[Review] Misteri Kota Lautan Api by Yovita Siswati

Judul: Misteri Kota Lautan Api
Penulis: Yovita Siswati
Penerbit: Kiddo
Penyunting: Pradikha Bestari
Ilustrator: Indra Bayu
Perancang Sampul dan Isi: Indra Bayu
Cetakan: Pertama
Terbitan: Agustus 2015
Tebal: vi + 193 hlm
ISBN: 978-979-91-0915-6
Genre: Mystery

BLURB

Ayah Rakha diculik!

Bersama Lilis dan The Euis, temannya, Rakha berusaha mengikuti pentunjuk sandi yang ditinggalkan ayahnya. Ternyata sandi itu membawa mereka ke peristiwa Bandung Lautan Api tahun 1945 dan harta rahasia yang bisa mengubah sejarah.

Mereka bertiga menyelidiki sampai ke makam kuno, disekap di dalam mobil boks, sampai menelusuri lorong bawah tanah. Mereka harus menemukan harta itu lebih dulu, sebelum para penculik ayah Rakha menemukannya!

REVIEW

“Bila kita sedang mencari petunjuk, carilah hal-hal yang tidak biasa. Seperti contohnya, tadi aku menemukan kunci di dalam satu-satunya pot yang tidak ditumbuhi ilalang. Memang, sih, cara ini tidak pasti berhasil. Tapi tak ada salahnya mencoba.” — Rakha (hlm.40)

Rakha beserta ayah, ibu, dan adik perempuannya sedang liburan ke Bandung dan menginap di sebuah vila. Namun, sore harinya saat ia sedang mencari di mana ayahnya, ada gadis bernama Lilis berteriak bahwa ia melihat ada bapak-bapak diculik oleh 2 orang bertubuh tegap. Ternyata yang diculik adalah ayah Rakha.

Di tempat Rakha dan Lilis berdiri, ditemukan kopelan kertas berisi kata sandi tulisan ayah Rakha. Rakha mencoba memecahkannya dan menemukan jawabannya. Tak menunggu lama, Rakha langsung memulai penyelidikannya, ditemani Lilis dan Teh Euis.

Berhasilkah ayah Rakha ditemukan? Apa sebab ayah Rakha diculik?

LET’S PEEL IT…

Waaahhh, aku merasa seperti sedang nonton sebuah film melalui novel ini. Maksudnya, karena isinya seru dan sesuai dengan seleraku. Aku jadi ingat film National Treasure yang dibintangi Nicholas Cage. That’s one of my fave movie. 😍

Meski aku bukan anak-anak lagi, tapi ternyata menyimak novel seperti ini sangat menghibur. Nilai plus-nya adalah novel ini ada sisi edukatif. Berhubungan dengan sejarah Bandung Lautan Api dan Tentara PETA di zaman penjajahan dulu. Ada ilustrasi yang ditampilkan serta rangkuman info penting–misalnya profil pahlawan yang terlibat, sebuah peristiwa bersejarah, tempat-tempat terkenal di Bandung, dsb.

Aku suka keunikan dari teka-teki yang disuguhkan oleh penulis. Seperti kode-kode angka & huruf, tanggal dengan menggeser angka, dan sandi diagramatis. Tokoh Rakha mirip seperti Ben Gates di National Treasure. Can I marry your brain? 😂

Satu-satunya kekurangan yang kurasakan adalah saat penyelesaian cerita, agak berbelit-belit tentang penjelasan beberapa orang ini itu yang tiba-tiba hadir dan terkuak siapa identitas mereka yang sebenarnya. Kalau saja bagian yang ini tidak membuat aku bingung, aku tentu akan menambahkan satu bintang lagi di rating-nya.

Overall, aku suka banget baca ini. Bisa kubilang ini bacaan yang bagus untuk anak-anak. Nanti mau aku pinjamin ke ponakanku. She loves to read. She’d been asking me to borrow one of my books, I think this one suits her perfectly. 😊👌

OVERALL RATING
★★★★☆

Advertisements

3 thoughts on “[Review] Misteri Kota Lautan Api by Yovita Siswati

  1. Hoho jadi pingin beli tuh buku

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s