang ini sangat disarankan! yang nggak suka ehem ending, nggak ada salahnya juga coba baca. keren, euy. 🙂

P.S.: kalau ada yang mau baca ini, nggak usah sediain tissue karena pasti akan boros, banyak habis pasti ntar. pake sapu tangan aja biar lebih hemat. 😀

OVERALL RATING

★★★★☆

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s