[Review] Sunshine Becomes You by Ilana Tan

image

Judul: Sunshine Becomes You
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 432 Halaman
ISBN: 9789792278132
Cetakan: Pertama (Februari 2012)
Genre: Roman, Metropop Indonesia

BLURB

“Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.”

Ini adalah salah satu kisah yang terjadi di bawah langit kota New York…
Ini kisah tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan…
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan…
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.

Awalnya Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu—malaikat kegelapannya yang sudah membuatnya cacat.
Kemudian Mia Clark tertawa dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia dulu bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapannya.

Awalnya mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga.
Kemudian Alex Hirano tersenyum dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

REVIEW

4 stars! I really liked it!
saya terhanyut… *halah*

cerita di sini tidak jauh berbeda dengan konsep-konsep cerita Ilana Tan di novel sebelumnya (tetralogi 4 musim). bertemu dengan seseorang yang famous, bertalenta, dan tidak jelek. sekilas mirip dengan Summer in Seoul atau Spring in London, bukan? tapi di sini tragedi pertemuannya dibuat berbeda.

berawal dari seorang Mia Clark yang tidak sengaja mencederai the precious hand and fingers of a famous and talented pianist, Alex Hirano. itu yang menjadi alasan mengapa Alex sebegitu tidak menyukai Mia. karena Mia mengacaukan segalanya padahal dalam hitungan minggu saja Alex harus menggelar konsernya. tapi untuk membayar kesalahannya, Mia rela melakukan apa saja untuk Alex atas rasa bersalahnya. awalnya Alex menolak tapi Mia tetap bersikeras. akhirnya Alex menerima tawaran tersebut dan Mia bersedia tinggal seatap dengan Alex di apartment Alex. dari sinilah bulir-bulir kisah kasih mereka mulai merekah…

setting novel ini tidak diambil di Indonesia. tapi Ilana Tan seperti tetap menempelkan “gen” Asia di buku ini, contohnya pada tokohnya, Hirano, yang keturunan Jepang dan juga Mia Clark yang meski nama belakangnya ala bule tapi di cerita ini Mia adalah anak angkat yang wajahnya benar-benar asia dan bermata sipit, bahkan ia sendiri tak tahu ia asalnya dari mana.

tidak ada bagian yang bikin kita “kipas-kipas” yang biasanya selalu ada di cerita dewasa ala setting luar negeri. Ilana Tan selalu bisa membuat interaksi yang sangat menis antar tokohnya namun begitu berkesan dan bisa terus membekas di hati pembaca.

walaupun 2 tokoh utamanya ini tinggal dalam satu apartment, mereka hanya sekedar menyelami kepribadian masing, mereka jadi semakin mendalami perasaan yang mereka rasakan akibat saling berinteraksi setiap hari. tidak ada hal lain. tidak terlalu intens apalagi berhubungan fisik. uhm, saya juga heran, bisa ya di jaman sekarang ini ada yang hidup seadem ini tanpa ada apa-apa padahal mereka sangat bebas dalam satu apartement, hehehe.

sebenernya plotnya cukup bisa ditebak, setelah sampai ke ending, ya ternyata benar, sesuai dugaan. so, finally I can say that Ilana Tan is really good at ehem ending. 😉

kalau memang berkesan, mengapa saya hanya memberi 4 bintang? itu karena hanya “berkesan”, bukan “sangat berkesan”. andai saja ini memang sangat berkesan dan lebih ‘nendang’, saya tanpa ragu akan memberi 5 stars. jika dibandingkan dengan Autumn in Paris, cerita ini masih kalah pada efek mengharubirunya. pada bagian klimaksnya malah agak datar. masih kurang atau belum bisa sepenuhnya meremukkan hati saya. *halah*

tapi, ada satu bagian yang paling saya suka di buku ini. saya tak bisa mengutip sama persis seperti yang di buku karena waktu baca ini bukunya pinjam dari teman. nah, kira-kira intinya begini:

Mia Clark: “mengapa kau selalu memanggilku dengan nama Clark, nama belakangku?” (karena orang lain biasa memanggilnya dengan nama Mia)

Alex Hirano: “kau harus menikah denganku dulu, jadi nanti namamu akan langsung berubah menjadi Mrs. Hirano. maka mau tak mau aku baru bisa memanggilmu dengan nama Mia.”

aaawww, sooooooo sweeeeeeeeet! 😉

OVERALL RATING

★★★★☆

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s