[BlogTour] Giveaway Winner – Mr O vs Miss B: Promise by Byanca Sastra

bt promises jpg

Hello, fellas!

Satu minggu sudah berlalu. Giveaway novel Mr O vs Miss B PROMISE pun telah resmi ditutup sejak batas waktunya. Sekarang waktunya saya mengumumkan siapa pemenangnya. Penasaran? Are you ready?

Sebelum mengumumkan siapa si pemenang yang beruntung, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk dedek Byanca Sastra–si penulis belia yang masih berusia 17 tahun dan sudah menerbitkan beberapa novel remaja–yang telah sudi mengajak saya lagi dalam kerjasama blog tour novel terbarunya ini. Apabila terdapat banyak kekurangan dan ketidak puasan, mohon dimaafkan ya, By. Hehehe.

Saya juga mau ucapkan terima kasih pada semua peserta yang sudah bersedia ikutan di giveaway kali ini. Jika kalian sempat merasa tidak nyaman lantaran moderasi komen yang bikin kalian bingung “ini komen gue udah masuk apa belum sih? Kok nggak nongol dari tadi?” harap dimaafkan juga, ya. Tapi sekarang sudah saya ubah kok setting-nya supaya nggak usah moderasi lagi. Don’t worry on next time. 😀

Okay, setelah membaca semua jawaban yang masuk dan menimbang-nimbang isi dari opini kalian masing-masing, maka sudah diputuskan satu nama sebagai pemenangnya.

And the winner is...

Irfan Rizky
@irfansebs
Cibinong, Bogor

Jawaban saya atas pertanyaan kuisnya adalah tidak.
Saya tidak mempercayai adanya korelasi antara golongan darah dan kepribadian/watak seseorang. Well, kalau cuma untuk lucu-lucuan, yha saya juga sering. Ehe. Apalagi buat gombalin pacar: “Aku O nih, hiperaktif. Cocok sama kamu yang B.”
#Eaaa

Eh, Mba Aya dan teman-teman yang lain tahu tidak sih apa itu pseudoscience atau pseudosains dalam bahasa Indonesia?
Ilmu semu atau pseudosains (Inggris: pseudoscience) adalah sebuah pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktik yang diklaim sebagai ilmiah tapi tidak mengikuti metode ilmiah. Ilmu semu mungkin kelihatan ilmiah, tapi tidak memenuhi persyaratan metode ilmiah yang dapat diuji dan seringkali berbenturan dengan kesepakatan/konsensus ilmiah yang umum. (Wikipedia)

Atau kalau boleh saya sederhanakan:
Jadi pseudosains bisa diartikan sebagai ilmu yang “palsu”, atau ilmu yang seakan-akan ilmiah namun sebenarnya belum terbukti secara objektif dan empirik. Biasanya karena tidak atau belum lulus ujicoba dalam tahapan-tahapan metodologi sains.
Di Indonesia dinamakan sebagai ilmu semu.
Contohnya apa?
Banyak kok ilmu yang masuk ke dalam kategori pseudoscience, seperti:
1. Grafologi. Ilmu yang mempelajari sifat dan karakter manusia berdasarkan penulisan tangannya dan cara menulisnya.
2. Akupuntur dan berbagai pengobatan alternatif.
3. Numerologi. Ilmu yang mempelajari antara angka-angka di alam ini dan kaitannya dengan fenomena/peristiwa yang terjadi di alam semesta.
4. Astrologi. Hampir sama seperti Grafologi, namun ini berdasarkan posisi rasi bintang.
5. Penggolongan sifat manusia berdasarkan golongan darah.

Nah. Poin ke-5 sudah cukup menjelaskan kalau tidaklah benar jika kita menjustifikasi kepribadian seseorang berdasarkan golongan darahnya.
Maaf kalau jawaban saya terlalu panjang ya, Mbae dan teman-teman. Hehehe.
Uh-oh, sekadar saran untuk degem-degem di Indonesia (dede gemes), ayolah, kalau suka sama seseorang jangan cari pembenaran jodoh dengan melalui golongan darah yang ‘katanya’ cocok. Belajar agar pintar baik di brain dan behaviour, rawat dan poles diri agar beauty-nya bertambah, dan berprestasilah! Jodoh yang berkelas hanya untuk orang-orang yang sama berkelasnya kok!

Selamat ya, Irfan! Saya suka jawabannya karena tidak hanya mengemukakan opini, tetapi juga menyantumkan dasar opininya secara cukup mendasar. Tapi saya rasa ini bukan berarti pseudoscience itu sepenuhnya ilmu palsu/semu atau tidak dapat dibuktikan sama sekali. Mungkin ini hanya soal waktu, di mana ilmu yang ada sekarang ini belum mampu untuk membuktikan asumsi-asumsi yang sudah ada. Bisa jadi dalam beberapa dekade ke depan akan ada penemuan-penemuan baru yang dapat memaparkan secara lebih logis jika itu benar adanya. Ini cuma menurut saya aja lho ya. Mhihihi~

Once again, congratulation to you, Irfan. Hope you’ll like this book as much as I do. Please send me your full name, full address, and contact person via e-mail to ayamurning@gmail.com as soon as possible with subject: Pemenang Giveaway Promise. Saya tunggu selama 2×24 jam. Kalau lebih dari itu nggak ada kabar, nanti saya pilih pemenang yang baru. Hehehe.

Bagi yang belum menang, jangan berkecil hati. Bukan berarti jawaban kalian jelek, lho. Semuanya bagus-bagus kok. Semoga beruntung di lain kesempatan. Pokoknya harus pantang menyerah!

Oh ya, jangan lupa mampir ke blog http://www.thecutegeek.blogspot.co.id karena mulai tanggal 15 September 2016 host-nya pindah ke sana. Buat yang masih penasaran mau dapetin novel ini, silakan coba ikutan di situ. Good luck! 😉


COMING SOON GIVEAWAY


TYPO by Christian Simamora

(26 Sept – 02 Oct 2016)

Cover TYPO by Christian Simamora

… and …

A Place You Belong by Nicco Machi

(24-30 Oct 2016)

cover-depan-a-place-you-belong

Don’t miss it!!!

Leave a Reply

