[BlogTour] (Never) Looking Back by Elvira Natali — What is Perfect Mistake? | Flash Review, Giveaway

Novel (Never) Looking Back karya Elvira Natali

Judul: (Never) Looking Back
Penulis: Elvira Natali
Penerbit: GagasMedia
Editor: Tesara Rafiantika
Penyelaras aksara: Putra Julianto
Desainer sampul: Agung Nugroho
Tebal: viii + 272 Halaman
Cetakan: Pertama
Terbitan: Jakarta, 2016
ISBN: 978-979-780-867-9
Genre: Romance

BLURB

Si Casta bersahabat sejak kecil dengan Kevin, lalu menjadi sepasang kekasih ketika mereka remaja. Namun, keduanya berpisah untuk mengejar mimpi masing-masing. Mereka bertemu kembali ketika keduanya sudah mapan dengan mimpi mereka dan memiliki pasangan baru. Kevin sudah memiliki Misca dan Casta sudah memiliki Philip, seorang seniman patung pasir. Mereka ada dalam pertaruhan hati; apakah akan terus menjaga cinta mereka dengan pasangan yang baru atau kembali menjalin cinta lama. Di sanalah keteguhan hati mereka diuji.

Casta dan Philip bertemu di sebuah toko souvenir di London. Akhirnya, mereka berteman dan saling memercayakan kisah hidup mereka. Kehilangan di masa lalu menjadi persamaan mereka untuk saling menguatkan.

(Im)Perfection adalah kisah tentang bagaimana seseorang yang bersungguh-sungguh berusaha akan dapat menggapai mimpinya. Juga bercerita tentang cinta sejati akan selalu memaafkan dan menerima. Tentang hati yang selalu mencoba bersetia, tetapi selalu saja ada hal yang mematahkannya. Tentang cinta yang sulit sekali ditebak dan dicari ujungnya.

REVIEW

“Karena satu hari bersamamu jauh lebih baik daripada seribu hari di tempat lain.” — Phillip (hlm. 103)

Sebagai seorang desainer yang sangat sukses di negeri orang, Casta Abigael sungguh menikmati hidupnya berkarya di Paris meski semua pekerjaan itu menyita waktunya. Terlalu menikmati rutinitas padatnya, Casta hampir tak punya waktu untuk sekadar berkencan dengan lelaki mana pun. Sampai suatu ketika sebuah kesalahan kecil di sebuah toko di London yang berhasil mempertemukan Casta dengan Philip Bouvier, seorang seniman Pasir dari Paris. Kantung belanjaan mereka tertukar dan terdapat barang-barang penting Casta di kantung belanjaan tersebut. Berbagai upaya Casta lakukan agar dapat menemukan si pemilik kantungnya agar ia mendapatkan kembali barang-barangnya.

Bagi Casta, Philip adalah lelaki menyebalkan karena mengacaukan harinya oleh keteledorannya yang telah mengambil kantung belanjaannya. Tetapi Casta akhirnya tak bisa menyangkal bahwa terdapat sisi manis dari Philip yang tulus membantunya meski ia selalu marah-marah padanya. Sedangkan bagi Philip, Casta adalah perempuan mungil yang sangat cerewet namun mampu membuat hari-harinya kembali berwarna setelah selama ini ia sangat menutup diri dari trauma masa lalu.

“Awalnya, aku merasa dunia begitu kejam, tapi lambat laun aku mengerti. Di dunia ini kita tidak bisa menghindari apa pun, termasuk masalah dan duka. Ketika itu terjadi, kita hanya perlu menerima. Karena hal-hal tersebutlah yang akhirnya mendewasakan pribadi setiap manusia. Jadi, tak perlu sedih dan menyesal berlarut-larut. Yang sudah terjadi, biarlah menjadi pelajaran berharga.” — Casta (hlm. 97)

Kedekatan Casta dan Philip makin menjadi pasca Casta mau menghadiri undangan pameran dari Philip. Banyak waktu yang mereka habiskan bersama, banyak obrolan yang mereka bahas, banyak tawa canda yang mereka bicarakan. Rasa nyaman yang saling mereka berikan satu sama lain membuat mereka sama-sama bingung, apakah ini rasa nyaman sebagai sahabat atau lebih?

Hingga akhirnya teman masa kecil Casta, Kevin Ivander, datang menemui Casta di kantornya. Sebuah reuni yang sangat tak terduga dan membuat rindu yang selama ini tertahan makin membuncah. Mereka terbawa suasana, mereka melupakan siapa sesungguhnya mereka? Dan malam itu menjadi awal mula bagi kekacauan hidup Casta selanjutnya…

Jadi, bagaimana hubungan Casta dengan Philip selanjutnya? Apakah pertemuan Casta dan Kevin berpotensi menjauhkan Casta dari Philip? Akankah Casta kembali lagi dengan Kevin meski Kevin sudah bertunangan dengan Misca?

WHAT IS PERFECT MISTAKE?

(In my opinion – according to this lovely story)

Well, kali ini saya nggak akan bahas novelnya lebih jauh dalam LET’S PEEL IT… karena tema post di blog tour di blog saya kali ini adalah: apa sih perfect mistake dalam perspektifku?

Setelah saya menyimak cerita dalam novel NLB ini, saya mengambil kesimpulan bahwa suatu kesalahan, even a perfect mistake, tidaklah 100% bernilai salah apabila itu memang terjadi di saat yang tepat. Mungkin memang hasilnya tak langsung kita dapatkan atau rasakan di saat itu juga. Terkadang sebuah kesalahan adalah salah satu jalan Tuhan seperti sebuah takdir untuk mempertemukan kita dengan hal yang dapat menjadi bless tersendiri bagi hidup kita. Seperti kesalahan yang dilakukan oleh Casta, Philip, dan Kevin di cerita ini.

Keteledoran atau kesalahan kecil ketika kantung belanjaan yang tertukar di toko antara Casta dan Philip seolah menjadi pertanda dari Tuhan bahwa inilah saatnya kau membuka diri pada orang baru yang bisa membuatmu bahagia nantinya. Hal yang tadinya kita anggap seperti dunia akan kiamat tetapi lambat laun tanpa kita sadari ada satu senyuman yang mengembang ketika mengingat kejadian itu.

Begitu pun kesalahan yang dilakukan Casta dan Kevin. I think that is the worst case ever so far for Casta karena dia tidak bisa menghindari dan menyangkal apa yang akan terjadi selanjutnya. Yang bisa ia lakukan hanya menerima dan menjalani itu semua. Buah dari kesalahan yang harus ia tanggung. Tadinya saya berpikir kalau buah dari kejadian fatal itu akan benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Casta misalnya akan merusak hubungannya dengan Philip dan mempengaruhi karirnya sebagai desainer. Awalnya memang sama seperti apa yang kubayangkan, tetapi saat menemukan sebuah kutipan dari Casta yang ia ingat dari almarhum ibunya, selanjutnya saya tahu semua ini tidak selamanya akan berjalan buruk.

“Andai semua kehidupan menyakitkan, hati kecilmu akan percaya bahwa di luar sana pasti masih ada sepotong kebahagiaan. Bagian yang menyenangkan. Awalnya, kau tak tahu apa itu, karena pengetahuanmu terbatas. Tapi seiring berjalannya waktu, kau akan menemukan kebahagiaan itu.” — Casta (hlm. 196)

Ketika semuanya sudah menyangkut cinta, pada akhirnya kesalahan yang telah dilakukan jadi tak lagi terasa salah. Menurut saya, cinta sendiri memang tak pernah salah dan cinta itu bisa menyembuhkan serta meluruhkan berbagai noda yang pernah kita buat. When we called it as a perfect mistake, I think that there’s must be love which getting involved in the end. Because with a pure love, you can do anything to make your lover feel happy.

“Cinta adalah hal rumit dan sulit dipahami karena tidak ada aturan khusus kapan dan mengapa orang jatuh cinta. Seseorang alhirnya bisa mengembangkan perasaannya dari hanya sekadar suka, kagum, atau hormat, lalu tumbuh menjadi rasa cinta.Dan itulah yang kau alami sekarang.” — Mr. Charlie (hlm. 115)

Nah, sekian dulu cuap-cuap tentang perfect mistake menurut pendapat saya yang masih berkaitan dengan cerita antara Casta, Philip, dan Kevin. Saya nggak meminta supaya kalian juga setuju dengan apa yang saya beberkan lho ya. Karena memang seringnya beda orang ya bisa beda pandangan juga. 😀

Anyway, meski saya nggak membahas novel NLB secara mendetil dalam LET’S PEEL IT… seperti biasanya, tapi saya akan tetap kasih rating buat NLB. Karena saya sangat menikmati keseluruhan ceritanya, saya suka karakter dari tokoh-tokohnya, saya suka lelucon yang diselipkan penulis, saya suka diksinya yang sangat mudah diserap oleh imajinasi saya, dan saya juga suka dengan ending yang disuguhkan, maka saya tak ragu untuk memberi…

OVERALL RATING
★★★★☆


Okay, sekarang waktunya saya, penulis, dan penerbit mau memberikan 1 buah novel NLB kepada satu pengunjung beruntung di blog saya kali ini. Mau? Simak caranya di bawah ini, ya.

GIVEAWAY

blog-tour-never-looking-back-2

1. Giveaway ini berlaku untuk semua warga Indonesia atau yang mempunyai alamat kirim di wilayah Indonesia.

2. Follow blog ini melalui akun (W) atau bisa juga lewat e-mail. Klik tombol follow di sidebar kanan paling bawah.

3. Follow akun twitter penulis @elpignutt dan penerbit @GagasMedia.

4. Bagikan link giveaway ini di media sosial punyamu, bebas mau di mana saja. Jika kamu share di twitter, cantumkan hashtag #GANLB dan mention ke akun saya @murniaya.

5. Jawab pertanyaan berikut ini pada kolom komentar di bawah dengan menyertakan nama, domisili, akun media sosial atau alamat e-mail (agar kamu bisa langsung dikabari jika menang nanti).

Pertanyaan:

Saya kan sudah uraikan di atas tentang definisi perfect mistake menurut saya. Nah, sekarang giliranmu yang kasih pendapat. Kalau menurut kamu, perfect mistake itu apa atau bagaimana?

6. Giveaway ini berlangsung selama seminggu saja, dibuka hingga tanggal 27 November 2016 pukul 23:59 WIB.

7. Pengumuman pemenang nantinya akan saya lakukan melalui new post di blog ini dan akan dikabari dari mention di twitter atau lewat e-mail. Pengumuman diusahakan dilakukan secepatnya atau paling lambat 3 hari setelah giveaway resmi ditutup.

Masih adakah rule yang kurang jelas? For fast response, jangan sungkan tanya langsung ke saya melalui mention di twitter @murniaya.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk pada ikutan jawab dan jangan lupa berdoa, ya. Semoga keberuntungan kali ini berpihak pada kamu. 😉 Simak dan ikuti juga giveaway dari blog lainnya supaya kesempatan menangmu lebih besar. Semangat!!! 😀

Advertisements

39 thoughts on “[BlogTour] (Never) Looking Back by Elvira Natali — What is Perfect Mistake? | Flash Review, Giveaway

  1. Nama: Rohaenah
    Domisili: Jakarta
    Twitter: @rohaenah1
    Jawaban: sebenernya saya agak kurang setuju dengan kata perfect mistake kalau arti harfiah maksudnya kesalahan yg sempurna atau kesalahan terbesar atau ada maksud lainkah? Kesannya ko salah ada nilai/tingkatannya. Pandangan saya perfet mistake adalah kesalahan yg pernah terjadi dalam hidup kita, tentunya manusia memang tak pernah luput dari salah dan dosa. Terkadang kita hanya bisa menyesal ko bisa sih??!! Tapi saya sih selalu berharap ada saat kita dapat mempunyai kesempatan untuk dapat memperbaiki kesalahan tersebut dan seperti kak aya bilang tidak selamanya salah itu salah. Mungkin ada maksud atau hikmah lain yg bisa kita ambil dari hal tersebut dan kita jadikan pembelajaran untuk kedepannya.

    Like

  2. Nama:Rini Aprianti
    Domisili:Jambi
    Akun twitter:@Rnaprti17

    Jawabannya:Menurut saya perfect mistake itu sempurna,tetapi tetap pada kenyataanya bahwa setiap manusia tidak ada yang sempurna,masih banyak kekurangan nya,seperti mempunyai masalah dan dosa.Misalnya:Cowok ganteng pasti ada kekurangan nya,seperti dosa,kebiasaan buruk,tidak pintar,dll.Jadi,yang sempurna hanya Tuhan kita masing-masing.

    Like

  3. nama : Ifah
    domisili : bekasi
    twitter : @zhiigo
    email : zhiigo90 [at] gmail.com

    Menurut aku, perfect mistake itu kesalahan yang mempengaruhi hidup kita. Yang kalo kita inget2 lagi, kita bisa malu sendiri, atau tertawa sendiri. Tetapi kalau kita mendapat kesempatan untuk mengulangnya, kita tetap akan memilih melakukannya.

    Like

  4. Nama: rahma nisa cahaya islami
    Domisili: cirebon
    Twitter: @rahmaaaNC
    Email : nissarahma3@gmail.com

    Perfect mistake itu adalah saat kita telah melakukan sebuah kesalahan dan kesalahan itu berimbas kepada diri kita sendiri atau perbuatan yg telah mengecewakan org lain sehingga membuat kita sangat merasa bersalah dgn apa yang telah kita lakukan kpd org lain itu.Memang Tidak ada orang yang suka berbuat kesalahan. Namun jika kita ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi kita untuk tidak melakukan kesalahan. Jika kita dapat belajar dari kesalahan dengan tepat, maka kita akan mendapatkan bahan bakar baru untuk maju kedepan.kita harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana kita dapat belajar dari kesalahan tersebut.
    kesalahan itu dapat terjadi karena berbagai macam faktor Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, kita harus memahami akar permasalahannya.Dan terlebih lagi kita manusia itu tidak ada yang sempurna yang ga mungkin sama sekali ga prnah melakukukan kesalahan selama kita hidup.ya memang kesalahan yang sudah kita lakukan tdk akan bs kita kembalikan lg seperti sediakala.terkadang ada penyesalan tetapi walaupun kita menyesal bagaimana pun juga tdk ada alasan unt memikirkannya trs karna terkadang dengan kesalahan pun sllu ada hikmah dibalik setiap kejadian dan kita akan mndapatkan hal2 yg jauh lebih baik lagi.

    Like

  5. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter: @PrinceesAsuna

    Jawaban:

    For me, perfect mistake is something that we feel it is wrong And regret it so much.

    Hanya merekap pengalaman masa lalu. Aku tidak bisa mendefinisikan dengan pasti tentang perfect mistake, namun sejauh pengalamanku di masa lalu about love, aq pernah sekali merasakan perfect mistake. Yah aku menyebutnya perfect mistake karena menurutku itu adalah sebuah keputusan yang salah, dan penyesalan belakangan menghantam keputusanku itu. Dan parahnya, bukan hanya hidupku tapi juga hidup orang lain. Mungkin, gk akan kusebut perfect mistake amat jika saja itu hanya menyeret diriku. Tp jika sudah menyeret hidup orang lain? Apalagi kalau buka perfect mistake.

    But, perfect mistake gk selamanya membawa kesialan, maksudku selalu sda hikmah di balik sebuah penyesalan, paling tidak belajar dari kesalahan itu sendiri.

    Thanks 🙂

    Like

  6. Nama: Ayuni Adesty
    Domisili: Bogor
    Twitter: @ayuniadesty
    Email: ayuniadesty@gmail.com

    Perfect mistake. Kesalahan yang sempurna.

    Menurut saya, kadang kita harus melakukan suatu kesalahan agar kita belajar dari kesalahan tersebut. Untuk mencapai hasil yang sempurna, kita harus menjalani proses belajar. Melakukan kesalahan, berusaha lagi, mencoba terus untuk mencapai hasil yang sempurna. Seperti kata pepatah, Experience is the best teacher.
    Thomas Alva Edison, penemu bola lampu melakukan 1500 percobaan dan gagal. Tapi kesalahan tersebut mengantarkannya pada penemuan spektakuler.

    Atau contoh sederhana saat kita bikin kue, kesalahan proses akan menjadikan kue bantat. Tapi dari kesalahan tersebut kita akan belajar untuk hasil sempurna.

    Like

  7. Nama: Lina Ernawati
    Domisili: tangerang
    Twitter: @Linaernaw
    Email: linaernawati10@gmail.com

    Menurut saya perfect mistake itu kesalahan terbesar yang mungkin akan meninggalkan perasaan menyesal yang teramat dalam dan akan selalu teringat di dalam memori kita. kadang kesalahan seperti ini yang akan menghambat kehidupan kita. Karena pasti kita merasa seperti dibayangi oleh kesalahan itu.

    Saya pernah sekali melakukan kesalahan yang fatal dan akibatnya menghambat jalan saya untuk menuju kesuksesan. Saya memilih berhenti sekolah padahal saya sudah ada dikelas akhir. Sampai sekarang saya masih ingat kejadian itu..dan mungkin tidak akan pernah saya lupakan

    Like

  8. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Akun Twitter : @RaaChoco
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com

    Saya kan sudah uraikan di atas tentang definisi perfect mistake menurut saya. Nah, sekarang giliranmu yang kasih pendapat. Kalau menurut kamu, perfect mistake itu apa dan bagaimana?

    Perfect mistake menurutku adalah kesalahan yang menyadarkan dan memberi pelajaran. Setiap kesalahan baik itu besar maupun kecil sekali pun, tentunya memiliki dampak pada para pelakonnya. Kesalahan yang tak dapat dihindari dan mampu membentuk suatu kesadaran diri juga pelajaran hidup yang berharga untuk memperbaiki diri dan menjalani hidup penuh dengan pertimbangan. Intinya kesalahan yang dapat dipetik hikmahnya.

    Like

  9. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Akun Twitter : @RaaChoco
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com

    Saya kan sudah uraikan di atas tentang definisi perfect mistake menurut saya. Nah, sekarang giliranmu yang kasih pendapat. Kalau menurut kamu, perfect mistake itu apa dan bagaimana?

    Perfect mistake menurutku adalah kesalahan yang menyadarkan dan memberi pelajaran. Setiap kesalahan baik itu besar maupun kecil sekali pun, tentunya memiliki dampak pada para pelakonnya. Kesalahan yang tak dapat dihindari dan mampu membentuk suatu kesadaran diri juga pelajaran hidup yang berharga untuk memperbaiki diri dan menjalani hidup penuh dengan pertimbangan. Intinya kesalahan yang dapat dipetik hikmahnya, diambil pelajaran dan sebagai sarana untuk introspeksi diri.

    Like

  10. Flash review itu apaan Mba?

    Like

  11. Bety Kusumawardhani

    nama: Bety Kusumawardhani
    domisili: Surakarta
    akun media sosial: @bety_19930114
    alamat e-mail: aki.no.melody@gmail.com

    Perfect mistake itu kesalahan terfatal yg pernah dilakukan. Kesalahan itu tetap melekat dalam benak seseorang yg melakukannya. Meskipun orang itu berusaha melupakannya, suatu saat ingatan kesalahan itu akan muncul dengan sendirinya. Ibarat semakin ingin dilupakan, justru semakin teringat. Perfect mistake membuat seseorang itu buta akan masa depan dengan memilih takdir atau jalan hidup berbeda dari yg seharusnya.

    Like

  12. nama: Aulia
    domisili: Serang
    twitter: @nunaalia
    e-mail: auliyati.online[at]gmail[dot]com

    Kalau menurut kamu, perfect mistake itu apa dan bagaimana?

    Menurutku perfect mistake itu kesalahan besar yg pernah dilakukan yg menimbulkan rasa bersalah dan penyesalan yang dalam, terkadang terasa sulit melupakannya, dan terasa sesak mengingatnya. Namun dari kesalahan itu ada pelajaran besar pula yg bisa diambil. Kita tidak akan lagi mengulangi kesalahan yg sama, dan akan berusaha memperbaiki diri untuk lebih baik lagi. Manusia memang tidak luput dari kesalahan karena itu sudah menjadi kodratnya, tapi Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia, bahkan meski itu suatu kesalahan. Karena dari kesalahan pun ada hikmah yg bisa diambil oleh manusia yg bijak.

    Like

  13. nama: esti
    domisili: mjokerto
    twitter: @estiyuliastri

    perfect mistake itu apa dan bagaimana?
    Menurutku perfect mistake adalah suatu kesalahan yang sebenarnya kita sudah paham & sadar betul bahwa hal tersebut salah, namun hal itu tetap kita lakukan.
    Itulah manusia. Yang dikaruniai Tuhan rasa ingin tahu & penasaran.
    Perfect mistake menurutku juga merupakan cara Tuhan, menunjukkan mana yg buruk, mana yg baik, mana yg benar & mana yg salah.

    So, try to be better. Make a mistake. Learn from it. And you’re already one step ahead of your past. 😊

    Like

  14. Nama : Annisya
    Domisili : Lampung
    Twitter : @AnnisyaRara
    E-mail : Annisyam@yahoo.co.id

    Perfect mistake adalah kesalahan yang sempurna, dimana pelaku merasakan salah ketika sudah melakukan perbuatan tersebut. Melakukan kesalahan tersebut bisa disengaja maupun tidak disengaja. Dan pasti ada sebuah keterpelajaran dibalik perfect mistake itu sendiri.

    “bagaimana” secara general, yaitu lapang dada dan belajar menerima perfect mistake sebagai keterpelajaran untuk kita. Karena kita tak akan pernah mengetahui segala sesuatu dengan “benar” ketika belum paham apa itu “salah”.

    Like

  15. Nama: Rizki Fitriani
    domisili: Sidoarjo
    twitter: @Kikii_Rye
    email: kikiryeo(at)gmail(dot)com

    jawaban:
    Secara harfiah menurutku perfect mistake itu adalah kesalahan yang sempurna. dikatakan sempurna karena kesalahan tersebut bisa merubah hidup kita kedepannya. namun dibalik sempurnanya kesalahan tersebut terdapat banyak hikmah yg bisa kita ambil untuk dijadikan pembelajaran kedepannya.

    kesalahan dalam hidup hadir untuk membuat segalanya lebih baik. keslahan yg hadir sebagai pengalaman buruk menjadikan kita utk lebih berhati hati kedepannya dalam mengambil langkah.

    Like

  16. Nama: Rizky Tria Octasiana
    uname tw: @Octannow_
    domisili: Brebes, Jawa Tengah
    email: rizkytria98@gmail.com

    Perfect mistake itu apa dan bagaimana?
    Perfect mistake itu..—Kesalahan yang sempurna. Eh lebih tepatnya sih sebuah keputusan yang salah, dan biasanya diiringi penyesalan. Lalu dihantui pikiran yang tidak sedap, juga rasa cemas.
    Kesalahan tidak sepenuhnya dikatakan salah jika berhasil mengambil manfaat dari kesalahan itu sendiri.
    Intinya, tidak ada yang namanya kesalahan yang disebut kesalahan.
    Kesalahan itu unik, ia punya jalan sendiri untuk memperbaikinya. Walaupun jalannya harus muter-muter, tapi pasti punya tujuan yang yang lebih menguntungkan. Selalu ada hikmah dari sebuah kesalahan. Selalu ada jalan dari sebuah penyesalan.
    Kesalahan juga mengantarkan pada hal-hal baru, yang mungkin dulu ketika sebelum melakukan kesalahan tidak akan menemukannya.
    Poin dari perfect mistake; belajar tidak akan melakukan kesalahan yang sama agar tidak jatuh kelubang yang sama.

    Like

  17. Insan Gumelar Ciptaning Gusti

    nama: insan gumelar ciptaning gusti
    domisili: surakarta
    twitter: @san_fairydevil

    Perfect mistake itu apa dan bagaimana?

    Menurutku itu sebuah kesalahan yang entah itu kita sadari atau enggak, tapi kesalahan itu sebenarnya justru hal yang harus kita lakukan. Misalnya kalo aku enggak menghilangkan catatan milik teman, aku enggak akan minjem catetan orang lain untuk aku salin, kalo aku enggak cari catatan lain, aku enggak akan bertemu dia.
    Jadi menurutku, itu bukan kesalahan. Tapi sebuah ‘takdir’ yang terlihat salah.

    Like

  18. Nama: Rinita
    domisili: jatim
    akun media sosial : @Rinitavyy
    Email: rinivir90@gmail.com

    Perfect Mistake adalah History. Bagiku, sebuah sejarah dari masa lalu adalah hal paling sulit dilupakan, namun sangat ingin untuk menjadi memory. Perfecc Mistake tidak sekedar masalah besar, namun juga lebih ke bagaimana seseorang menghadapi masa itu. Sanggupkah ia melewatinya. Meski sulit, tetapi hidup itu sebuah tantangan bukan? Dengan itu, aku rasa seberat apapun kisah dan masalah dari masa lalu masih bisa di uraikan. Bagaikan soal matematika. memang soalnya sulit, tapi sesulit apapun tentu ada rumusnya dan cara pebyelesaiannya, entah langkah singkat, ringkas atau memilih yang agak rumit. Semua tergantung pada diri kita sendiri ingin yang bagaimana.

    Like

  19. Sebelum aku menjawab pertanyaan, ijinkan aku terlebih dahulu untuk memberikan pujian untuk review yang Kak Aya buat. SImple dan meski hanya mengutip beberapa kalimat saja dari novelnya, entah kenapa kutipan2 itu begitu nancep di hati! Reviewnya juga disampaikan secara menyeluruh dan tak berbelit-belit, at the end malah bikin aku makin penasaran sama nasib para tokoh selanjutnya.

    Perfect mistake menurutku adalah sebuah kesalahan yang pertama-tama harus disadari oleh pelakunya baik dilakukan dengan sengaja maupun tidak. Kesalahan tersebut tidak harus merupakan kesalahan yang besar banget sih, karena yang penting dari sebuah perfect mistake adalah akibat yang ditimbulkan dari kesalahan tersebut (entah kesalahannya kecil dan tidak kentara, maupun sebuah kesalahan fatal). Selama akibat yang ditimbulkan dari kesalahan tersebut fatal dan sangat berdampak bagi kehidupan seseorang, disitulah perfect mistake terjadi.

    Tapi tentu saja sebuah perfect mistake tidak berhenti hanya sampai disitu saja. Selain menimbulkan akibat fatal yang berdampak besar, kesalahan tersebut juga mengakibatkan life changing dalam kehidupan seseorang! Bisa dibilang, tanpa kesalahan tersebut, kehidupan yang sekarang sedang kita jalani ini mungkin akan berbeda sama sekali.

    Sebuah perfect mistake juga kerap kali merupakan bless in disguise. Saat kesalahan itu terjadi, kita sebal dan bete luar biasa, bahkan benar-benar menyesalinya. Namun, ketika akhirnya kita dibawa pada suatu suasana yang beyond our expectation, baru deh kita bisa mengerti dan menyadari bahwa sebenarnya kesalahan yang terjadi itulah yang akhirnya bikin hidup kita jadi seperti sekarang ini. Dan secara otomatis hal itu akan membuat kita untuk lebih mensyukuri kehidupan ini.

    Jadi teringat sebuah kata pepatah dari William Arthur Ward :
    “To make mistakes is human; to stumble is commonplace; to be able to laugh at yourself is maturity.”

    Jadi, jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan! Jika itu terjadi, segeralah bangkit alias move on. Kita gak pernah tau kapan kita akan melakukan sebuah perfect mistake, tapi percayalah, jika tiba waktunya, ingatlah untuk selalu bersyukur karena it’s a bless in disguise ^^

    Like

  20. Nama : Heni Susanti
    Domisili : Pati – Jawa Tengah
    Akun twitter : @hensus91
    Email : henis_minozz@yahoo.com / 19hensus91@gmail.com

    Bagiku, perfect mistake berarti kesalahan yang dilakukan namun pada akhirnya justru menghasilkan hal baik untuk beberapa pihak. Kesalahan yang awalnya dipikir akan menghasilkan kerugian untuk beberapa pihak namun justru bisa menguntungkan. Kesalahan meskipun tidak patut dilakukan tapi kadang harus dilakukan demi mendapat hasil baik.

    Demikian dan terima kasih 🙂

    Like

  21. […] di post sebelumnya saya memang nggak bahas lebih detil tentang novelnya karena post utamanya memang harus membahas […]

    Like

  22. Elsita F. Mokodompit

    Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    Email: elsitafransiska[et]gmail[dot]com
    Gorontalo

    Perfect mistake kalau buat saya adalah suatu kesalahan yang bikin kita jungkir balik karenanya tapi pada akhirnya kesalahan itu memberikan pelajaran berharga yang membuat kita bisa lebih baik di masa depan sehingga tidak meninggalkan penyesalan. Perfect Mistake secara garis besar adalah kesalahan yang kita syukuri.

    Like

  23. Nama: Dwita Andhara
    Domisili: Makassar
    Twitter: @dwitaandhara
    Email: dhitaandhara@gmail.com

    Perfect mistake itu menurutku kesalahan yang disadari tapi tidak bisa dicegah. Karena terkadang pikiran dan hati itu gak sejalan. Di saat pikiran bilang itu salah, justru hati tidak bisa membohongi perasaan.

    Namun point of view dari perfect mistake itu menurutku sendiri sih bagaimana orang itu mau bertanggung jawab atas kesalahan. Artinya kalau dia tau itu salah, dia harus berani tanggung jawab. Dan kesalahan tidak semestinya membuat seseorang terus terpuruk. Karena jika dia berani mempertanggungjawabkan, yakin kebahagiaan akan hadir nantinya.

    Like

  24. Nama: Nurul Astri
    Domisili: Tangerang
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Alamat Email: astristyles82@gmail.com

    Perfect mistake menurutku adalah sebuah pelajaran di balik kejadian. Kadangkala, orang menyesali apa yang dilakukannya saat itu, tapi setelah mendapatkan kisah berharga di baliknya, barulah terasa hikmahnya. Bahwa Tuhan selalu menyelipkan setitik kebahagiaan di antara setiap cobaan. Yang terkadang tak pernah terlihat karena “mistake” yang terlalu menguasai.

    Tidak ada tawa jika tidak ada tangis. Begitupula dalam kasus ini. Jika tidak ada pengalaman yang membuat kita mengeluarkan berbagai emosi, maka selamanya juga tidak akan ada rasa bahagia. Tidak akan ada pelajaran yang bisa dipetik. Tidak akan ada kisah yang nantinya akan terus dikenang ketika mengingatnya. Percayalah, dibalik mistake selalu ada kata perfect yang bersiap menyambutnya😊

    Like

  25. Nama: A’imatul Latifah
    Domisili: Tuban
    Akun twitter: @Aim_La27
    Email: aimatullatifah27@gmail.com

    Perfect Mistake?
    Selalu ada pelangi setelah hujan. Begitu pula dengan masalah yang datang bukan tanpa alasan. Dan menurut aku, perfect mistake adalah sebuah kejadian yang kita anggap sebagai kesalahan tetapi ternyata berbuah manis setelah terlewati. Tidak ada hidup tanpa kesalahan. Dan masalah itu pasti!! Pun dengan jajaran masalah kehidupan yang telah kita lewati dan ternyata berbuah manis dan membahagiakan. Mungkin saja itu juga berawal dari kesalahan yang tanpa sadar kita lewati. Bukankah kesalahan itu bukan suatu dosa?! Karena pada hakikatnya masalah itu bukan untuk dilupakan juga bukan untuk diingat. Tetapi masalah itu untuk kita ambil pelajarannya. Mengambil secuil hikmah yang diam-diam telah terselipi ilmu yang berharga.

    Like

  26. Nama : Veni Nur Agustin
    Domisili : Pangandaran
    Twitter : @VeniNurA
    E-mail : veninuragustin16@gmail.com

    Hmm Perfect Mistake? Well, Perfect Mistake bagi saya suatu keadaan yang menyadarkan saya bahwa masih ada banyak kesempatan yang harus saya perjuangkan. Thats all what I think about Perfect Mistake.

    Like

  27. Kurang setuju ketika “Perfect Mistakes” itu diartikan per kata yaitu Perfect=Sempurna dan Mistakes=Kesalahan lalu digabungkan menjadi Kesalahan yang Sempurna. Sebenarnya kalau dimaknai lebih lanjut Perfect Mistakes itu lebih mengarah kepada ketika suatu kesalahan yang pernah dibuat oleh seseorang dan menjadikan orang itu berperilaku lebih baik di masa depan. Ketika seseorang berlaku salah kemudian ia mengaku menyesal terhadap kesalahan yang pernah dilakukannya even kesalahan yang paling kecil. Juga apabila orang tersebut berusaha semaksimal mungkin untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di lain waktu, dengan artian bahwa ia akan berpikir dahulu sebelum ia bertindak bahkan ia perlu untuk mempertimbangkan lebih dari sekali agar tindakan yang dia lakukan berjalan dengan baik serta tidak terjadi suatu kesalahan yang diakibatkan oleh perilakunya yang kurang kehati-hatian itu. Itulah yang manurutku dapat dikatakan sebagai Perfect Mistakes.

    Like

  28. Nama: Haidaroh Sholeh
    Twitter: @haidarohsholeh
    Domisili: Sidoarjo
    Email: haidarohsholeh@gmail.com

    Menurutku perfect mistake adalah kesalahan yang dilakukan seseorang di masa lalu namun kesalahan itu dijadikam cambuk bagi dirinya untuk bangkit dan mengisi hari dengan sebaik – baiknya serta belajar dari kesalahan itu semua untuk menyongsong masa depan yang baik dan cerah.

    Like

  29. nama: famia kamili
    twitter: @amifamia
    email: amifamia@gmail.com
    domisli: bangkalan, jawa timur

    jawaban:
    menurutku perfect mistake adalah kesalahan yang membuat orang tersebut berubah 180° menjadi lebih baik.

    Like

  30. Nama : Ajeng YPS
    Domisili : Majalengka
    Akun media sosial : twitter ( @ajengyps ) instagram ( @ajeng.yps )
    Alamat e-mail : ajengyps@gmail.com
    – – –
    Kalau menurut saya, perfect mistake itu dapat diartikan sebagai penebus kesalahan di masa lalu. Saya yakin kita semua pernah melakukan kesalahan, dan dari sinilah kita terkadang berpikir kenapa hal seperti ini bisa terjadi dan ingin memperbaiki semuanya. Dari situlah kita akan melihat seberapa keras perjuangan kita untuk memperbaiki semuanya menjadi seperti semula atau bahkan menjadi lebih baik 🙂 wml 😀

    Like

  31. Dini Auliana Putri

    Domisili :Metro,Lampung Tengah
    Akun twitter:@Dini_Auliana28
    IG: @Dini_ap28

    Menurutku pandanganku setelah baca review di atas, perfect mistakes itu merupakan kesalahan fatal. Pada dasarnya manusia diberi kan akal oleh Allah untuk berpikir. Berpikir, apa akibat jika kita melakukan hal ini? Setidaknya, kita bisa mengira-ngira kemungkinan apa yang mungkin terjadi. Tapi kadang kita terbutakan oleh nafsu yang menutupi akal sehat. Dan terjadilah kesalahan yang mungkin akan dikenang se-umur hidup dan juga berimbas pada kehidupan selanjutnya.
    Tapi sebaik-baiknya orang adalah dia yang mau bertaubat dan berjanji untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
    Kita juga tidak di anjurkan untuk berlarut-larut meratapi kesalahan. Menyesal boleh, tapi jangan sampai membuat kita terpuruk dan semakin terperosok ke jurang yang lebih dalam.

    Like

  32. Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali
    Twitter @rinicipta
    Email rinspiration95@gmail.com

    Menurutku Perfect Mistake adalah kesalahan yang tidak kita sesali. Kadang kita memang telah merencanakan sesuatu dengan baik, tapi dalam pelaksanaanya belum tentu berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Pasti ada hal-hal kecil yang membuatnya jadi tidak sempurna. Kesalahan itu juga mungkin menjadi sesuatu yang tidak kita duga. Tidak buruk, tapi juga tidak baik -namanya juga salah- it’s just perfect. Melengkapi ketidaksempurnaan dengan cara yang sempurna. Perfect mistake bikin aku berpikiran untuk hidup lebih bebas dan spontan, nggak melulu well organized tapi juga harus siap dengan berbagai kemungkinan yang menuntut kita untuk mengambil keputusan yang tepat.

    Like

  33. Aenun Nasyifa Z.A.

    Aenun Nasyifa Z.A.
    Tegal, Jawa Tengah
    twitter : @AenunNasyifaZA
    email : aenunku31@gmail.com

    Perfect Mistake itu…. CINTA
    kadang kita merasa menjalin hubungan dengan orang yang tepat tetapi satu hari kita tahu bahwa anggapan itu selama ini adalah kesalahan yang terselubung dalam indahnya cinta semu dan meninggalkannya adalah berat, tapi percayalah itulah yang membuka pintu tersembunyi yang lebih indah dari bunga layu kemarin sore.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s