[BlogTour] Man’s Defender (Distinguished Trilogy #1) by Maisie Junardy & Donna Widjajanto | Review, Giveaway

Judul: Man’s Defender
Penulis: Maisie Junardy & Donna Widjajanto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Editor: Hetih Rusli
Cover: Eduard Iwan Mangopang
Cetakan: Pertama
Terbitan: Jakarta, 2017
Tebal: 288 Halaman
ISBN: 978-602-03-3983-2
Genre: Science-Fiction

BLURB

Sebulan yang lalu sama sekali tidak terpikir oleh Alex bahwa dirinya bisa punya avatar pribadi dan bersahabat dengannya. Setiap malam dia dihantui mimpi buruk karena tidak punya teman dan sering di-bully di sekolah. Itu semua gara-gara keluarganya yang selalu berpindah tempat tinggal. Hingga akhirnya mereka berada di Pescara, kota asal Marco, ayah Alex.

Segalanya berubah ketika Alex memasuki kamar kerja ayahnya dan berkenalan dengan CAASI––Culture Art Application and Simulation Interface. Di sanalah dia bertemu Viska, sang gadis avatar. Viska membawanya keliling dunia dan memperkenalkan Alex pada keunikan budaya-budaya dunia.

Ketika Alex merasa hidupnya akhirnya bahagia dan bermakna, masalah muncul. Alex harus mempertahankan CAASI kalau tidak ingin kehilangan Viska. Ada bahaya besar yang mengintai penemuan canggih Marco, dan Alex haru mengambil tindakan penyelamatan.

REVIEW

Alessandro Putra Rosetti adalah lelaki yang masih berusia 16 tahun, merupakan anak tunggal yang lahir dari percampuran beberapa ras. Ibunya yang bernama Maya punya darah Tionghoa dan Bali, sementara ayahnya–Marco Rosetti–adalah asli dari Italia. Sejak kecil, Alex–sapaan akrab Alessandro–selalu hidup berpindah-pindah negara bahkan benua. Hal itu membuat ia jadi tak punya teman tetap dan sering dijuluki aneh dan bodoh oleh teman-temannya di sekolah umum karena penampilan dan logat bicaranya yang berbeda.

Dan seharusnya bodoh atau tidaknya seseorang tidak dikaitkan dengan rasnya. Apa salahnya menjadi seperempat Tionghoa, seperempat Bali, dan setengah Italia? Apa bedanya Alex dengan anak lain yang seratus persen Italia atau seratus persen Tionghoa? — (hlm.40)

Bali, Ausralia, China, Jepang, India, Dubai, dan lain-lain sudah pernah ia kunjungi. Namun, pengalaman paling buruk yang membuat Alex mual tiap mengingatnya adalah saat ia tinggal di India. Bisa dikatakan kalau keluarga Rosetti telah berkeliling dunia. Hingga pada akhirnya mereka kini menetap di Pescara, Italia, yaitu kampung halaman Marco. Di sana, mereka juga bisa dekat dengan ibu dari Marco.

“Alex, berbeda itu bukan kesalahan… Keunikanmu berharga… Keunikanmu adalah kelebihanmu…” — Marco (hlm.75)

“Perbedaan itu harus dihargai…” — Marco (hlm.75)

Namun, sayangnya kepindahan ini sama sekali tak membuat Alex bahagia karena lagi-lagi dia harus menjalani hari di sekolah tanpa ada teman dan sering di-bully oleh Emilio, Luigi, dan Giuseppe yang menjadi pentolan penguasa siswa di sekolah itu. Terlebih Alex tak pandai berbicara dalam bahasa Italia karena ayahnya lebih suka berbicara dalam bahasa Inggris padanya. Beruntung Alex punya teman wanita yang ia kagumi bernama Chiara. Gadis itu sama sekali tidak menganggap Alex aneh, melainkan unik. Chiara juga tak segan membela Alex saat di-bully oleh 3 sekawan itu.

Keluarga Rosetti hidup pas-pasan. Mereka hanya bergantung pada tabungan yang mereka miliki. Alex tidak pernah tahu apa pekerjaan ayahnya itu yang selalu sibuk berkutat dalam ruangan kerjanya. Sampai pada suatu hari Alex mendengar orangtuanya bertengkar hingga Maya pun memutuskan untuk pergi meninggalkan suami dan anaknya berdua saja di Pescara.

“Aku percaya, dalam tiap kebudayaan di dunia tersimpan nilai-nilai kearifan dan kebaikan, selain tentu saja keindahan…” — Marco (hlm.70)

Tapi, hal itu justru menggiring Alex berkenalan dengan pekerjaan ayahnya selama ini. Ternyata Marco membuat CAASI–Culture Art Application and Simulation Interface–sebuah alat berbentuk sarung tangan yang bertujuan mengenalkan beragam budaya di dunia lewat virtual reality saat penggunanya tertidur. Alex pun mencobanya dan bertemu Viska–atau bisa dipanggil Vee saja–sebagai avatar yang menjadi tour guide-nya. Tapi, tanpa Alex sadari ternyata ada bahaya yang mengancam CAASI dan Viska dari orang terdekatnya.

Apa saja yang Alex dapatkan selama ia memakai CAASI? Apakah itu berpengaruh terhadap kehidupannya? Dapatkah Alex melindungi CAASI supaya tidak disalah gunakan?

LET’S PEEL IT…

Membaca ini, saya merasa seperti sedang dibawa berkeliling dunia meski hanya lewat imajinasi dan tak seberuntung Alex yang bisa merasakannya seperti hal nyata. Saya malah tadinya bingung mau melabeli buku ini masuk di genre apa. Tapi ada yang kasih tahu kalau novel ini lebih cocok masuk di sci-fi. 🙂

Melalui sudut pandang orang ketiga, plot yang disusun sangat rapi. Bahasa atau kata-kata asing berbau teknologi pun tidak terlalu ‘banjir’. Penulis sebisa mungkin untuk tetap menggunakan kata-kata yang bisa mudah dimengerti oleh pembaca tanpa harus buka kamus atau googling dulu. 😀

Ada banyak sekali info yang ingin aku kutip sebagai hal penting. Saking banyaknya, aku tidak bisa pilih salah satu karena menurutku semuanya penting. Meski berstatus novel, tetapi buku ini juga sangat informatif soal pengetahuan terlebih soal kebuayaan dari berbagai negara. Bayangkan betapa asyiknya jadi Alex saat terlelap menggunakan CAASI dan bisa berpindah dari satu negara ke negara lain hanya dalam sekejap mata berkat bantuan dan panduan Viska.

Tapi, saya setuju dengan pendapat Alex yang sempat mengatakan kalau cara Viska menjelaskan segala materi kebudayaan itu seperti sedang menguliahi seseorang. Hal ini bisa jadi sebagai refleksi dari cara penyampaian dari si penulis buku. Ya, kalau saya di posisi Alex, saya pun akan merasakan hal yang sama. Tapi, berhubung info di sini dikemas dalam novel, bagi saya tetap saja menarik menyimak infonya. Meski terkadang penjelasan Viska terasa begitu panjang dan kurang interaktif kepada Alex sehingga kesannya seperti sedang membaca buku sejarah biasa.

Tidak heran pula jika buku ini kaya sekali dengan pengetahuan sejarah dan budaya yang ada di penjuru dunia, karena saat saya mengintip ke halaman paling belakang terdapat daftar pustakanya juga, lho. Jadi, para penulis memasukkan info di sini juga bukan asal-asalan karena mereka memang mendapatkannya dari sumber dan buku yang sudah jelas dan terpercaya.

Awalnya saya sempat berpikir, mengapa kehidupan Alex di awal buku diceritakan dengan cukup detil? Lalu, apa hubungannya masalah hidup Alex dengan CAASI? Namun, makin lama dibaca maka saya pun jadi paham bahwa materi kebudayaan yang disampaikan oleh Viska melalui CAASI itu mempunyai hikmah tersendiri yang bisa menginspirasi Alex melewati rintangan di kesehariannya dan tentu saja kepada pembaca secara tak langsung. Misalnya seperti Alex yang tadinya penakut dan terlalu penurut ketika diancam oleh pem-bully-nya, namun setelah ia ‘bermain’ dengan CAASI membuat Alex jadi lebih pemberani.

Masih ada teka-teki yang tertinggal, misalnya benda-benda yang secara tiba-tiba membentuk huruf yang muncul beberapa kali di hadapan Alex ketika ia sedang bertualang dalam CAASI. Bahkan Viska pun tak tahu apa-apa dengan hal itu. Mungkin hal ini baru akan terjawab di buku selanjutnya. Oleh karena itu, saya nggak bisa kasih bintang penuh karena berasa nanggung dan terlanjur penasaran banget sama kelanjutannya bagaimana. 😀

Buku ini sedikit/banyak mengingatkan kita sebagai pembaca tentang pentingnya saling menghargai segala perbedaan yang ada di dunia. Agaknya apa yang disampaikan itu menyentil apa yang sedang terjadi belakangan ini di negeri kita. Indonesia dikenal dengan perbedaan agama dan keberagaman budaya, ras, suku, serta tingginya rasa toleransi terhadap sesama yang sangat dikagumi oleh bangsa lain. Tapi, nyatanya sekarang Indonesia sedang mengalami hal yang bertentangan dengan itu semua. Aku rindu Indonesia yang seperti dulu lagi. :’)

Buat kalian yang suka sekali dengan sejarah dan pengetahuan budaya, buku ini bisa memberimu beberapa nukilan yang bisa kamu jelajahi sendiri selebihnya. Tentu saja apa yang dipaparkan di sini hanya sebatas kulitnya, tidak terlalu mendetil sampai ke dasar dan kronologis seutuhnya. Tetapi pada beberapa bagian ada yang menarik perhatian untuk saya telusuri lebih dalam.

Saya jadi membayangkan, kalau saja novel ini bisa direalisasikan dalam bentuk film ala-ala Hollywood, waduh… keren banget deh kayaknya. Membayangkan Viska dengan permata di kepalanya dan bola perak VICTOR yang selalu ada di tangannya, membayangkan seni budaya + pertunjukan opera + upacara leluhur + dan sebagainya menjadi bentuk visual. Mungkin nggak kalah bagus dengan seri The Hunger Games dan sejenisnya. 😉

Oh ya, sedikit koreksi dariku yaitu tentang penggunaan kata “Cina”. Saat ini yang kutahu dalam bahasa Indonesia untuk menyebut nama negara China adalah “Tiongkok”, bukan lagi “Cina”.

Favorite Quotes

“Kebudayaan adalah gaya hidup bermasyarakat tertentu yang termasuk cara berpikir, perasaan, dan tindakan yang berpola dan berulang. Melalui budaya, kita jadi mengerti siapa diri kita dan apa artinya menjadi manusia. Pribadi manusia dan budaya tidak dapat dipisahkan karena kehidupan sosial manusia adalah proses individu menginternalisasi ‘arti’ publik.” — Viska (hlm.87)

“Alex, keluarga adalah dasar hidup manusia. Awal hidup manusia. Sumber hidupnya yang pertama. Dari situlah semua berawal.” — Viska (hlm.91)

“Dengan demikian, manusia mengerti dan berinteraksi dengan orang lain tidak hanya berdasarkan kesamaan, tapi justru menghargai perbedaan. Semua manusia bisa memberi kontribusi pada masyarakat, tak peduli apa pun latar belakang budaya yang dia miliki.” — Viska (hlm.128)

“Pernikahan campur, inter-racial marriage tidak hanya menyebarkan budaya, tapi juga menghasilkan anak-anak mixed-race yang selanjutnya bisa mengaburkan batasan ras yang biasanya ditetapkan berdasarkan negara. Di masa depan, makna ras bisa menjadi kabur,” — Viska (hlm.132)

“Tapi, aku percaya apa yang kupaparkan padamu bisa membantumu membentuk pola pikir yang sehat akan orang lain, supaya kau bisa menerima orang lain dengan lebih terbuka. Dengan sikap terbuka dan bisa melihat keunikan individu lain, kau bisa dengan mudah berteman, dan pada akhirnya punya pacar.” — Viska (hlm.142)

“Dia tidak butuh kekayaan lagi, sebenarnya. Tapi, rasa haus akan pengetahuan membuatnya terus berlayar. Dia ingin terus menghadapi tantangan dan menaklukannya. Itulah mentalitas seorang pahlawan.” — Viska (hlm.146)

“Menurutku, keunikan budaya harus dibagikan supaya ada pemahaman umum bahwa keunikan itu bukan sesuatu untuk ditakuti, bukan sesuatu yang harus dihancurkan…” — Marco (hlm.160)

“Saling ketergantungan adalah induk dari kasih sayang. Manusia saling membutuhkan, jadi mereka bekerja sama. Kita membantu orang lain karena kita memang bisa dan senang melakukannya, bukan karena mengharapkan imbalan. Ada satu kata kunci yang mendasarinya; cinta.” — Viska (hlm.174)

“Semua bagian tubuh kita punya kekuatan tersendiri. Terutama pikiran. Dengan pikiran yang jernih kita bisa menemukan banyak senjata yang bisa kita gunakan. Kedamaian batin, atau shanti dalam bahasa India. Itulah senjata utama kita.” — Viska (hlm.206)

“Menjadi dewasa adalah berani menghadapi tantangan, berani mengambil resiko, berani bertanggung jawab,” — Viska (hlm.211)

“Perang terjadi karena manusia berpikir pendek dan mengikuti emosi, terutama rasa takut. Filsafat Cina, Tao The Ching berkata, ‘Rasa takut menyebabkan senjata dikumpulkan. Sebenarnya tidak ada yang suka dengan perang. Para bijak akan selalu menghindarinya.’ Sama seperti semua hal buruk lainnya. Tapi, kalau bergerak dengan perencanaan dan taktik, tujuan terbesar apa pun bisa dicapai.” — Viska (hlm.239)

OVERALL RATING
★★★★☆


GIVEAWAY

Penerbit GPU telah menyediakan 1 buah eksemplar novel MAN’S DEFENDER untuk satu orang peserta yang beruntung. Langsung simak saja syarat dan ketentuannya di bawah ini.

1. Punya alamat kirim di wilayah Indonesia.
2. Follow blog ini lewat akun WordPress atau via email. Klik tombol follow yang ada di sidebar pojok kanan bawah.
3. Bagi yang punya facebook, silakan like fanpage Distinguished-Trilogy.
4. Share info giveaway ini di sosial media punyamu, bebas mau di mana saja (boleh pilih salah satu).
– Jika di facebook: cantumkan link post ini dengan hashtag #MansDefender.
– Jika di twitter: cantumkan link post ini dengan hashtag #MansDefender. Jangan lupa buat follow & mention ke twitter saya di @murniaya.
– Jika di instagram: repost foto banner di atas yang sudah saya upload di akun instagram saya @murniaya, lalu tinggal ikuti ketentuan di caption-nya.
5. Giveaway kali ini nggak pakai pertanyaan. Nanti pemenang akan saya pilih dengan random.
6. Untuk keperluan pendataan peserta, tuliskan di kolom komentar di bawah ini berisikan nama kamu, ID sosmed yang digunakan atau e-mail aktif, domisili, dan link share/repost yang tadi.
7. Giveaway berlangsung selama 5 hari saja, saya tunggu partisipasimu sampai tanggal 25 Mei 2017 pukul 23:59 WIB.
8. Pemenang akan saya umumkan secepatnya lewat blog, twitter, dan instagram/instastory.

Itu saja. Nggak susah kan? 😀 Kalau masih ada rules yang membingungkan, for fast response jangan sungkan tanya langsung ke saya lewat mention/DM di twitter atau instagram.

Saya tunggu banget keikutsertaan kamu, ya. Ingat, giveaway-nya berlangsung selama 5 hari saja, jadi pastikan kalau kamu nggak ketinggalan.

Nah, tunggu apa lagi? Jangan lupa berdoa yang banyak. Selamat ikutan dan good luck! 😉

Advertisements

40 thoughts on “[BlogTour] Man’s Defender (Distinguished Trilogy #1) by Maisie Junardy & Donna Widjajanto | Review, Giveaway

  1. Wah jadi pingin ikutan, tapi…. 😦

    Like

  2. Rimadian Ulfa Y.

    Nama: Rimadian Ulfa Y.
    Twitter: @AdinRim
    e-mail: rulfayusfia[at]gmail[dot]com
    Domisili: Temanggung, Jateng
    Link share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/866276011565961217

    Like

  3. Nama: Alfath
    Akun sosmed: twitter (@alfari_12)
    Link share: https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/866277645322829826
    Domisili: Sidoarjo Jawa timur
    Wish me luck ^^

    Like

  4. Insan Gumelar Ciptaning Gusti

    nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    ID twitter: @san_fairydevil
    domisili: Surakarta
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/866352345025716224

    Like

  5. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    email: kikiryeo@gmail.com
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=1331594196960927&id=100003310779635&refid=17&ref=page_internal&_rdr

    Like

  6. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    email: kikiryeo@gmail.com
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=1331594196960927&id=100003310779635&refid=17&ref=page_internal&_rdr

    Like

  7. Nama: Desita Wahyuningtias
    ID twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/866429952429707264

    Like

  8. Nama : Dety Suhaeti Mutiara
    Twitter : @detymutiara_
    Domisili : Bekasi
    Link share : https://twitter.com/detymutiara_/status/866440937697824768

    Like

  9. nama: emma
    twitter: @emmanoer22
    domisili: rengat, riau
    link share: https://mobile.twitter.com/EmmaNoer22/status/866449297889304576?p=v

    Like

  10. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/866493457870635009

    Like

  11. Bety Kusumawardhani

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/866502342358609920?p=v

    Like

  12. Hamdatun Nupus

    Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/866515550586810369
    Domisili : Depok, Jawabarat

    Wish me luck ({})

    Like

  13. Elsita F. Mokodompit

    Elsita F. Mokodompit
    Twitter @sitasiska95 https://twitter.com/sitasiska95/status/866516299744133121
    Morowali, Sulawesi Tengah

    Like

  14. Tary Wilujeng

    Tary Wilujeng
    twitter : @taryhirata | email : newbleizher@gmail.com
    domisili : Malang
    link share : https://twitter.com/taryhirata/status/866547523971801088

    Like

  15. Veronika septi rahayu

    Nama: Veronika Septi Rahayu
    Twitter: @ayu_vero29
    E-mail: ayu.veronika@gmail.com
    Domisili: Yogyakarta
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/866554036010471425

    Like

  16. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/866556991438675968

    Wish me luck 😉

    Like

  17. Nama : Annisa Rizki Sakih
    Twitter : @annisakih
    Domisli : Batam, Kepulauan Riau
    Link share : https://twitter.com/Annisakih/status/866557247618297856

    Like

  18. Nama : Egi sasmita
    IG : Egiisas07_
    Domisili : Langkat, sumatra utara
    link share : https://www.instagram.com/p/BUY0lXDDqiy/

    Like

  19. Nama : Tina Alfiani
    Twitter : @AfianiTina Domisili : Cirebon, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/AfianiTina/status/866574787639861249

    Like

  20. Nama: Kanaya Novivian Tabitha Angel
    Twitter: @Kanaya_Naya18
    e-mail: Kanayanovivian18@gmail.com
    Domisili: Sleman, Yogyakarta
    Link share: https://twitter.com/Kanaya_Naya18/status/866653416331763712

    Like

  21. Nama : alya trihartina
    Twitter : @alyahartina_08
    Link share :https://twitter.com/AlyaHartina_08/status/866655507825647620
    domisili : Sukabumi, jawa barat
    Email : alyaaakmalujen523@gmail.com

    Like

  22. Nadya Mutiara

    Nama: Nadya Mutiara
    Twitter: @nbmutiara
    Link Share:https://twitter.com/nbmutiara/status/866663565444341760
    Domisili: Tasikmalaya, Jawa Barat
    Email: nadyabm55@gmail.com

    Like

  23. Nama: Catrin Braja
    Twitter: @amberrcat
    Email: cat.braja@gmail.com
    Domisili: Semarang
    Link share:Lihat Tweet @Amberrcat: https://twitter.com/Amberrcat/status/866906819968368640?s=09

    Like

  24. Nama: muhammad alif
    Twitter: @ardhichok
    Email: alifardhi12@gmail.com
    Domisili: wonogiri
    Link share: https://twitter.com/ardhifajasa/status/866986337483620353

    Like

  25. Nama: Sulistya
    Id instagram: @pt_ty
    Kota domisili: Singaraja, Bali.
    Link share: https://www.instagram.com/p/BUc4BPIFMdl/

    Like

  26. nama : Cinta
    ig : @cntaa.y
    email : cintayusangka22@gmail.com
    domisili : Kendal
    link : https://www.instagram.com/p/BUdTfUXjEZk/?taken-by=cntaa.y

    Like

  27. Nama : Fera Lestari
    Twitter : @feralestari95
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/feralestari95/status/866976491254423553?s=09

    Like

  28. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Email: riinafitrii68@gmail.com
    Domisili: Banda Aceh
    Link Share:

    Like

  29. Isro'in Tri Masruroh

    Nama : Isro’in Tri Masruroh
    Twitter : @isro_in
    Email : isroinmasruroh@gmail.com
    Domisili : Tulungagung, Jatim
    Link Share : https://mobile.twitter.com/isro_in/status/867577336862052353?p=v

    Like

  30. Nama: Salsabila Shafa Rahma
    Twitter: salsashf
    Domisili: Bogor
    Link Share: https://twitter.com/salsashf/status/867584892221014048

    Like

  31. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link share:

    Like

  32. Nama: Ise Andriyani
    Twitter: @aseu_wise
    Domisili: Bandung
    Links Share : https://twitter.com/aseu_wise/status/867603129570705408

    Like

  33. Nama : Amalia
    Instagram : @ailamaa__
    Domisili : Ciamis, Jawa Barat
    Link share : https://www.instagram.com/p/BUg4HTJjs2s/

    Like

  34. Nama: Zindy Regita Wulandari
    ID: @zindyre
    email: zindyregita@gmail.com
    Domisili: Makassar, Sulawesi Selatan
    Link: https://twitter.com/zindyre/status/867715648583028737

    Like

  35. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/867669487713001472

    Like

  36. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Domisili: Banda Aceh
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/867724481409581056

    Like

  37. nama : Riza Putri Cahyani
    twitter : @Zhaa_Riza23
    email : rizaputricahyani@gmail.com
    domisili : bogor
    link : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/867736869777178624

    Like

  38. Nama : Aminatuzzahra
    Ig : Aminatuzzahra255
    Email : aminatuzzahra255@gmail.com
    Domisili : Bogor
    Link :https://www.instagram.com/p/BUhJG7Wjrop/

    Like

  39. Nama: Leny
    Twitter: @Lynlainy17
    Link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/867799084119228417?p=v
    Domisili: Rantau, Kalsel
    Email: lynnlenie7@gmail.com

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s