[DIY Bookish] Membuat Pembatas Buku Sederhana dari Kertas Bekas

Hello! Welcome back. πŸ€—

Seperti yang kalian lihat di judul, kali ini saya nggak posting review buku melainkan DIY (do it yourself) cara membuat pembatas buku. Sekali-sekali posting selain resensi buku nggak apa-apa, kan? Apalagi ini masih terkait bookish things alias benda yang berhubungan dengan buku. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kamu yang sering kehilangan pembatas buku. 😊

Sebenarnya sudah lama saya mau posting tentang ini, bahkan foto langkah-langkahnya sudah tersimpan di galeri, tapi entah kenapa nggak jadi melulu. πŸ˜‚ Lalu semalam saya iseng upload foto berisi koleksi bookmark sederhana buatan saya di twitter dan ternyata beberapa orang suka dan bilang itu kreatif hehehe. Makasih lho, saya baru tahu kalau itu termasuk kreatif, padahal bikinnya asal jadi aja yang penting bisa dipakai. 😬

Kalau ditanya soal ide awalnya dari mana? Saya agak lupa kenapa. Kalau nggak salah nih karena lagi sebel gara-gara pembatas asli dari novel yang dipinjam temanku dihilangin oleh dia. Jadi, dulu saya iseng motong-motongin brosur universitas, lipat-lipat dan kasih lem. Eh, ternyata cocok kalau jadi bookmark. Ya dari situ deh jadi keterusan suka bikin. 😁

Pada dasarnya apa saja bisa kalian pakai sebagai bookmark demi menghalangi keinginan untuk melipat kertas pada buku sebagai batas bacaan. Misalnya dengan struk belanja, uang kertas, post-it, voucher bekas pulsa/kuota, bekas kepingan kartu perdana, bahkan ada yang pakai pipet bekas saat darurat. πŸ˜… Tapi khusus di post kali ini saya mau kasih tahu cara membuat sesuatu yang memang diperuntukan sebagai bookmark.

Ya udah, langsung mulai aja yuk persiapannya. Kalau kamu mau coba bikin sendiri juga bisa kok. Caranya mudah sekali. Tinggal siapkan dan ikuti apa saja yang saya sebutkan di bawah ini.

Bahan-bahan:

1. Kertas yang tebal dan/atau berpermukaan licin. Kalau yang ini bisa macem-macem sumbernya. Asalkan jangan pakai kertas dari buku tulis atau HVS karena itu ketipisan dan mudah rusak. Kertas tebal misalnya kalender bekas berbahan karton, kaver buku tulis bekas, kertas kambing, bekasΒ undangan pernikahan, dsb. Kalau kertas licin itu seperti brosur bekas, kalender bekas hadiah dari toko emas, dsb.

2. Gunting dan/atau penggaris. Kalau gunting saya gunakan untuk memotong kertas yang tebal. Kalau penggaris untuk kertas tipis seperti brosur.

3. Lem. Ini seadanya saja kalian punya lem apa. Lem kertas, isolatip bening, atau double tape. Silakan pilih salah satu.

(Sebelumnya, saya minta maaf jika foto-foto di bawah ini kurang jelas. Harap maklum karena ini saya foto sendiri, nggak ada yang bantuin hehe)

Cara membuat:

1. Siapkan bahan utamanya yaitu kertas bekas. Di foto ini saya pakai brosur dari produk Moorlife (eits, bukan endorse ya).

2. Lipat kertas menjadi beberapa bagian. Tergantung seberapa besar kertas yang kalian punya dan ingin membuat bookmark dengan ukuran bagaimana. Kalau kertas brosur ini saya bagi jadi 2 saja, jadi tinggal dilipat 2.

3. Setelah dilipat dan mendapat garis lurusnya, gunting kertasnya mengikuti garis lipatan tadi. Kalau mau lebih cepat, bisa dirobek dengan bantuan penggaris.

4. Setelah digunting menjadi 2, lipat lagi menjadi 3 bagian, jadi segitiga seperti contoh di gambar. Karena ini kertas brosur, lebih baik dilipat 3 supaya jadi agak tebal. Note: kalau kamu pakai kertas tebal seperti kalender dari karton, kaver buku tulis bekas, kertas kambing undangan, dsb itu cukup lipat 2 saja.

5. Di gambar ini saya pakai double tape sebagai perekat. Jadi saya potong kecil jadi 5 dadu untuk 1 buah bookmark. Kalau pakai lem kertas, tinggal oleskan saja di sekeliling kertasnya di bagian dalam.

6. Tempel potongan-potongan double tape tadi di titik-titik yang perlu saja. Tidak perlu sepanjang pinggiran itu ditempeli semua. Boros lem.Β πŸ˜…

7. Buka lapisan pelindungΒ double tape tadi, kemudian satukan lipatannya. Kalau pakai isolatip, lipat dulu seperti ini, baru pinggirannya dibalut isolatip.

Taraaaa~ selesai deh. Iya, cuma begitu caranya. Mudah, bukan? 😊 Kalau dari kertas brosur hasilnya bisa warna-warni seperti ini tergantung desain, terserah kalian mau gambar yang mana yang jadi bagian luar saat melipatnya. Jika kalian ingin berkreasi lagi supaya lebih bagus, silakan desain lagi sesukanya. Bisa juga kalian lukis jika kertas yang kalian gunakan itu polos.

Karena saat itu saya punya 8 lembar brosur Moorlife, saya bisa menghasilkan total 16 buah bookmark. Ya kan tadi 1 lembarnya saya bagi 2, betul? Lumayan kan bisa digunakan untuk buku-buku yang nggak dikasih bookmark dari sananya atau pengganti bookmark yang sudah hilang. 😁


Ada banyak cara untuk membuat bookmark. Kalau yang saya buat ini kan standar, cuma diselipkan di dalam bukunya. Jika kamu googling, pasti dapat tutorialnya juga banyak. Salah satu yang mencuri perhatian saya dan cukup mudah dibuat yaitu bookmark berbentuk hati yang disematkan di sudut halaman. Bagusnya kalau pakai kertas kado. Kapan-kapan saya juga mau coba bikin yang itu ah, hehehe.

Sekian tutorial dari saya. Apabila ada yang kurang jelas, saya mohon maaf. Sebenarnya lebih enak kalau dijelasin pakai video tapi ya sudah lah, seadanya saja.Β πŸ˜…

Silakan tulis di kolom komentar atau colek saya di twitter & instagram @murniaya jika ada pertanyaan atau langkah-langkah yang masih membingungkan untuk kalian.

Oh ya, jangan lupa share post ini di sosial media kalian di mana saja jika menurut kalian ini bermanfaat untuk teman-teman yang lain. Terima kasih.

Last words, selamat mencoba! πŸ˜‰

One thought on “[DIY Bookish] Membuat Pembatas Buku Sederhana dari Kertas Bekas

  1. kalau pengen menandai beberapa halaman ada kata-kata yang berkesan pakai apa? pakai bookmark tebal juga kah atau yang tipis2? karena kan kalau pengen nandain bisa banyak πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

