[BlogTour] Interview: Christian Simamora, Author of TYPO

Cover TYPO by Christian Simamora

Hello, fellas!

Welcome back to my book-blog dalam rangka blog tour & giveaway novel terbaru terbitan TWIGORA dari seri #jboyfriend karya Christian Simamora yang berjudul TYPO. Kalau kamu ngakunya pecinta seri ini, pasti kamu sudah nungguin banget novel ini rilis, ya nggak?!

Quote TYPO

Bang CS berbaik hati membolehkan kami, para host, untuk mengajukan lima pertanyaan yang berkaitan dengan proses kreatif penulisan novel TYPO. So, kalau kamu penasaran ingin tahu fakta lain apa lagi tentang Bang CS dan novel barunya ini, mari simak wawancaranya berikut ini. 😉

***

1. Sejujurnya saya termasuk pembaca yang demen baca fiksi dengan bumbu perjodohan.  Nah, kalau bagi Abang sendiri, apa spesialnya tema perjodohan untuk diolah menjadi cerita fiksi hingga bisa tercipta novel TYPO?

Tema romance nggak jauh beda dengan pola baju. Say, rok A line. Polanya sendiri sudah sering dilihat orang, tapi cara desainer menggunakan pola dasar itu untuk konsep fashionnya sendiri adalah tantangannya. Tambah variasi bahan, otak-atik panjang rok, dekorasi… ta-dah, jadi benar-benar baru!

2. Sudah berapa banyak menu dari cokelat yang sudah Abang cicipi demi ‘riset’ buat novel ini? 😀

All of them! Haghaghag~ sekali ini niat demi riset buku. *alasan*

3. Sampai saat ini, Abang sudah menciptakan 9 karakter #jboyfriend yang selalu mampu memikat hati pembaca. Sebenarnya mana yang lebih susah dalam menciptakan karakter di tiap buku #jboyfriend?

Urutannya justru plot cerita -> riset karakter -> riset setting -> mulai menulis. Jadi yang paling susah ya nyari dasar cerita untuk dijadikan plot, Aya.

4. Ada nggak sih ‘ide gila’ yang sempat muncul di kepala Abang selama proses penulisan TYPO tapi nggak jadi dimasukin gara-gara “oh no, this is too much“? Dan bagian mana yang paling menguras energi Abang untuk menyelesaikannya?

*inget-inget bagian yang di-delete* adegan flashback Mai-Josh (dirampingin), adegan clubbing dengan Ruby and her gang (kata editor, ada bagian yang ganggu), dan ada bab yang ditulis ulang. Yang menguras energi, hm, yang selama di Cocobolo. Terlalu banyak adegan yang melibatkan interaksi dengan karyawan hotel. Biar nggak sok tahu, harus banyak baca dulu soal perhotelan (meskipun nggak semua masuk ke buku).

5. Di novel ini, Mai suka sekali baca novel historical romance karya Carina St. Tropez. Apakah itu karena selama proses menulis novel ini Abang juga lagi suka-sukanya baca novel dari St. Tropez?

Novel ini memang homage untuk historical romance favorit Abang. Meskipun ber-setting modern, konsep plotnya disesuaikan dengan pola novel-novel di genre itu.

***

Hmm, saya akui genre historical romance itu plotnya emang agak mirip kayak setrikaan sih, ya. Sampai nular juga ke novel TYPO yang harus bulak-balik pindah scene ke sana ke mari. Tapi malah jadi tambah seru, lho! Saya acungin jempol buat Bang CS atas eksekusinya lancar jaya dan bebas hambatan. 😉

Cuplikan TYPO

Nah, kalau kamu, suka baca novel genre historical romance juga nggak? Apa judul favoritmu dari genre tersebut? Boleh banget kok kalau mau share di sini. 🙂

***

TENTANG PENULIS

Selfie Christian Simamora

CHRISTIAN SIMAMORA

Berzodiak Gemini, kelahiran 9 Juni 1983. Mencintai genre romance baik sebagai penulis maupun pembaca. Dark chocolate adalah tipe cokelat batangan favoritnya.

Sejak tahun 2006, memutuskan untuk menekuni genre romance untuk pembaca dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo), Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), As Seen On TV (Javi), dan Marry Now, Sorry Later (Jao). Pada tahun 2015, dia merilis seri kedua yang diberi nama #vimanasingles. Tiger On My Bed adalah buku pertama di seri itu.

TYPO (Josh) adalah novel ketujuhbelasnya.

Fanpage (Facebook): http://www.facebook.com/ChristianSimamoraAuthor

Instagram: @XSIMAMORA

Twitter: @09061983

E-mail: ino_innocent@yahoo.com



Banner blogtour TYPO

Blog tour novel TYPO diadakan selama 10 hari dengan jadwal sebagai berikut:

• 16 September: Athaya Irfan
http://theboochconsultant.blogspot.co.id

• 18 September: Luckty Giyan Sukarno
http://luckty.wordpress.com

• 20 September: Nina Ridyananda
http://thebookaddictdiaries.blogspot.co.id

• 22 September: Destinugrainy
http://destybacabuku.wordpress.com

• 24 September: Oktabri Erwandra
http://irbatko.wordpress.com

• 26 September: Aya Murning
https://murniaya.wordpress.com

• 28 September: Wardahtuljannah
http://melukisbianglala.wordpress.com

• 30 September: Sri Sulistyowati
http://www.kubikelromance.com/

• 2 Oktober: Shen Meileng
http://thecutegeek.blogspot.co.id

• 4 Oktober: Asri Rahayu MS
http://peekthebook.blogspot.co.id

Advertisements

25 thoughts on “[BlogTour] Interview: Christian Simamora, Author of TYPO

  1. Pertanyaan kedua gokil.. icip coklat sekian banyak untuk riset.. uumm, kalo bang Christian Simamora sukanya dark choco, kedua tokoh utama sukanya yang mana?

    Like

    • Kalau di novelnya sih nggak begitu dijelaskan kedua tokoh sukanya sama jenis cokelat yang mana. Tapi ada satu scene waktu Josh kasih sekotak cokelat whiskey ke Mai, dan Mai suka banget itu. Trus ada juga waktu Josh ketagihan makan cokelat mawar kayak yang aku cantumin di post review. 😉

      Liked by 1 person

      • Oooo.. gituu.. yaya.. romantis banget Josh-nya.. emang kalo ngasi sesuatu itu lebih berkesan kalo yang disukai ya kan..
        Ummm.. coklat mawaaar..nyummii (cuma bs membayangkan).

        Like

  2. […] Baca juga: Interview with Christian Simamora, Author of TYPO […]

    Like

  3. Setuju Bang, novel romance tentang perjodohan bukan hal yang baru lagi. Tapi memang bagaimana si penulis membawakannya, dengan lebih fresh dan menarik.
    Soal coklat…… bagi-bagi dong Bang. 😀

    Like

  4. […] Silakan disimak dahulu interview bareng Bang CS dan review novel TYPO, kalau mau kasih komentar di sana ya boleh banget, tapi nggak wajib […]

    Like

  5. risetnya gak main-main.. pengen ketularan bkin novel dengan riset yang bner” lengkap (y)

    Like

    • Kalau gitu, banyak-banyak berguru sama Bang CS deh hehehe. Soalnya beliau ini tiap bikin novel dengan berbagai jenis profesi, risetnya sangat mendalam sehingga pembaca nggak merasa janggal atas apa yang beliau sampaikan di bukunya. 🙂

      Like

  6. Belum menyukai cerita Historical Romance. Emm, susah aja bayangin adegan plus settingnya pas sedang baca. Susah meresap. jadi nggak ada judul dari saya. Oh ya, ternyata riset menjadi poin penting ya dalam menulis. Sampe Bang Ino lahap semua cokelat agar menunjang cerita. OMG! Tambah gemuk lho Bang!

    Like

  7. Wadaw! Mungkin karena banyak makan cokelat juga, nulisnya jadi lancar jaya si Abang secara kan katanya cokelat bisa ngusir stres. Duh.
    Sukses selalu lah biar lanjut ke seri ke 10 dan seterusnya.

    Like

  8. Kok saya search di google Carina St Tropez ndak ada yha Mba? Yang ada artis sama artikel artikel spanish (or mexican?)
    Mohon pencerahannya ya Mba

    Like

    • Ada kok laman wikipedia-nya si Tropez. Di halaman belakang novel TYPO malah ada sedikit keterangan tentang si penulis historical romance ini. Kalau memang masih nggak nemu, nanti aku fotoin aja halamannya lewat twitpic.

      Liked by 1 person

  9. “tema romance gak beda dengan pola baju” penjabarannya emang pas banget. Ibaratnya penulis itu desainernya,

    Like

  10. Novel perjodohan itu memang menarik ditambah kemasan dan eksekusi yang pas, jadilan novel yang makin memikat.

    Like

  11. “tema romance gak jauh beda sama pola baju”
    beneer banget bang, semuanya tergantung polesan dari pembuatnya, walaupun sama tema bahkan judul tetap aja isi ceritanya sesuai karakter penulisnya.

    Liked by 1 person

  12. Coklat dan kisah cinta … bikin penasaran atuh. Nggak salah memang aku demen dengan cerita bang ino yang satu ini:”) Interviewnya keren kak!!! ngulik-ngulik seputar isi dalam novel^^

    Like

  13. Nyobain semua varian coklat untuk riset novel.
    Wahh ini niat banget nih, saya juga mau jadi salah satu testernya bang.~

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s