[BlogTour] Mimpi Punya Bisnis Sukses di Usia Muda! by Stella Olivia | Review, Ask Author, Giveaway

Judul: Mimpi Punya Bisnis Sukses di Usia Muda!
Penulis: Stella Olivia
Penerbit: Grasindo
Editor: Linda Irawati
Penata Isi: Raysa Kania
Desain Kover: Raysa Kania
Tebal: vi + 170 Halaman
Cetakan: Pertama
Terbitan: Jakarta, 2017
ISBN: 978-602-375-850-0
Genre: Self Improvement

BLURB

Mulai berbisnis di usia muda itu kayak mimpi di awang-awang, ya? Eh… siapa bilang?! Intip dulu, deh, karakter-karakter yang harus dimiliki oleh calon pebisnis sukses! Anak muda banget, nih!

– Cari tahu passion-mu
– Tentukan tujuan hidup
– Produktivitas
– Komunitas yang membangun
– Menjadi desainer mimpimu sendiri
– Persiapkan cadangan energi
– Narasumber inspiratif

REVIEW

Di buku ini bahasannya dibagi menjadi 7 bab, tetapi memakai istilah ‘bantal’. Ada bantal 1 sampai bantal 7. Tentang apa saja? Nah itu sudah disebutkan pada blurb di atas. Mengapa dinamakan ‘bantal’? Karena dalam mengawali segala kesuksesan, kita dianjurkan untuk memulainya dengan bermimpi. Mimpi kan identik dengan tidur, kalau tidur kan butuh bantal. Yah, mungkin itu alasan mengapa memilih kata ‘bantal’ sebagai pengganti bab. 😁

Oh ya, saya mau bagi-bagi kutipan menarik dulu yang berhasil saya dapatkan dari si buku oranye ini. Kutipan yang berisi beberapa tips, kutipan yang dapat membuka mata kita lebih lebar untuk ‘berkaca’ dan kembali menerawang kepada mimpi dan keinginan terpendam kita. Check this out!

“Orang yang diletakkan di bidang yang salah cenderung kelihatan bodoh, lambat, atau bahkan kepayahan menjalani hari-harinya.” — (hlm.3)

Wow, saya langsung merasa tertohok dengan kutipan tersebut karena saya dulu juga pernah merasa jadi orang yang salah jurusan, contohnya seperti Yulia, teman si penulis, yang diceritakan di buku ini. Dulu semua julukan itu komplit ada pada saya. Kelihatan bodoh ya iya, lambat ya iya, kepayahan menjalani hari-hari ya iya, nilai pada kecil ya iya. Pokoknya malu-maluin banget. Tapi asalkan kita masih punya passion dan berani mengupayakan, pasti nantinya akan terbantu untuk mengambil sebuah keputusan besar untuk mengubah hidup jadi lebih nyaman dan lebih baik.

“Setiap orang punya passion-nya masing-masing. Setiap orang berhak hidup bersama passion-nya, menghidupi passion-nya, dan bahagia bersama passion-nya.” – (hlm.10)

Yap, benar sekali. Setiap orang pasti punya dan harus punya passion. Tanpa itu, hidup seperti kurang bergairah dan seperti tak ada yang ingin dikejar. Sebenarnya dulu saya agak bingung, apa bedanya hobby dan passion? Saya sampai saat ini punya dua kegemaran utama yaitu pada dunia literasi dan dunia bulutangkis. Tapi, yang manakah passion saya? Di satu sisi, saya suka baca tapi tidak ada mimpi untuk menjadi seorang author. Di sisi lain, saya suka bulutangkis tapi nggak pengin jadi atlet–karena udah ketuaan sih buat jadi pemain profesional haha. 😄 Eits, tapi sekarang saya sudah menemukan jawabannya. Saya sudah tahu hobby, passion, dan mimpi saya apa. Saya sadar saya ingin jadi apa. Tapi, biarlah saya simpan sendiri jawabannya. Mari kita balik ngebahas isi buku oranye ini saja. Hehehe.

“Saya percaya, ketika kita punya bayangan yang kuat soal mimpi-mimpi kita, semuanya akan terwujud, tepat pada waktunya, bersama dengan kerja keras dan perjuangan.” — (hlm.25)

“Tidak ada impian yang tiba-tiba menjadi kenyataan kalau kalian tidak action!” — (hlm.25)

“Jangan berhenti membayangkan kamu sukses di bidangmu. Begitu bayanganmu pudar, kamu sudah menyakiti impianmu sendiri.” — (hlm.45)

Kyaaak! Ini jadi kutipan favorit saya dari buku ini. Ngena banget! 😍

“Pertemanan yang baik, yang berkualitas, akan membuat semua jalanmu kelihatan mulus dan lancar.” — (hlm.85)

“Hidup yang rapi, yang tertata, yang menyenangkan, dan tentu saja sukses, selalu diawali dengan desain yang tepat.” — (hlm.89)

“Sukses itu ketika impian terwujud.” — (hlm.95)

“Mengawali sesuatu dengan persiapan yang matang selalu menyenangkan karena tidak perlu membuat kita kewalahan pada akhirnya sebab terlalu stres memikirkan langkah-langkah selanjutnya.” — (hlm.123)

“Persiapan yang matang seharusnya membuat seseorang tidak menyesal pada akhirnya walau ia gagal, lho, Stel. Karena apa? Kan, kamu sudah melakukan yang terbaik. Apa lagi, dong, yang harus kamu sesali? Kalau kamu masih acak-acakan, belum totalitas dan akhirnya tidak menang, bayangkan, deh, sebesar apa penyesalanmu sekarang?” — (hlm.143)

“Kalau kamu sudah melakukan yang terbaik dan hasilnya masih kacau, itu berarti belum waktunya kamu keluar sebagai pemenang, Stel. Tapi aku percaya, kok, orang yang selalu matang dalam hal persiapan dan bersikap totalitas bakal memanen hasilnya di waktu yang tepat.” — (hlm.143)

Jleb! Seketika dua kutipan di atas mengingatkan saya pada statement dari pemain bulutangkis idola saya yang baru-baru ini menjuarai sektor ganda putra di turnamen bergengsi All England Championship 2017 pada bulan Maret lalu, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon. Saat ditanya tentang rahasia kemenangan serta opini jika mereka mengalami kekalahan di pertandingan, mereka menjawab dengan santai.

Kevin: “Kami punya satu tujuan dan punya kemauan. Yang penting kita mau berusaha semaksimal mungkin. Urusan menang/kalah itu nomor dua. Yang penting kita sudah melakukan yang terbaik. Kalau kita kalah ya puas-puas saja. Maksudnya, kita memang sudah maksimal. Intinya sih saya sudah bisa melakukan yang maksimal di lapangan.” 😊👍

Marcus: “Kalah ya nggak apa-apa. Masih hidup ini.” 😂😂😂

Saya sepenuhnya setuju dengan isi kutipan di atas dan juga jawaban Kevin/Marcus tersebut. Dulu saya pernah mengalami yang namanya gagal atau dapat nilai kecil meski persiapan saya sudah matang sebelumnya. Meski sedih, tapi saya tidak menyesal karena saya tentu akan merasa jauh lebih kecewa jika sebelum itu saya tidak belajar maksimal dan akhirnya tetap saja mendapat hasil jeblok.

Apakah kamu juga sering mengalami hal-hal demikian?

LET’S PEEL IT…

Pertama, harus kuakui bahwa si oranye ini memang unyu sekali. Kalau dilihat dari kover, mungkin terkesan biasa. Tetapi pas buka isinya, eh ternyata ‘ramai’. Desain isi yang sangat indah dipandang, ilustrasi yang lucu, dominasi warna oranye hijau cokelat hitam membuat saya makin bersemangat menamatkan isi buku ini. Tepuk tangan dulu ah buat desainernya. 👏👌

Okay, sekarang mari bahas isinya. Menurutku, buku ini tidak melulu berisi teori, tetapi penulis lebih concern menyampaikan beberapa pengalaman pribadinya dan pengalaman orang-orang yang ia kenal di beberapa bab untuk dibagikan kepada pembaca sehingga dapat menjadi inspirasi dan cerminan, “kalau saya sendiri sudah sampai tahap mana ya?”. Setidaknya sih itu yang saya tangkap.

Penulis membagikan kembali penjelasan dari teori yang pernah ia baca di sebuah buku dan telah ia rangkum dengan kalimat yang tidak terlalu teoritis sehingga lebih mudah dimengerti. Contoh bagian yang saya suka adalah 4 kotak buatan Sean Covey. Setelah saya pikir-pikir, ya ada benarnya juga. Saya pun jadi tertarik untuk mengklasifikan beberapa rutinitas saya menjadi 4 golongan itu. Mana yang penting, mana yang mendesak, mana yang produktif, dan mana yang tidak perlu.

Penulis menuturkan semuanya dengan bahasa yang sangat bersahabat, tidak kaku sama sekali karena tidak pakai bahasa formal. Penulis sangat ‘giat’ mengajak pembaca supaya ikut bersemangat demi mengejar dan mewujudkan impian tapi tidak terkesan menggurui, seolah penulis seperti sedang bercerita dan berbicara pada teman dekatnya sendiri.

Ada banyak kalimat atau kutipan yang bisa membangunkan semangat bagi para pembaca, termasuk untuk saya. Tentu saya pun punya passion dan mimpi sendiri, tapi sejujurnya passion dan mimpi itu sempat terlupakan karena beberapa kesibukan belakangan ini. Tetapi berkat si buku oranye yang sangat interaktif karena ia menyediakan halaman khusus untuk kita isi sendiri tentang passion dan mimpi kita, kita bisa merancang kembali impian yang sempat terputus itu dan menampilkannya lebih jelas.

Tadinya saya agak heran. Judul buku ini kan tentang mimpi punya bisnis sukses, tapi hampir sebagian besar adalah cerita pengalaman si penulis bersama beberapa kenalannya tentang passion-nya sebagai penulis. Meski begitu, saya baru paham di tengah buku bahwa si penulis mengkorelasikan antara perjuangannya sebagai penulis dengan langkah-langkah untuk jadi pebisnis. Saya pun jadi ingat dengan cerita di awal tentang Yulia yang punya passion di bidang kecantikan sampai bisa buka salon.

Ya, satu-satunya kekurangan yang saya rasakan di buku ini adalah keselarasannya dengan topik bisnis yang tidak terlalu kuat, atau tidak sekuat yang saya harapkan. Memang ada beberapa cerita dari temannya si penulis yang juga ingin jadi atau bahkan sudah jadi enterpreneur, tetapi sebagian besar masih sangat kental dengan dunia menulis melalui pengalaman dan curhatannya. Tidak bisa dipungkiri karena si penulis sangat cinta dunia tulis menulis. Tetapi pada bantal ke-7, penulis menghadirkan dua tokoh muda yang inspiratif, juga bisa dibilang sangat produktif dan sukses dalam hal enterpreneur. Hal ini setidaknya menutupi kekurangan yang saya rasakan tadi.

Bagi kalian yang punya mimpi membuka bisnis di usia muda dan ingin dibantu mewujudkannya dengan dorongan lewat beberapa tips yang bermanfaat, memilih buku ini sungguh tidak ada salahnya. Kalian bisa mengikuti petunjuk dan langkah-langkah konkret, baik dari apa yang dibeberkan penulis atau pun dari profil sang narasumber yang disajikan. Nggak cuma yang mau berbisnis, lho. Kalau kamu punya cita-cita jadi penulis, buku ini juga tetap cocok menjadi buku panduan, karena pengalaman si penulis yang sangat berkeinginan menjadi penulis sukses bisa jadi bahan cerminan untuk kamu ke depannya. 😊

OVERALL RATING
★★★★☆


ASK AUTHOR

Pada kesempatan kali ini, saya nggak mau melewatkan kesempatan untuk mewawancarai salah satu penulis muda berbakat yang satu ini. Kebetulan sekali, yang bersangkutan pun tidak keberatan saat saya tawari sesi Q&A untuk blog tour bukunya. Penasaran mau kenal lebih jauh dengannya dan proses kreatif di balik penulisan buku terbarunya? Yuk silakan disimak Q&A kami di bawah ini.

💁

Halo, Stella. Pertama, saya ucapkan selamat atas kelahiran buku kembarnya di tahun ini. Boleh perkenalkan diri dulu, dong, buat teman-teman pembaca yang mungkin belum tahu dengan Stella sebelumnya.

Halo, perkenalkan, aku Stella Olivia, penulis sepuluh buku. Kebetulan si oranye ini buku kesembilanku, dan kembarannya yaitu si hijau, jadi buku kesepuluhku. Akan segera lahir buku kesebelas yang sedang proses proofreading bersama Penerbit Andi, non fiksi juga hehehe. Oh ya, aku lulusan psikologi dari Jawa Tengah.

Saya mulai dengan pertanyaan paling mainstream: dari mana ide untuk menciptakan dan menuliskan buku kembar — si oranye dan si biru — tentang self improvement ini?

Awalnya aku suka berdiskusi dengan teman-teman soal masa depan, soal pekerjaan yang nantinya akan kami geluti masing-masing, dan tentang passion tiap orang. Pelan-pelan, aku jadi paham bahwa peralihan antara dunia pendidikan ke dunia kerja bukanlah hal yang enteng. Banyak dari kami galau soal masa depan. Jadilah saya mencoba sharing soal hidup beberapa teman dan passion mereka, kualitas-kualitas diri yang harus lebih dulu diraih untuk pencapaian masa depan yang lebih baik, sampai mewawancarai 4 orang narasumber hebat untuk menginspirasi anak muda Indonesia.

Stella kan langsung menelurkan 2 buku nih. Dijuluki buku kembar pula. Dulu bagaimana proses penulisannya? Misalnya buku mana dulu yang dikerjakan, masing-masing berapa lama draft-nya kelar ditulis, pas revisi susah atau tidak, dan sebagainya.

Si oranye yang lebih dulu kuurus, kemudian si hijau. Aku sharing banyak hal di bukuku, lalu mulai memikirkan soal narasumber yamg tepat. Kupikir, menemukan orang yang tepat di bidangnya sesuai dengan tema buku selalu penting. Aku menghubungi keempatnya, dua narasumber yang berkecimpung di dunia bisnis, dan dua yang lain adalah mereka yang berkarier di perusahaan. Proses penulisannya lumayan lari-lari, hihihi. Aku menyelesaikan 2 buku dalam waktu 21 hari! Yang mengesankan, kebetulan naskahku ditangani oleh salah satu editor Grasindo yang cekatan, energik, dan bersahabat. Oh ya, dia juga masih muda sehingga kami bisa sharing banyak hal.

Sebenarnya awal ketertarikan Stella pada dunia menulis itu karena apa/siapa?

Aku menyadari talenta menulisku semenjak kelas 5 SD. Sejak tahun-tahun itu, aku mulai berjuang dan punya tujuan yang lebih pasti, menerbitkan buku. Semakin ke sini, tujuan itu semakin mengesankan saat aku berhasil menulis, menerbitkan buku, dan berguna buat anak muda yang lain.

Mana yang lebih membuat Stella bersemangat antara menulis buku fiksi seperti novel dan cerpen, atau buku non fiksi misalnya buku psikologi dan self improvement?

Dua-duanya! Aku selalu semangat menulis keduanya. Fiksi membuatku bebas berimajinasi dan bermain bersama banyak karakter manusia. Menulis fiksi mengajariku untuk memahami karakter tiap orang secara mendalam dan konsisten. Non fiksi tak kalah asyik. Aku merasa sedang membangun diri sndiri sekaligus sharing bersama anak muda Indonesia.

Kalau tadi kan soal semangatnya. Nah, sekarang, lebih gampang/susah yang mana antara menyelesaikan buku fiksi atau non fiksi?

Fiksi dan non fiksi punya kesulitannya masing-masing. Karya fiksi harus ditulis secara urut, sistematis, bab demi bab. Penulis fiksi belajar untuk konsisten terhadap karakter-karakter yang diciptakannya sendiri. Non fiksi sebaliknya. Kita boleh mulai menulis mulai bab 1, lalu loncat ke bab 7, kemudian kembali ke bab 4. Boleh-boleh aja seperti itu karena biasanya tiap bab dalam karya non fiksi punya bahasan yang berbeda walau dalam 1 tema judul.

Ada nggak sih passion lain dalam diri Stella selain di bidang kepenulisan dan psikologi?

Sampai saat ini sih aku baru menyadari 2 passion-ku itu. Sedang diasah agar ‘lancip’ alias berkembang hehehe.

Kan Stella sekarang sudah lumayan banyak menelurkan buku. Kira-kira impian apa lagi yang masih Stella kejar untuk diwujudkan? Boleh dong cerita, supaya diaminkan sama yang baca.

Masih banyak impian, nih. Ingin bertemu banyak anak muda yang suka nulis, berkarya bareng, dan menyalurkan banyak hal pada anak muda Indonesia yang lain lewat hasil tulisan kami. Semoga terwujud!

Apa harapan Stella melalui buku kembar ini terhadap para pembacanya?

Semoga si oranye dan si hijau menjadi teman yang asyik sekaligus menginspirasi kaum muda. Menjadi sahabat yang bisa berbagi sekaligus membantu menemukan jiwa, passion, harapan, dan impian.

Ada nggak pesan-pesan tambahan terhadap teman-teman yang lain yang punya mimpi dan sedang diperjuangkan agar menjadi kenyataan supaya mereka tetap semangat?

Setiap orang punya punya pandangannya masing-masing. Mereka boleh berteriak “itu sulit, itu sukar, kamu nggak akan bisa”, tapi karakter yang tangguh membuat seseorang tetap berani melangkah. Mimpi harus tetap diperjuangkan, oke?

Okay, terima kasih banyak, Stella, yang sudah bersedia menjawab beberapa pertanyaan dari saya. Semoga keinginan Stella yang masih tertunda dapat segera diwujudkan, semoga buku kembarnya bisa diterima hangat oleh khalayak luas, serta semoga pesan yang telah disampaikan melalui wawancara ini dan melalui buku-bukunya bisa bermanfaat bagi para pembaca di luar sana dalam menggapai impiannya. Amin. 😇


GIVEAWAY

Nggak lengkap rasanya kalau ada blog tour tapi nggak ada giveaway-nya. Ini juga pasti jadi bagian yang selalu dan paling kalian tunggu. Tenang saja, pihak penerbit dan penulis sudah menyiapkan 1 eksemplar buku MPBSUM kepada 1 orang yang beruntung di blog ini. Bagaimana cara ikutannya? Ayo simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

1. Punya alamat kirim di wilayah Indonesia.
2. Follow blog ini lewat akun wordpress atau email. Klik tombol follow yang ada di sidebar pojok kanan bawah.
3. Follow akun sosial media berikut ini (boleh pilih salah satu, twitter atau instagram):
– Twitter: @grasindo_id dan @murniaya
– Instagram: @stella.olivia11, @grasindo_id, dan @murniaya
4. Bagikan info tentang giveaway ini di akun sosial media punyamu. Bebas di mana saja (twitter, facebook, instagram, g+, blog, dsb).
– Jika di twitter: cantumkan link post ini dengan hashtag #BeraniBermimpi dan mention 2 akun di atas.
– Jika di instagram: repost foto buku MPBSUM yang sudah saya upload di akun IG saya, lalu tinggal ikuti ketentuan di caption-nya.
5. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah: “Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?” Tinggal sebutin aja, nggak perlu panjang-panjang ya. Semoga suatu hari nanti menjadi kenyataan! 😊
6. Tuliskan juga namadomisiliakun media sosial atau email, dan link share/repost bersamaan dengan jawabanmu.
7. Giveaway berlangsung selama seminggu saja. Partisipasimu saya tunggu sampai tanggal 14 April 2017 pukul 23:59 WIB.
8. Pemenangnya akan diusahakan diumumkan secepatnya, atau paling lambat 3 hari setelah giveaway ditutup melalui post blog, twitter, dan/atau instagram.

Itu saja peraturannya. Nggak susah kan? Kalau masih ada pertanyaan terkait rules yang masih bingung, jangan sungkan tanya langsung ke saya lewat twitter atau instagram.

Ayo buruan ikutan! Cuma berlangsung selama seminggu lho ini. Jangan lupa berdoa yang banyak supaya kamu yang beruntung buat dapetin 1 buah buku MPBSUM persembahan Penerbit Grasindo dan Stella Olivia. Good luck! 😉






P.S.: Jangan lupa ikutan giveaway satu lagi yang sedang berlangsung, berhadiah 1 buah novel Life by Uwaraa Montgommery (@Raatommo) pada tanggal 10-16 April 2017.

Advertisements

40 thoughts on “[BlogTour] Mimpi Punya Bisnis Sukses di Usia Muda! by Stella Olivia | Review, Ask Author, Giveaway

  1. Nama : Yanti
    Domisili : Depok
    Twitter : @NelyRyanti
    Email : sitinuryanti@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/NelyRyanti/status/850635275013210113
    Pertanyaan :
    Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”

    Jawaban
    Mimpiku pengin jadi penulis ..
    Sebenarnya keinginan ini muncul, setelah akhir-akhir ini saya sering membaca buku, dan dengan menjadi penulis, semoga tulisan saya dapat memberi manfaat yang lebih besar untuk orang lain

    Like

  2. Anditia Nurul

    Nama: Nurul
    Domisili: Palopo, Sulawesi Selatan
    Akun medsos: @anditianurul
    Email: jk.nuna1@gmail.com
    Link share: https://www.instagram.com/p/BSnx546AsyV/

    Jawaban:
    Passion saya adalah kepenulisan. Dan, mimpi terbesar yang ingin saya wujudkan adalah menjadi penulis novel mega-bestseller seperti Ilana Tan.

    Like

  3. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/850738630251257857?p=v

    1. Membuka rumah baca gratis untuk anak-anak sehingga minat baca mereka meningkat dan mereka lebih menyukai membaca buku daripada main gadget atau PS di rumah.

    2. Menjadi pengusaha yg membuka jasa percetakan dan penerbitan yg banyak menyerap tenaga kerja karena aku sudah merasakan susahnya mencari pekerjaan sekarang ini.

    Like

  4. Maleya Aldila

    Nama : Maleya Aldila
    Ig : @maleyaaldila
    Email (gmail) : maleya.aldila@gmail.com
    Domisili : Jakarta
    Link share : https://www.instagram.com/p/BSorRFhgYDg/

    Answer :
    -Penulis
    -Jadi pengusaha

    Like

  5. Nama: Wawa

    Domisili: Medan

    Twitter: @wawha_cuza

    Email: wawcuz@gmail.com

    Link share: https://twitter.com/wawha_Cuza/status/850912502757990400

    Jawaban:
    Penulis buku yang bermanfaat bagi pembaca.

    Like

  6. Nama : Ida Ayu Putu Ledys Deviyani
    Domisili : Denpasar, Bali
    Ig : @hiskeyri
    Twitter : @dayuledys
    Email : dayuledys@yahoo.com
    Link share twitter : https://mobile.twitter.com/dayuledys/status/850949849411231744
    Link Share ig : https://instagram.com/p/BSp0N5Ug2pA/

    Passionku itu adalah jualan dan bisnis, dan impian yang sampai hari ini masih dalam proses untuk diwujudkan adalah menjadi pengusaha bisnis online + punya toko fisik juga. Saat ini aku sudah mulai mengembangkan onlineshop (@infinitystorebali). Dan perlu sebuah panduan untuk membangkitkan semangatku ^o^

    Wish me luck 🍀

    Like

  7. Elsita F. Mokodompit

    Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    elsitafransiska@gmail.com

    Jadi Penulis

    Like

  8. Nama: Siti nihlatul fuadah
    Domisili: Tangerang
    Email: nihlafuadah@gmail.com
    Twitter: @Nihlafuadah09
    Link Share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/851041144968429568?s=09

    “Apa pasion dan impian terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”

    Jawaban:
    Mungkin untuk pasion aku lebih condong ke dunia hitung berhitung. Akuntan mungkin? Tapi jika berbicara dengan mimpi terbesar yang aku punya lebih menempatkan diri pada hobby. Hobby aku tentu saja berujung pada dunia tulis menulis seperti yang lain. Tapi bukan ingin menjadi penulis, yang aku inginkan adalah menjadi seorang filosofi, filsafat yang mendalam gitu. Seperti pemikir-pemikir hebat diluar sana. Berkarya lewat kata dan tulisan bukan berarti harus jadi penulis kan? Dan aku memilih menjadi filosof, filosof islam apalagi. Tpi, yang aku sedang aku geluti sekarang adalah dunia hitung berhitung. Seperti berniaga, maka dari itu, aku mimpi banget punya buku pendamping kayak buku Berani Bermimpi.

    Like

  9. Rohimah Muthmainnah

    Nama: Rohimah Muthmainnah
    Domisili: Cibarusah, Bekasi
    Akun medsos: @Ina_ELFINA10
    Email: Inaainaa03@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Ina_ELFINA10/status/851155136617390081

    Jawaban : kalau Passion aku yang jelas menulis,
    Sedangkan mimpi aku menulis yang dapat mengubah kehidupan seseorang dan berguna untuk orang lain. bukan hanya untuk menjadi penulis buku, tapi juga penulis artikel, yaitu wartawan. mungkin wartawan kadang dipandang sebelah mata, tapi yang jelas wartawan juga menulis artikel yang baik untuk dapat bermanfaat bagi orang lain seperti halnya penulis buku. dalam prinsipku “Dengan menulis artikel aku bisa menyelamatkan kehidupan seseorang “Dengan menulis kita bisa mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.
    dan aku juga ingin punya perpustakaan buku yang besar, dengan perpustakaan itu aku juga bisa mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dengan buku-buku itu^^

    Like

  10. Nama: Rohimah Muthmainnah
    Domisili: Cibarusah, Bekasi
    Akun medsos: @Ina_ELFINA10
    Email: Inaainaa03@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Ina_ELFINA10/status/851155136617390081

    Jawaban : kalau Passion aku yang jelas menulis,
    Sedangkan mimpi aku menulis yang dapat mengubah kehidupan seseorang dan berguna untuk orang lain. bukan hanya untuk menjadi penulis buku, tapi juga penulis artikel, yaitu wartawan. mungkin wartawan kadang dipandang sebelah mata, tapi yang jelas wartawan juga menulis artikel yang baik untuk dapat bermanfaat bagi orang lain seperti halnya penulis buku. dalam prinsipku “Dengan menulis artikel aku bisa menyelamatkan kehidupan seseorang “Dengan menulis kita bisa mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.
    dan aku juga ingin punya perpustakaan buku yang besar, dengan perpustakaan itu aku juga bisa mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dengan buku-buku itu^^

    Like

  11. Nama : Ida Ayu Putu Ledys Deviyani
    Domisili : Denpasar, Bali
    Ig : @hiskeyri
    Twitter : @dayuledys
    Email : dayuledys@yahoo.com
    Link share twitter : https://mobile.twitter.com/dayuledys/status/850949849411231744
    Link Share ig : https://instagram.com/p/BSp0N5Ug2pA/

    Passionku itu adalah jualan dan bisnis, dan impian yang sampai hari ini masih dalam proses untuk diwujudkan adalah menjadi pengusaha bisnis online + punya toko fisik juga. Saat ini aku sudah mulai mengembangkan onlineshop (@infinitystorebali). Dan perlu sebuah panduan untuk membangkitkan semangatku ^o^

    Wish me luck 🍀

    Like

  12. Fitra Aulianty

    Nama: Fitra Aulianty
    Domisili: Pekanbaru, Riau
    Twitter: @fira_yoopies
    Link share: https://twitter.com/fira_yoopies/status/851257107630313473

    Passionku: menulis
    Impian terbesarku: punya buku karya sendiri

    Sejauh ini aku pengen banget novelku selesai dan di-acc 😂 greget banget suka nulis tapi sekalinya pake target groginya bikin galaaauu. Semacam gak pede, gak berani show up kak. Tapi sejauh ini aku udah nyoba nulis novel tanpa outline. Hasilnya? Lucu banget. 80 halaman, alur berantakan, plot apalagi, karakternya gak jelas wkwkw tapi rasa penasaranku sama nulis ‘tanpa outline’ udah tuntas! Senang banget karena tahu aku penulis yang butuh outline xD

    Sekarang aku lagi nulis dengan outline, tapi aku tetap penasaran sama multi pov, dan masih longgar sama target. Di instagramku @firaa96 udah aku posting keterangan tulisanku T_T Asli aku juga gak pede upgrade proses menulisku di media, cuma karena aku lagi pengen upgrade supaya orang-orang tahu aku calon penulis, ya tulisanku yang belum selesai di #gwp3 aku promosiin. Semoga aku bisa nyusul kakak-kakak penulis keren itu. Pengen banget punya buku hasil karya sendiri T_T

    Like

  13. Hamdatun Nupus

    Nama : Hamdatun Nupus
    Domisili : Depok, Jawa Barat
    Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/851311708614172672

    Passion dan mimpi besar yang saat ini sangat ingin saya wujudkan :

    Membangun Sekolah.

    Bukan hanya membangun fisik bangunan nya saja tapi sumber daya manusianya (Siswa, Staf & Pengajar) dan juga menciptakan lingkungan yang kondusif juga di dalamnya.

    Hal ini berangkat dari keprihatinan saya dengan kerap banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak (bullying) dan juga staf/pengajarnya yang ikut terlibat/tidak mau tahu. Hingga pada satu conclusion saya begitu cemas mengenai dimana nanti saya akan sekolahkan anak-anak saya kelak.

    Saya ingin membangun sekolah dimana fasilitas didalam nya memenuhi semua kebutuhan siswa, membuat sistem ajar yang baik dan membentuk kegiatan-kegiatan positif dimana nantinya siswa akan lebih sibuk mengembangkan bakatnya. memenuhi rasa haus dan keingintahuannya dalam menimba ilmu. Sehingga dijauhkan dari hal-hal negatif.

    Saya ingin membangun sebuah sekolah dimana siswa , staf & pengajar bisa saling berinteraksi secara langsung sehingga bukan hanya pencapaian akademis nya saja yang baik tapi juga hubungan sosial yang terbentuk bisa membentuk karakter positif juga bagi semuanya.

    Like

  14. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter @ainhy_edelweiss
    Link share: https://mobile.twitter.com/undefined/status/851346585761923075
    Domisili: Makassar

    And my dream is….
    1. Pengiiin banget bawa mama sama bapak naik haji trus bangunin rumah besar dk kampung
    2. Pengin jadi traveller trus keliling dunia sambil blogging 🙂

    Like

  15. […] buat ikutan juga di giveaway satu lagi yang masih berlangsung, berhadiah buku self improvement Mimpi Punya Bisnis Sukses di Usia Muda! by Stella Olivia (8-14 April […]

    Like

  16. Aida khairani lubis

    Nama : Aida khairani lubis
    Domisili : medan – sumatera utara
    Akun media : @aidakhairani84 ( twitter dan instagram)
    Email: aidakhairani98@gmail.com
    Answer :
    Passion saya sebenarnya di olahraga saya atlet pencak silat, tapi saya sangat senang membaca apapun itu bukunya.
    Dan mimpi besar saya itu saya ingin lepas dari pembiayaan orang tua saya , saya ingin menjadi pengusaha yang sukses agar semua hal yg berkaitan dengan orang tua saya, saya yang bertanggung jawab.
    Dan saat ini saya ingin memulai memiliki perpustakaan pribadi, semoga dengan mendapat buku dr giveaway ini menjadi permulaan yang bagus buat mimpi” saya . Terimakasih

    Like

  17. Nama : Hanum Bella
    Domisili : Sragen, Jawa Tengah
    Akun twitter : @Hanumbellaa
    Link share : https://twitter.com/Hanumbellaa/status/851371958415626240

    📌 Passionku :
    1. Menulis
    2. Olahraga Bola Voli
    3. Membuat kerajinan tangan

    📌 Mimpi terbesarku :
    1. Menjadi Tentara
    2. Menjadi Penulis
    3. Masuk Fakultas Sastra Inggris
    4. Menjadi Ibu dan Istri yang baik, kelak

    Like

  18. Insan GumelarCiptaning Gusti

    Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?
    Passionku di bidang penulisan karena itu aku ingin menjadi seorang penulis terkenal
    Sejak kecil aku sudah diajari sedikit-sedikit tentang kewirausahaan, jadi aku ingin menjadi wirausahawan di bidang kuliner, dan karena aku sangat ingin ke Jepang, maka aku harus bisa pergi ke Jepang. 😊😊

    nama: insan gumelar ciptaning gusti
    domisili: surakarta
    akun media sosial: @san_fairydevil
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/851694641493590017

    Like

  19. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Email : humairabalfas5@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/851717114494803968?p=v

    “Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”

    Menjadi seorang designer baju dan henna artist, membuka butik, punya brand sendiri dan bisa go internasional. Selain itu, aku juga punya minat yang besar dalam menulis dan olahraga. Berharap suatu hari nanti bisa menghasilkan karya yang disukai banyak orang, tidak hanya berupa ide yang terus berseliweran di kepala tapi kesulitan untuk menuliskannya. Aku juga ingin menjadi seorang instruktur di gym, punya gym khusus wanita dan trainernya perempuan semua.

    Like

  20. Nama: Dwi Khoiriyah
    Domisili:DKI Jakarta
    Akun instagram: @ms.ketjeh
    Email: dwi.kh02@gmail.com
    Link share: https://www.instagram.com/p/BSvxpSEj0nx/

    Aku ga paham passion itu apa. Tapi impian aku, aku pengen banget jadi atlet timnas. Atlet karate. Yg bisa berdiri di podium tertinggi, dikalungin medali, diselimutin bendera merah putih, mewakili indonesia, dan menjadi kebanggaan indonesia. Oke, ini memang ga nyambung ama buku yg saya inginkan dan impian saya, tapi apa salahnya saya membaca buku ini. Siapa tau ada pembelajaran yg bisa saya ambil dari buku ini. Itu saja.

    Like

  21. Nama : Muliyani
    Domisili : Medan
    Twitter : Muliyani941
    LinkShare : https://twitter.com/muliyani941/status/851802352503840769?s=06

    “Apa pasion dan impian terbesarmu yang sampai saat ini pingin banget kamu wujudkan?”

    Jawaban : Pasion aku Menulis.
    Mimpi terbesar aku, pingin tulisan yang aku buat di baca dan dapat menginspirasi banyak orang. Dan juga di jadikan Novel yang tersedia di semua toko buku seluruh Indonesia.

    Like

  22. Nama: Frida Kurniawati
    Domisili: Pati
    Twitter: @kimfricung
    Shared link: https://mobile.twitter.com/kimfricung/status/851994575635849216
    Jawaban:
    1. Solo backpacking keliling dunia.
    2. Bikin pabrik biodiesel berbasis bisnis sosial dan kearifan lokal.
    3. Menulis karya yang menginspirasi pembacanya.

    Like

  23. Nama: Rohaenah
    Domisili: Jakarta
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/852144375236706304
    Jawaban: passion udah pasti berhubungan dengan dunia buku. Mimpi terbesar yang ingin diraih mau punya toko buku sendiri, jadi bisa baca buku sepuasnya.

    Like

  24. Nama: Lilyanna Adiseputro
    Domisili: Malang
    Instagram: lilyanna.adiseputro
    Shared link: https://www.instagram.com/p/BSyUDM1AJpR/

    Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?

    Passion aku banyak, but recently, I’m into writing. I also enjoy music, movies, traveling and lots more.
    Mimpi terbesar aku mungkin have a big and well-known audit firm, which listed in US Stock Exchange. But overall, I just want to make my parents proud of who I am and have them enjoy their life to the fullest without worrying about all materialistic things.

    I really want my dream to be the best accountant come true and also be an inspirational writer who could influence others to be a better person.

    Like

  25. Nama : Fridalia Septiarini H
    Domisili : Purwakarta
    E-mail : fridaliash2@gmail.com
    Twitter : @ frdliash
    Link share : https://twitter.com/frdliash/status/852148528973582336
    Jawaban :
    Passionku lebih ke nulis sihh. Entah nulis cerita atau opini gituu. Pokoknya nulis deh. Tapi impian aku bukan jadi penulis. Impian aku ingin punya toko buku di kotaku. Di Indonesia saat ini sudah banyak penulis bagus, tanpa aku jadi penulis pun akan ada banyak karya terbaik. Tapi di kotaku, toko buku hanya bisa diitung jari itupun ga update. Oleh karena itu aku punya mimpi untuk membuat toko buku yang update di kotaku, purwakarta. Dengan adanya toko buku, anak² yang sedang terkena virus membaca tidak akan sulit untuk mencari buku-buku yang diinginkan. Tidak seperti sekarang. Aku yang suka sekali membeli buku sangat kesulitan untuk mencari buku-buku bari di kotaku:(

    Like

  26. Nama: mendra
    Domisili: padang
    Email: mendraris89@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/Mendra85370629/status/852287293826023424
    Impian saya, lanjutin kuliah di inggris, sekalian nonton MU di olf talford

    Like

  27. Nama: Rina Fitri
    Domisili: Banda Aceh
    Twitter: @Rinafiitri
    Link Share:

    Passion aku itu membuat barang2 kriya seperti bunga kusudama, sarung tisu dari flanel, dsb. Mimpi terbesar aku semoga suatu hari nanti bisa punya suatu usaha, mungkin dimulai dari olshop, yang ngejual barang2 kriya hasil buatanku sendiri. Barang2 kriyanya mungkin akan kufokuskan ke pernak-pernik ultah dan wisuda seperti buket bunga, coklat, selempang, dll.
    Semoga aku bisa mewujudkannya ya😊

    Like

  28. Nama : Riza Putri Cahyani
    Domisili : Bogor
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/852494034337529857
    Email : rizaputricahyani@gmail.com

    Jawaban :

    Passion aku sih di menulis sama suka bgt memecahkan masalah dan jatuh cinta dgn semua hal yg berbau laboratorium.

    Impianku :
    1. Punya perpustakaan pribadi
    2. Menjadi ilmuwan forensik
    3. Punya laboratorium kimia pribadi
    4. Tinggal di Makkah atau Madinah

    Like

  29. Nama : Gina Fauzi
    Domisili : Bandung
    Link share : http://instagram.com/p/BS1qxNoFCYM/
    Email : randomhwang07@gmail.com
    Passion : Saya memiliki passion dibidang linguistik, khususnya pengajaran bahasa asing, dan penulisan buku self-development/motivasi.
    Mimpi yang ingin saya wujudkan : Saya ingin mendirikan lembaga kursus bahasa asing gratis, rumah baca+cafe, memiliki perusahan percetakaan dan juga toko untuk menjual pernak-pernik bookish.

    Like

  30. Nama : Qhisty Rafidah
    Domisili : Palembang
    Akun Instagram : tyracanss
    Link share : https://www.instagram.com/p/BS2nFL-FRVf/

    Jawaban:
    Sebenernya tuh nggak ngerti mana yang passion dan mana mimpi. Jadi aku gabungin aja jawabanku. Semoga aku yang dapet buku ini supaya tau.
    Ini mimpi dan passion ku
    1. Punya bisnis yang sukses dan berdaya saing tinggi
    2. Punya semua jenis ikan mas koki dan berhasil membudidayakan ikan mas koki
    3. Punya kebun mawar yang luas di belakang rumah
    4. Punya perpustakaan besar untuk semua orang yg ingin membaca dan meminjam
    5. Membangun/merenovasi masjid sebanyak 5 masjid
    6. Menjadi penulis bermutu dan terkenal
    7. Punya banyak buku yang diterbitkan
    8. Punya salon make up yang sukses besar
    9. Jadi bos besar di perusahaan terkenal
    10. Jadi seorang yang menginspirasi orang lain dan menjadi anak ayah dan ibu yang membanggakan.
    Semoga terwujud! Aamiin ya allah

    Like

  31. Nama: devira belin
    Twitter : @virscnd
    Domisili: semarang
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/852805412634075137
    Jawaban:
    Passion ku ngerjain hal yg aku suka. Karena ini hidupku, bukan untuk buat org lain bahagia. Asalkan itu baik buat aku, aku gapeduli sm omongan org. Passionku itu novel, mungkin org lain ngeliat aku buka novel mulu ga punya kerjaan banget, padahal aku lagi belajar cara nulis novel biar pembacanya merasakan langsung konflik yg terjadi hehe. Dan impian terbesarku membahagiakan org tuaku dgn cara novel nanti 🙂

    Like

  32. Nama : Amalia
    Domisili : Ciamis, Jawa Barat
    Akun Instagram : @ailamaa__
    Link share : https://www.instagram.com/p/BS2szpbj4rU/
    Jawaban :

    Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”

    Hm..dari dulu zaman SD sampai sekarang kalo ditanya soal cita2, mimpi dan passion itu suka bingung sendiri 😀 bingung karena sering ubah-ubah tiap waktu, gak teguh pendirian.

    Tapi, untuk saat ini aku lagi nikmatin banget Passion aku dibidang kepenulisan..dan berharap banget passion ku saat ini dapat bertahan lama dan teguh pendirian. Aminn..Menurut aku Jadi seorang penulis itu gak terlalu ngabisin waktu, bisa dilakuin dimana aja dan kapanpun. So, aku bener2 nikmatin passion aku saat ini. Tapi, terkadang hal itu belum sepenuhnya matang juga sih, masih suka ada rasa malas dan jenuh ketika berhadapan dengan laptop/hp untuk memulai menulis.. *virus banget”
    Selain di bidang kepenulisan , sebenernya saya juga mulai tertarik dengan dunia fotografi. Tapi masih dalam tahap tertarik aja, sih belum ketahap lebih lanjut. Semoga aja kedepannya ada jalan yang terbaik..

    Dan salah satu mimpi terbesarku yang berhubungan dengan kedua passion ku ini adalah pergi keliling dunia.. Kenapa? Karena aku pengen Nikmatin setiap jengkal keindahan Tuhan lebih dekat. Mengabadikan nya di lensa kamera dan membagikan pengalamanku melalui sebuah buku perjalanan. Ahh, gak kebayang, deh kalo itu benar-benar terwujud :’)

    Untuk itu, aku berharap banget bisa dapetin buku ini sebagai sahabat aku. Seperti yang kak Stella bilang tadi, buku ini diharapkan menjadi sahabat untuk berbagi sekaligus menemukan jiwa, passion, mimpi dan harapanku agar lebih dalam dan berkembang 🙂

    Btw, setiap kali aku baca reviewan MPBSUM pasti merasa tertohok dengan semua quotesnya.. Dan selalu berhasil bikin aku berpikir “Oh, iya juga ya, selama ini tujuan hidup aku apa? Passion aku apa?” dan pernyataan menohok lainnya.

    Pokoknya, setelah baca reviewan ini buku ini wajib banget dibaca oleh anak muda zaman sekarang termasuk aku untuk menjadi remaja Indonesia yang kreatif dan inovatif.

    Like

  33. Salsabila Shafa Rahma
    Bogor
    Twitter: salsashf
    email: shafasalsa31@gmail.com
    Link: https://twitter.com/salsashf/status/852825877096185856

    1. Membuka Coffee Shop di salah satu kota favortiku dengan perpustakaan kecil di dalamnya yang berisikan koleksi buku-bukuku.
    2. Membuka kos-kosan!
    Semoga bisa terwujud beberapa tahun lagi!

    Like

  34. Nama: Lynn Melody
    Domisili: Banjarmasin
    Twitter: @justlynn23
    Email: lovelynn.melody@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/justlynn23/status/852762978407469057
    Jawaban: Passionku itu bidang desain, aku ingin menjadi desainer dan punya brand fashion sendiri. Sedangkan mimpi terbesarku itu menjadi berguna bagi banyak orang dalam bidang pendidikan dan literasi. Aku ingin jadi penggiat literasi dan mendirikan taman bacaan di daerah pelosok serta mendonasikan buku-buku untuk anak-anak yang membutuhkan buku bacaan. Dalam bidang pendidikan aku ingin membantu sekolah-sekolah di daerah atau di kepulauan. Aku ingin menjadi donatur bagi sekolah-sekolah yang ada di daerah terpencil. Aku juga bercita-cita bisa mendirikan sekolah dari TK sampai Universitas dan sekolah itu gratis khusus untuk anak-anak yang tidak mampu.

    Like

  35. Nama: Dayu Ningsih
    Twitter @dayunshx
    Link share: https://twitter.com/dayunshx/status/852896207890284544
    Domisili: Pati,Jawa Tengah

    : “Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”

    passion hidupku menulis dan menggambar komik kak Aya .Aku pengen seperti Shakespeare yang dikenang dunia dengan Romeo dan Juliet juga J.K.Rowling  dengan kisah penyihirnya yang dulu ia tulis dalam lembaran tissue bekas . Yang kini berhasil membius dunia dan menjadikannya sebagai penulis besar . seorang milyuner! Miliaran orang mencintai kisah Harry Potter. Ratusan juta dollar lahir dari buku serta filmnya yang mendunia. Dan, semua kehebatan ini hanya berasal dari kata-kata sederhana yang ditulis dengan passion.

    Dan mimpi terbesarku yang sampai saat ini pengin banget aku wujudkan menjadi jurnalis masuk universitas Negeri Sebelas Maret Solo jurusan Ilmu Komunikasi .

    Like

  36. Nama: Dayu Ningsih
    Twitter @dayunshx
    Link share: https://twitter.com/dayunshx/status/852896207890284544
    Domisili: Pati,Jawa Tengah

    : “Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”

    passion hidupku menulis dan menggambar komik kak Aya .Aku pengen seperti Shakespeare yang dikenang dunia dengan Romeo dan Juliet juga J.K.Rowling  dengan kisah penyihirnya yang dulu ia tulis dalam lembaran tissue bekas . Yang kini berhasil membius dunia dan menjadikannya sebagai penulis besar . seorang milyuner! Miliaran orang mencintai kisah Harry Potter. Ratusan juta dollar lahir dari buku serta filmnya yang mendunia. Dan, semua kehebatan ini hanya berasal dari kata-kata sederhana yang ditulis dengan passion.

    Dan mimpi terbesarku yang sampai saat ini pengin banget aku wujudkan menjadi jurnalis dan masuk Universitas Negeri Sebelas Maret jurusan Ilmu Komunilasi .

    Like

  37. Nama : Dian Kirtley Kristi
    Domisili : Bitung, Sulawesi Utara
    akun media sosial Instagram : @dkr1st1
    email : dhyankirtleykristi@gmail.com
    link share/repost : https://www.instagram.com/p/BS3rLCDAdTj/?taken-by=dkr1st1

    “Sebutkan apa passion dan mimpi terbesarmu yang sampai saat ini pengin banget kamu wujudkan?”
    Passion saya adalah Fashion Designer. Dan mimpi terbesarku adalah kuliah di ESMOD di Paris-Prancis biar bisa belajar lebih mendalam tentang Fashion Designer.

    Like

  38. Nama: Rizki Fitriani
    domisili: Sidoarjo
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/852881377296908288

    passion dan impianku yg ingin aku wujudkan saat ini selain membahagiakan keluarga dan mengangkat derajat orang tua itu adalah, membuang sifatku yg suka menunda suatu hal.
    karena sifatku yg satu itu, aku sering kehilangan kesempatan yg berarti dalam hidup, dan membuatku lamban utk berkembang mencapai kesuksesan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s