[BlogTour] Aster untuk Gayatri by Irfan Rizky | Review, Giveaway

Judul: Aster untuk Gayatri
Penulis: Irfan Rizky
Penerbit: Mazaya Publishing House
Editor: Tiara Purnamasari
Layout: Tiara Purnamasari
Desain Sampul: @megapuspitap
Cetakan: Pertama
Terbitan: April 2017
Tebal: 160 Halaman
ISBN: 978-602-6362-35-3
Genre: Romance

BLURB

Telah kularungkan
Kepada Gayatri
Tiap-tiap kesedihan
Jua
Perih-pedih
Masa lampau

Dan telah kuwariskan
Kepada Giran
Cerita-cerita luka
Tentang rindu
Yang
Dipandanginya lama-lama

Pun telah kuhidangkan
Kepada kamu
Seorang
Kisah-kisah tentang
Apa-apa
Yang harusnya
ada
Dan apa-apa
Yang mestinya
Tiada

REVIEW

Gayatri tak mengerti mengapa hal-hal menyakitkan kerap terjadi di dalam hidupnya. Ketika nasi tak bisa dikunyahnya, ketika bacaan salat tak dapat dimengertinya, ketika darah pertama pecah di kemaluannya. — (hlm.5)

Gayatri adalah wanita berusia 28 tahun dan bekerja menjadi dosen di sebuah universitas. Salah satu mahasiswanya yaitu Giran. Mereka berdua memang saling suka, apalagi Giran kerap memberi bunga aster untuk Gayatri seorang. Giran punya seorang sahabat dekat bernama Rustam di mana mereka mempunya selera humor di frekuensi yang sama sehingga tak pernah mudah tersinggung dengan celaan apa pun. Giran dan Ristam pun kerja di tempat yang sama yaitu di sebuah perpustakaan.

Bagi Giran, hujan adalah bajingan yang paling pandai menghidupkan kenangan. Yang paling pandai mengobarkan memoar, mengulik cerita. Sebab dulu, dulu sekali, pernah tercium bau tanah basah dibasuh hujan yang sama, di kampungnya yang jauh, jauh sekali. — (hlm.79)

Sementara itu, Gayatri hidup tak lagi bersama orangtua kandungnya. Ia kini tinggal bersama paman dan bibinya yakni Apak Bahar dan Mande Zaidar. Gayatri sangat menyayangi Mande Bahar, begitu pun sebaliknya. Tetapi, lain halnya dengan Apak Bahar yang kerap berkata dan bersikap kasar kepada istri dan kemenakannya itu. Belum lagi Apak Bahar suka minum dan berjudi.

Pada suatu hari, Apak Bahar ingin mengenalkan Gayatri pada seorang temannya dengan maksud ingin menjodohkan mereka berdua. Gayatri disuruh menemui dan menunggu Nila–nama lelaki itu–namun ternyata Nila tak datang tepat waktu. Beruntung saat itu Gayatri bertemu dengan Giran dan dapat menghindar saat Nila ingin membawanya menemui segerombolan teman-temannya yang sejak tadi menatap Gayatri seperti menemukan es kelapa muda di tengah hari puasa. Ada yang tak beres dengan Nila, pikir Gayatri.

Sialnya, ketika sampai di rumah, Gayatri dimarahi oleh Apak Bahar setelah ia mendapat telepon–diperkirakan dari Nila–yang melaporkan soal pertemuan mereka tadi. Apak Bahar marah besar jika benar Gayatri dan Giran ada main hati karena itu akan mengacaukan rencana perjodohan Gayatri dengan Nila. Menurut Apak Bahar, Nila adalah orang yang tepat yang dapat menerima keadaan Gayatri beserta masa lalunya. Mande Zaidar pun tak dapat membantu banyak selain menuruti kehendak suaminya terhadap kemenakan yang telah ia anggap seperti anaknya sendiri itu.

Ada apa dengan masa lalu Gayatri? Mana yang selanjutnya akan dilakukan Gayatri, tetap bersama Giran atau justru menuruti perjodohan dengan Nila yang dirancang oleh Apak Bahar?

LET’S PEEL IT…

Sebuah cerita yang dituturkan dengan apik. Penulis sebagai pengamat di sini menumpahkan kalimat dan kosa kata yang hampir mirip seorang pujangga penyair. Padahal kalau untuk konflik yang dipilih penulis cukup sederhana dan bukan lagi hal baru. Tetapi gaya bahasa yang digunakan oleh si penulis ini berbeda dari cerita roman kebanyakan. Dibanding menikmati konfliknya, saya justru lebih menikmati permainan kata yang penulis racik dengan baik meski semuanya menggunakan bahasa yang baku.

Saat membaca buku ini, saya merasa seperti masih miskin kosa kata karena saya menemukan beberapa kata yang agaknya masih asing di telinga dan jarang ditemui di buku fiksi kebanyakan. Salah satu kata yang paling sering ditemui di buku adalah “alahai”, sebuah kata yang mungkin lebih familiar jika disandingkan dengan saudaranya “aduh”. Perumpamaan serta majas apalah-apalah yang digunakan juga terasa sangat pas.

Sebagian kecil dialog di sini menggunakan Bahasa Minang karena Apak dan Mande memang orang asli Minang. Sangat tertolong dengan catatan kaki yang tak luput menjelaskan apa saja yang tak lazim dikenal oleh orang non Minang. Seketika saya seperti sedang membaca karya fiksi Siti Nurbaya, apalagi ini juga menyangkut perjodohan Gayatri terhadap lelaki yang tak diinginkannya. Perasaan itu hanya sekilas, didukung oleh gaya bahasa si penulis bagai fiksi roman tahun baheula, namun tentu saja sebagian besar jalan ceritanya berbeda.

Satu hal yang agak saya sayangkan dari cerita di buku ini, yaitu penulis tidak menyebutkan secara spesifik nama tempat yang dimaksud di cerita. Misalnya Gayatri mengajar di universitas mana dan di bidang apa? Giran bekerja di perpustakaan apa dan seperti apa? Gayatri kerja sebagai guru apa setelah ia pindah? Meski ini hanya hal kecil, namun bagi saya jadi agak mengganggu karena detil yang hilang ini menimbulkan tanya di sepanjang saya membaca kisah tokohnya.

Buku ini memang tidak sampai 200 halaman, kisahnya singkat tetapi tutur bahasanya sangat enak dibaca. Di awal bab baru pun selalu ada syair atau puisi singkat yang disisipkan. Saya rasa buku ini akan memberi sensasi tersendiri saat kamu membacanya. 🙂

Favorite Quotes

Agar jatuh cinta sedikit demi sedikit saja, karena siapa yang pernah tahu sakitnya seperti apa jika tergesa-gesa memberi segala? — (hlm.13)

Mengapa dirinya sampai hati jatuh cinta pada pedih luka seseorang? — (hlm.19)

Karena, bukankah jatuh cinta pada cinta itu sendiri adalah sesantun-santunnya cinta? — (hlm.19)

Orang baik akan selalu membutuhkan orang baik lainnya. — (hlm.36)

“Aku selalu mengerti kalau tiada seorang pun yang akan memilih aster di tengah rimbun mawar. Termasuk kau.” — Gayatri (hlm.80)

“Dulu, kaulah alasannya untuk tetap hidup. Kaulah alasannya untuk tetap bertahan ketika badai kehidupan menghantamnya.” — Rustam (hlm.127)

“Jangan pernah meremehkan apa pun tindakanmu. Sekecil bagaimana pun, mungkin saja akan merubah hidup seseorang, menyelamatkan nyawa seseorang.” — Giran (hlm.156)

OVERALL RATING
★★★★☆


GIVEAWAY

Giveaway berlangsung pada 05-11 Juni 2017

Mau dapetin novel ini secara cuma-cuma? Penulis sudah menyiapkan 1 eksemplar novela Aster untuk Gayatri untuk 1 peserta yang beruntung. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

1. Punya alamat kirim di wilayah Indonesia.
2. Follow blog ini lewat akun WordPress atau via e-mail. Klik tombol follow yang ada di sidebar pojok kanan bawah.
3. Follow akun berikut ini dari sosmed yang kamu punya:
– Twitter: @mazayapublish_ @murniaya
– Instagram: @mazayapublishinghouse @murniaya
Jika mau follow penulisnya di twitter & instagram @irfansebs juga boleh, tapi tidak wajib.
4. Share info giveaway ini di sosial media punyamu, bebas di mana saja (boleh semuanya atau pilih salah satu).
– Jika di facebook: cantumkan link post ini dengan hashtag #AsteruntukGayatri.
– Jika di twitter: cantumkan link post ini dengan hashtag #AsteruntukGayatri. Jangan lupa mention ke twitter 3 akun di atas.
– Jika di instagram: repost foto banner di atas yang sudah saya upload di akun instagram saya @murniaya, lalu tinggal ikuti ketentuan di caption-nya.
5. Giveaway ini tidak ada pertanyaan. Nanti pemenangnya akan saya pilih secara random.
6. Untuk keperluan pendataan peserta, tuliskan di kolom komentar di bawah ini berisi nama kamu, ID sosmed yang digunakan atau e-mail aktif, domisili, dan link share/repost yang tadi.
7. Berhubung saya telat 1 hari mengunggah giveaway-nya, jadi deadline-nya saya undur ke tanggal 11 Juni 2017 pukul 23:59 WIB.
8. Pemenang akan saya umumkan secepatnya di twitter, instastory, dan di post ini juga.

Itu saja. Nggak susah kan? 😀 Kalau masih ada rules yang membingungkan, for fast response jangan sungkan tanya langsung ke saya lewat mention/DM di twitter atau instagram.

Nah, tunggu apa lagi? Jangan lupa berdoa yang banyak. Selamat ikutan dan good luck! 😉

UPDATE — THE WINNER

Terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah ikutan giveaway ini. Pemenang sudah saya pilih secara acak. Nama yang beruntung itu adalah…

Nama: Rohaenah
Twitter: @rohaenah1
Domisili: Jakarta

Yay! Selamat ya, Rohaenah. Untuk keperluan pengiriman hadiah, segera kirimkan data dirimu berupa nama, alamat lengkap, dan nomor telepon yang bisa dihubungi ke e-mail saya di ayamurning@gmail.com dengan subjek Pemenang Giveaway Aster untuk Gayatri. Saya tunggu e-mail konfirmasi darimu maksimal 2×24 jam. Apabila tidak ada kabar setelah batas waktu tersebut, maka saya akan pilih pemenang yang baru.

Untuk peserta lain yang belum beruntung, jangan sedih atau kecewa. Masih ada 2 kesempatan lagi buat menangin buku ini di blog selanjutnya. Bulan depan habis lebaran masih ada giveaway lagi di sini. Semoga kalian beruntung di kesempatan selanjutnya. Jangan lupa ikutan lagi, ya. Siapa tahu nanti giliranmu yang menang. Tetap semangaaattt! 😉


PS: Jika ada yang berminat ingin membeli langsung buku ini, untuk pemesanan bisa kirim SMS/WA ke nomor 085-722-025-109 atau via BBM dengan add PIN D79DCD48.

46 thoughts on “[BlogTour] Aster untuk Gayatri by Irfan Rizky | Review, Giveaway

  1. nama: devira belin
    twitter: @virscnd
    email: deviraindra@gmail.com
    domisili: semarang-jateng
    link share: https://twitter.com/Virscnd/status/871596618973192194

    Liked by 1 person

  2. […] via [BlogTour] Aster untuk Gayatri by Irfan Rizky | Review, Giveaway — PIECES OF PAPER […]

    Like

  3. nama: alif
    twitter: @ardhifajasa
    email: alifardhi12@gmail.com
    domisili: wonogiri-jateng
    link share:

    Liked by 1 person

  4. @HamdatunNupus

    Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Email : hamdatunnupus@gmail.com
    Domisili : Depok, Jawabarat
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/871622839362768896

    Wish me luck ({})

    Liked by 1 person

  5. NAMA : SITI FATIMATUS ZEHRO

    IG : @MISS.MACAH

    TWITTER : @CHOCOQUEENY

    LINK SHARE : https://mobile.twitter.com/CHOCOQUEENY/status/871634227720200193?p=v

    DOMISILI : MADURA, JAWA TIMUR

    Liked by 1 person

  6. NAMA : SITI FATIMATUS ZEHRO

    DOMISILI : MADURA, JAWA TIMUR

    IG : @MISS.MACAH

    TWITTER : @CHOCOQUEENY

    EMAIL : BANANA.CIHUY@GMAIL.COM

    LINK SHARE : https://mobile.twitter.com/CHOCOQUEENY/status/871634227720200193?p=v

    Liked by 1 person

  7. shofyan kurniawan

    Nama : Shofyan Kurniawan

    Akun Twitter : @shofyankurniawn

    Email : monkiederuffy@gmail.com

    Domisili : Surabaya

    Link Share : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1555705757833186&set=a.251870051550103.59682.100001813294233&type=3&permPage=1

    Liked by 1 person

  8. Elsita F. Mokodompit

    Elsita F. Mokodompit
    Twitter @sitasiska95 https://twitter.com/sitasiska95/status/871646918128001025
    elsitafransiska(et)gmail(dot)com
    Morowali, Sulawesi Tengah

    Liked by 1 person

  9. Nama : Jasmine Nur Ramadhani
    Twitter : @jfaanur
    Email : jasminenur.r@gmail.com
    Domisili : Jakarta Timur, DKI Jakarta
    Link Share : https://twitter.com/jfaanur/status/871637318284697602
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1373317889371921&id=100000811700321
    Thanks… 😊😊😊👍 Wish me luck

    Like

  10. Nama: Ummi Haniefa
    IG: @my.crepuscule
    Email: miyuhankamathari@gmail.com
    Domisili: Samarinda
    Link repost: https://www.instagram.com/p/BU9hmVxjT2i/

    Liked by 1 person

  11. Nama : Eka Aprilia
    Id Sosmed : instagram, wattpad, storial.co @aprilbee96
    Email : aprilbee96@gmail.com
    Domisili : Wringinanom, Gresik
    Link : https://www.instagram.com/p/BU9TtyrguJz/

    Liked by 1 person

  12. Nama: Sulistya
    Id ig: pt_ty
    Domisili: Singaraja, Bali.
    Link share: https://www.instagram.com/p/BU-d9_4l462/

    Liked by 1 person

  13. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    domisili: Serang
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/871932872541835264

    Liked by 1 person

  14. Eriz Xandrie
    @RizAnNie88
    Ayaseyis(at)gmail(dot)com
    Malang

    Liked by 1 person

  15. Bety Kusumawardhani

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Domisili: Surakarta
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/872062174427873280?p=v

    Liked by 1 person

  16. Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/872087125474390017

    Liked by 1 person

  17. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com
    Domisili : Purwakarta, Jawa Barat
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/872140843796250624?p=v

    Liked by 1 person

  18. Nama: Fasiha
    Twitter: @fasiiha
    Email: zhesui_fazz@yahoo.co.id
    Domisili: Jogja
    Link share: https://twitter.com/fasiiha/status/872162070787051521

    Liked by 1 person

  19. Fikri Firmansyah

    Nama : Fikri Firmansyah
    Twitter : @FikRancs
    Domisili : Bandung
    Link share :
    Twitter: https://twitter.com/FikRancs/status/872221498727055360
    FB: https://www.facebook.com/Fikrancs.01/posts/560057737715675

    Liked by 1 person

  20. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Domisili: Banda Aceh
    Link Share:

    Liked by 1 person

  21. mariatulrahmi

    nama: Mariatul Rahmi
    twitter: @mrtlrhmi_
    email: mariatulr.mr@gmail.com
    domisili: Barabai, Kalimantan Selatan
    link share: https://mobile.twitter.com/mrtlrhmi_/status/872353057597788161?p=v

    Liked by 1 person

  22. Nama: Rizki Wulandari (Madfia)
    ID sosmed: @BlogpostRizki (twitter) dan @rizkimadfia_bukulova (Instagram)
    E-mail: kacamataque [at] gmail [dot] com
    Domisili: Kota Jambi
    Link share/repost:
    Twitter: https://twitter.com/BlogpostRizki/status/872449770681282560
    Instagram: https://www.instagram.com/p/BVCnk_JA9ZQ/

    Liked by 1 person

  23. Dede Supriatna
    Twitter: @dhegol27
    Bogor
    Link share: https://mobile.twitter.com/dhegol27/status/872463513456746496?p=v

    Liked by 1 person

  24. Isro'in Tri Masruroh

    Nama : Isro’in Tri Masruroh
    Twitter : @isro_in
    Email : isroinmasruroh@gmail.com
    Domisili : Tulungagung, Jatim
    Link Share : https://mobile.twitter.com/isro_in/status/872467842087739392?p=v

    Liked by 1 person

  25. Nama : alya trihartina
    Ig : alya_2829
    Link share : https://www.instagram.com/p/BVCdk3Wh394/
    Email : alyaaakmalujen523@gmail.comcom
    Domisili : Sukabumi, Jawa Barat

    Like

  26. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/872649803624202240

    Liked by 1 person

  27. sandraartsense

    Nama: Sandra Hamidah
    Twitter: @Sandra_artsense
    Email: Sandra.artsense@gmail.com
    Domisili: Bandung
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/872703967918120960

    Liked by 1 person

  28. Nama: Ayu
    Ig: @keiayana
    Email: empty.ayanakei@gmail.com
    Domisili: Jember, Jawa Timur
    Link: https://www.instagram.com/p/BVDWK7oFvHL/

    Liked by 1 person

  29. Nama : Nur Azizah
    Twitter : @azizah_0271
    Domisili : indramayu
    Link share : https://twitter.com/azizah_0271/status/872759461542191104

    Liked by 1 person

  30. Dwi Khoiriyah

    Nama: Dwi Khoiriyah
    Instagram: @ms.ketjeh
    Domisili: Jakarta Utara, DKI Jakarta
    Link: https://www.instagram.com/p/BVFUPjkjO-2/
    Email: dwi.kh02@gmail.com

    Liked by 1 person

  31. Nama: Lenny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Email: lynnlenie7@gmail.com
    Domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    Link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/872845566165753856

    Liked by 1 person

  32. Nama: Tesya Savika
    Akun Twitter: @ChacaSavikaa
    Email: tesyasavikamurlita24@gmail.com
    Domisili: Bandar Lampung, Lampung
    Link Share: https://mobile.twitter.com/ChacaSavikaa/status/872858261929644032?p=v

    Liked by 1 person

  33. nama: Hani Kartika
    twitter: @haniktsr
    email: hannikartikaa@gmail.com
    domisili: sragen, jawa tengah
    link share: https://twitter.com/haniktsr/status/873113537152811008

    Liked by 1 person

  34. Avi Atmalistya P

    nama: Avi Atmalistya P
    twitter: @PAtmalistya
    email: aviatmalis@gmail.com
    domisili: sragen-jateng
    link share: https://mobile.twitter.com/PAtmalistya/status/873363182919733248

    Liked by 1 person

  35. Nama: Rini
    Ig: september.putri
    Domisili: Jatim
    Link Share: https://www.instagram.com/p/BVJYQ87AY1J/

    Liked by 1 person

  36. Melati Setiyaning Prakerti

    Nama :Melati setiyaning P
    twitter : @melatist
    domisli : Pemalang-Jateng
    link share : https://mobile.twitter.com/melatist/status/873513727026380800?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4939444030

    Like

  37. Nama : Indri Dwi
    Twitter : @indridwi_
    Domisili : Situbondo, Jawa Timur
    Link share : https://twitter.com/indridwi_/status/873543130494058496

    Like

  38. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Domisili: Banda Aceh
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/873561618587697153

    Like

  39. Rini Cipta Rahayu
    Twitter @rinicipta/
    rinspiration95@gmail.com
    Karangasem, Bali

    Like

  40. Nama: Fuada Nisaa’
    Akun IG: @fuanisaa_
    Domisili: Bandung
    Link share: https://www.instagram.com/p/BVLaudyA3yN/

    Like

  41. nama : rizky tria o.
    twitter : @Anaao98 / rizkytria98@gmail.com
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    link share : https://twitter.com/Anaao98/status/873744103724339200

    Like

  42. Veronika septi rahayu

    Nama: Veronika Septi Rahayu
    Twitter: @ayu_vero29
    E-mail: ayu.veronika@gmail.com
    Domisili: Sleman Yogyakarta
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/873887877914021890

    Like

  43. Nama : Rosyi Munawar
    Instagram : @rosyimunawar
    Email : rosyimunawar@gmail.com
    Domisili : Cianjur, Jawa Barat Indonesia
    Link share : https://www.instagram.com/p/BVM6jRujwmo/

    Like

Leave a comment