[BlogTour] Bad Romance by Equita Millianda | Review, Giveaway

p_20161227_172422_1-980x583_1

Judul: Bad Romance
Penulis: Equita Millianda
Penerbit: Pastel Books
Ilustrasi sampul: Margaretta Devi
Penyunting naskah: Moemoe dan Irawati Subrata
Penyunting ilustrasi: Kulniya Sally
Desain sampul dan isi: Kulniya Sally
Proofreader: Hetty Dimayanti
Layout sampul dan isi: Tim Redaksi dan Deni Sopian
Cetakan: Pertama
Terbitan: Bandung, 2016
Tebal: 376 Halaman
ISBN: 978-602-0851-66-2
Genre: Teenlit, Romance

BLURB

Nathaniel Adriano Wirasetya adalah seorang cowok yang hobi banget bikin rusuh senatereo sekolah. Mulai dari hal sepele kayak telat, bikin kerusuhan, sampai tawuran. Parah? Banget. Tapi statusnya sebagai cucu pemilik yayasan seolah bikin semua peraturan menguap gitu ajakalau udah menyangkut nama Nathan. Katya jengah dengan kelakuan sok berkuasa dan sok gantengnya Nathan. Sampai akhirnya Katya berani melawan, tapi justru malah membuat Nathan semakin menjadi-jadi. Sampai pada suatu hari, hari di mana mereka membuat perjanjian paling laknat sepanjang masa. Dan semuanya berawal dari sana.


“Sumpah ini novel the best ever, ngakak banget, romantis banget … aaah author-nya gesrek abisss.” — @JessyMirra

“Yesss, udah 9 kali, sama ini, jadi 10 kali deh, gue baca Bad Romance. Entah kenapa gue gak pernah bosen baca ni cerita, ceritanya menarik & seru!” — @nstynKirana

REVIEW

Kalau ada orang yang bisa Katya bunuh di dunia ini, nama pertama yang akan dia buru pasti adalah Nathan. Katya paling nggak tahan dengan kelakuan Nathan yang seenak jidatnya tanpa meduliin orang lain bakal tersakiti atau nggak. Nathan hanya peduli dengan kepuasannya sendiri mentang-mentang dia itu cucu dari yang punya yayasan di sekolahnya.

Bagi Katya, Nathan itu satu dari sekian orang yang nggak punya otak. Enggak mikir, bahwa apa yang dia lakukan selama ini buang-buang uang orangtua. Enggak mikir, bahwa perbuatannya bodoh, dan apa yang dia perbuat itu mungkin aja nyakitin orang-orang. — (hlm. 26)

Sampai suatu hari Nathan lagi malakin anak SMP yang digagalkan oleh Katya. Hal itu benar-benar bikin Nathan kesal karena cewek itu suka sekali ikut campur urusannya. Lalu muncul ide dari salah satu teman Nathan yang menyarankan untuk membuat tantangan pada Katya: nantangin pacaran, tapi bagi yang mutusin duluan nanti bakal kalah dan kena hukuman sesuai keinginan si pemenang. Tanpa ba-bi-bu lagi, Nathan langsung nemuin Katya dan nawarin tantangan itu. Katya nggak mau dong, tapi kalau langsung nolak maka dia langsung dinyatakan kalah dan harus jadi babunya Nathan. Ya, akhirnya terpaksa lah Katya terima jadi pacar Nathan meski jijiknya minta ampun.

“Astaga, gue nggak tahu lagi yang mana yang lebih laknat. Jadi pacarnya, atau jadi pembantunya?” — Katya (hlm. 14)

Bisa kalian tebak kan selanjutnya kayak gimana? Ya, mereka jadinya ke mana-mana serba bareng, serba diantar dan dijemput sama Nathan. Tentunya ini bikin gempar di sekolah karena selama ini udah sangat dikenal kalau Katya itu musuh besarnya Nathan. Katya tuh benci banget sama Nathan. Nah, kok bisa tiba-tiba pacaran? Kan aneh banget di mata kebanyakan orang. Hal ini juga nggak luput dari pantauan Kiara yang merasa kalau hanya dirinya yang berhak memiliki Nathan, bukan cewek biasa macem Katya. Kalau Katya sih menjalaninya secara terpaksa ya, tapi nggak tahu deh Nathan-nya gimana. Kayaknya sih dia sangat menikmati kesempatan itu. 😛

“Cinta bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Mau lo ngelakuin apa juga, kalau hatinya udah kecantol di tempat lain mah ya, mana bisa.” — Kiara (hlm. 167)

Namun, semua kebencian itu seolah mulai luput dari diri Katya ketika suatu hari Nathan dengan rela mengorbankan dirinya tersakiti secara fisik demi keselamatan Katya saat tawuran. Apakah Katya mulai luluh dengan segala kebaikan Nathan dan mulai bisa menerima kehadirannya sebagai pacar? Rahasia apa saja yang berhasil Katya dapatkan dari kehidupan Nathan yang selama ini disembunyikan dengan sangat rapat? Mampukah Katya membantu Nathan keluar dari semua kegelapan itu?

Katya lagi-lagi terdiam. Kini, dia mengerti mengapa Nathan menjadi pribadi yang begitu menyebalkan, egois, dan tidak memikirkan perasaan orang lain. Semuanya karena keluarganya. Dia membuat onar bukan karena nakal, tapi semata-mata ingin mendapatkan perhatian orang. Dia bersikap sok berkuasa, bukan karena sombong. Tapi, hanya ingin didengarkan. Dia bersikap egois bukan karena kekanakan, tapi sekedar ingin mendapatkan apa yang dia mau. Mungkin selama ini, dia tidak pernah mendapatkan semua itu. — (hlm. 70)

LET’S PEEL IT…

Saat ditawari untuk jadi host blog tour novel ini, saya nggak punya bayangan apa pun tentang isi bukunya. Cuma tahu kalau ini berawal dari wattpad dan udah dibaca hampir 6 juta kali di sana. Satu keyakinan saya adalah setidaknya buku ini nggak akan ngecewain saya karena kalau dia punya banyak penggemar sampai sudah 6 juta kali itu ya berarti dia emang bagus kan? Maklum lah, saya bukan penggemar atau penguntit cerita di wattpad and because I had not enough time to read and waiting for the next chapter of some unfinished stories. Saya orangnya nggak sabaran sih hehehe. Mending nunggu yang udah jadi dalam bentuk buku aja. 🙂

Cover

I’ve seen many cuter covers but this is also good, not bad lah ya. Ilustrasi cowok-cewek di kavernya itu memang persis seperti Nathan dan Katya di novel ini. Di situ seolah Katya lagi kesel sama Nathan dan mau ngejitak dari belakang tapi Nathan malah cuek aja tetep jalan ke depan sambil melet-melet ke Katya. Aw!

Tema

Klise sih, benci jadi cinta antara cowok dan cewek di masa SMA. Tapi saya mau ngacungin jempol untuk ide awal di mana segala sesuatunya bermula. Perjanjian laknat yang paling absurd sekaligus brilliant yang pernah saya temui: nantangin musuh buat jadi pacar, tapi bagi yang mutusin duluan maka dia yang kalah dan akan dapat hukuman, dan kalau nggak mau terima tantangan tersebut maka dia yang langsung kalah. Hahaha ini nantangin atau pemaksaan ya? Emang gesrek kan?! 😄

“Heh, denger ya, cinta itu bukan mainan. Awas lo, mau taruhan, tapi entar beneran pengin pacaran.” — Agatha (hlm. 76)

Tokoh & Penokohan

  • Nathan – Orang yang merasa sangat berkuasa dan suka berbuat seenaknya. School is his kingdom. Cakepnya bukan maen, bisa bikin cewek-cewek satu sekolahan (kecuali satu orang) pada klepek-klepek cuma ngelihat dia lewat doang. Dia bisa ngehajar siapa pun tapi dia malah nggak berkutik pada satu orang. Dia nggak mampu ngelawan kalau sudah berurusan sama orang yang satu itu. Tapi dibalik semua ketangguhan itu, Nathan adalah sosok yang sangat rapuh dan mempunyai masa lalu yang nggak enak banget untuk dikenang.
  • Katya – Cewek yang satu ini bisa dibilang tangguh sih. Katya tuh cewek, tapi berani ngelawan Nathan saat sindrom kepremanan Nathan kumat lagi. Katya tuh cewek, tapi nggak terpengaruh sama sekali oleh ketampanan Nathan dengan hidung mancungnya yang udah kayak busur cinta. Katya tuh cewek, tapi bisa membuat Nathan jadi keder sendiri kalau Katya udah nantang balik. The power of being a girl kali ya.
  • Kai – Cemcemannya Katya di sekolah yang selalu ia bandingkan dengan Nathan. Kalau Nathan itu bernilai nol, maka Kai udah pasti bernilai seratus di mata Katya. Kai itu serba sempurna, seperti tidak ada celah buruk di mata Katya. Ganteng maksimal, pintar, nggak bandel, nggak ngerokok, baik, gentle, perhatian, apalagi Kai juga murid yang rajin dan anggota OSIS. Kurang apa lagi coba? Kai is a very lovely boy. Sikapnya manis banget ke Katya. Apa jangan-jangan secara diam-diam Kai ini naksir juga sama Katya atau gimana sih? By the way, berhubung namanya adalah Kai, imaginary cast yang langsung muncul di kepala saya tentunya EXO’s Kai. Apa memang inspirasinya dari sana? 😀
  • Eriska – Sahabat sekelasnya Katya yang selalu jadi tempat curhat dan mengeluh soal apa pun. Eriska adalah salah satu cewek yang jadi korban ketampanan Nathan. Maksudnya, dia itu juga mengagumi Nathan, tapi nggak termasuk groupies-nya Nathan kayak dedek-dedek gemez yang lainnya. Kadang ngerasa kasihan juga sih sama Eriska ini sering jadi kamcong alias kambing congek di antara Katya dan Nathan. Untungnya Eriska udah punya pacar, jadi nasibnya nggak miris-miris amat.
  • Kiara – Hm, bingung juga sih sebenarnya apa statusnya Kiara ini bagi Nathan. Kalau dibilang mantan, mereka nggak pernah pacaran tuh, tapi lagaknya dulu kayak TTM-an. Kiara itu cantik, tenar, ada darah bulenya juga, dia pun punya gank yang hobi ngegosip. Kiara adalah pemeran antagonis di cerita ini, namun sayangnya saya nggak merasakan peran besar dari kejahatan Kiara terhadap hubungan Nathan dan Katya. Antagonisnya nggak maksimal. Masih kurang ‘nendang’ hehehe.
  • Agatha – Kakak sekaligus saudara Katya satu-satunya. Orang yang saat ini paling disayang oleh Katya karena mereka memang hanya tinggal berdua di Bandung. Katya sengaja memilih ikut tinggal bersama Agatha daripada dengan orangtuanya di Jakarta saat Agatha mulai kuliah di Bandung. Agatha itu terkadang overprotective terhadap Katya karena Katya sangat sensitive terhadap udara dingin. Agatha juga sangat menyayangi adiknya itu. Dia akan lakukan apa pun demi keselamatan Katya, termasuk mempertaruhkan nyawanya.
  • Dio – Sepupu Nathan yang sangat peduli terhadap masalah Nathan dan Katya. Sikapnya sangat dewasa sesuai dengan usianya yang telah mencapai 22 tahun. Ngemong banget deh Dio ini. I thought he’s gonna be disappear just like an unimportant person in another story, eh ternyata nggak lho ya. Perannya ini besar juga di kehidupan Nathan dan Katya. Kalau Katya udah sama Nathan, saya mau deh sama Dio. 😛
  • Aura – Okay, then I know who is the real antagonist role here. Yes, she is. Aura ini berusaha jadi penghancur hubungan orang tanpa harus menyentuh targetnya. Tuh, licik banget kan. Tapi saya kira dia bisa berbuat lebih kejam dari yang sudah ada, supaya lebih greget. Tapi yang ini pun sebenarnya udah seru kok dengan keseluruhan konfliknya.

Konflik

Novel ini termasuk buku yang cukup tebal untuk bacaan remaja. Tapi harus saya akui cara penulis mengolah konfliknya sungguh apik dan seru. Sangat mampu memainkan emosi pembaca sehingga tidak sehalaman pun yang membuat saya bosan mengikuti kisah Nathan dan Katya. Baca Bad Romance seperti naik rollercoster dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Ada cinta, ada persahabatan, dan ada problema keluarga yang mewarnai kisah mereka. Konten yang ada pun semuanya sesuai dengan porsi remaja. Nggak heran deh kalau cerita ini sampe dibaca 6 juta kali di wattpad. Layak banget di-publish menjadi buku. 🙂

“… lo harus berhenti nutup diri, Nath. Lo nggak bisa terus senyum dan ketawa-ketawa, sedangkan di dalam lo tuh rapuh, rusak, hancur secara perlahan. Senyum mungkin bisa memperbaiki perasaan lo, mengurangi rasa sakit di hati dan jiwa lo, walaupun senyum nggak bisa nyembuhin luka itu. Kenapa lo nggak ngebiarin seorang pun membantu?” — Katya (hlm. 70)

“Buka jalan itu, Nath. Biarin orang-orang masuk dan mencoba membantu, paling nggak nemenin lo sampe lo perlahan-lahan sembuh. Buka jalannya pelan-pelan, enggak perlu lebar-lebar. Lo tahu kan, penderitaan yang dibagi itu rasanya lebih ringan?” — Katya (hlm. 72)

Chemistry

Penulis dengan cerdik membuat hubungan benci-jadi-cinta antara Nathan dan Katya menjadi lebih kuat terjalin dengan berbagai macam kejadian yang mereka lewati bersama. Pelan tapi pasti, kesel tapi sayang, sok nggak peduli tapi aslinya dipikirin terus, ngomong benci tapi sebenernya dagdigdugser. Nggak hanya chemistry antara Nathan dan Katya saja yang penulis bangun di sini. Antara Katya-Agatha, Katya-Eriska, Katya-Dio juga dieksekusi dengan baik. Saya jadi ngiri banget sama Katya yang punya kakak penuh perhatian kayak Agatha.

Biasanya saya sering merasa terganggu dengan terlalu cepatnya perubahan perasaan yang dirasakan tokohnya karena mereka tak punya cukup memori atau twisting moment yang bisa jadi trigger-nya. Tapi hal itu tidak berlaku pada novel Bad Romance kali ini. Bagi saya, di sini chemistry-nya mulus, tidak juga terasa dipaksakan atau dipercepat.

Plot & Sudut Pandang

Novel ini menggunakan plot maju dengan beberapa bagian dihiasi dengan sepenggal flashback dari masa lalu mereka. Mostly menggunakan POV 3 (pengarang sebagai pengamat) tetapi juga banyak diselingi dengan POV 1 dari tokoh Katya. Saya sempat bertanya-tanya, kenapa hanya dari Katya, ya? Kenapa nggak dari Nathan juga? Ujung-ujungnya saya jadi penasaran dengan apa yang sebenarnya ada di pikiran dan hati Nathan. He’s like a mysterious box to figure out. Tapi itu justru jadi nilai lebihnya. Kita dibuat nebak-nebak sebenarnya Nathan ini kenapa? 😕

Hal lain yang saya suka adalah pace ceritanya pada speed yang tepat. Tidak terasa terlalu lambat, tidak juga terlalu cepat. Tidak ada plot gap yang mencolok. Penulis bercerita secara runut. Saking saya menikmatinya, sampai-sampai saya nggak rela melewatkan satu kalimat pun di buku ini. Ya, kalau dibilang sih saya memakan waktu agak lama buat namatin baca ini karena nggak rela juga kalau ceritanya langsung habis. 😀

Setting

Bandung. Jujur, saya nggak nyangka ini di Bandung karena bahasa sehari-sehari yang digunakan itu bahasa gaul tulen. Tapi tetep ada sih sentuhan bahasa sundanya seperti sapaan Neng, Teteh, Aa, serta kalimat fenomenal “da aku mah apa atuh”.

Gaya Bahasa

Ya itu kayak yang saya bilang tadi, bahasanya ala anak muda banget kayak anak Jakarte. Sempat kaget juga pas tahu ini setting-nya di Bandung. Tapi penulis bisa banget nyempilin lawakan di balik kalimat gaulnya itu.

Kelebihan

(+) Meski tema cerita sudah biasa dan banyak diangkat oleh penulis lainnya, tapi ide awal ceritanya baru kali ini saya temukan dan itu cucok banget. Hahaha.
(+) Penokohan masing-masing karakter sudah sangat kuat, terutama bagi 2 tokoh utamanya.
(+) Gaya bercerita dari penulis di novel ini sangat ngena dan mencerminkan pergaulan saat ini. Lancar jaya, sama sekali nggak kaku dan mungkin ini juga salah satu kenapa novel ini sangat nyaman dibaca oleh berjuta-juta pembaca di wattpad, and I believe sebagian besar dari mereka adalah dedek-dedek gemez. 😀
(+) Konfliknya kaya, maksudnya nggak fokus dengan satu hal aja. Tetapi di novel ini juga nggak kebanyakan masalah yang harus dihadapi oleh tokohnya. Sekali pun dinilai banyak, tapi terjadi secara beruntun, bukan sekaligus.
(+) Interaksi antartokohnya yahut banget deh.

Kekurangan

(-) Tokoh antagonisnya menurut saya masih kurang maksimal.
(-) Konflik di tengah cerita yang menyangkut keterbukaan Nathan tentang masa lalunya malah jadi muter-muter di situ aja. Semacam tarik ulur antara Nathan dan Katya.
(-) Ada beberapa kata gaul yang saya nggak paham artinya apa. Mungkin lain kali bisa lah ya dikasih catatan kaki. Maklum lah, saya mah anak desa *tsaaah* hehehe.

Hikmah Cerita

1. Jangan suka langsung menilai orang lain dari tampilan luarnya saja, apalagi jika kita nggak mengenal dia secara dekat. Karena siapa tahu sebenarnya dia memendam sesuatu yang kelam dari masa lalunya. Seperti yang dialami oleh Nathan di sini.

2. Nggak usah kelewat benci sama lawan jenis, entar malah jadi “benar-benar cinta” baru tahu rasa deh kena baper-nya. 😛

3. Mau seberapa jahat pun yang orang lain pernah lakukan terhadap kita meski itu dari keluarga sendiri, kita harus bisa berbesar hati untuk memaafkan karena berdamai dengan masa lalu, mengikhlaskan dan memaafkan kesalahan orang lain dapat membuat hati jadi lebih ringan.

4. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan anggota keluarga. Karena mau kepada siapa lagi kita pulang kalau bukan ke keluarga sendiri?

5. Kalau kalian mau ngecengin cowok macem Nathan, tolong persiapkan hati kalian dengan pager baja 5 lapis supaya nggak mudah patah berkeping kayak Katya yang berapa kali kena tarik ulur oleh cowok playboy nan blagu kayak Nathan itu. 😄

Kesan Keseluruhan

Tadinya saya hanya merasa ya palingan ini kayak novel remaja lainnya yang berkutat masalah itu-itu aja dan nggak jauh soal cinta pastinya. Tapi, ternyata semuanya di luar ekspektasi saya. I mean, in a good way. Novel ini keren abisss! Ya memang sih di tengah cerita itu masalahnya agak mbulet tapi konfliknya juga bukan masalah yang sepele untuk dihadapi oleh orang-orang di usia remaja. Kalau saja saya masih eibiji atau teenager, mungkin reaksi saya bakal lebih lebay dari ini untuk menunjukkan betapa saya love love banget sama novel ini.

“Lo tuh ya, kalau masih sayang, kejar. Enggak usah sok jaim, sok ngejauh. Nyusahin diri sendiri aja tahu enggak, sih? Lo tuh ya, semacem enggak bersyukur. Lo bisa bahagia, tapi kenapa malah milih buat terluka?” — Rio (hlm. 324)

Sudah lama saya nggak nemu bacaan lini remaja yang bisa sampe sebegininya ngaduk-aduk perasaan dan emosi saya. Bad Romance bisa membuat saya ketawa-ketiwi nggak jelas di dalam kamar, bisa bikin air mata saya keluar dengan sendirinya, bisa bikin saya ngakak sampai loncat-loncar di kasur, bisa bikin saya sampe kebayang-bayang terus sama cerita tokohnya meski pun saya udah selesai baca dan bukunya udah saya tutup rapi kembali ke raknya. Bisa ngefek banget di benak saya, after taste-nya bertahan lama. The show is over but the feeling lingers.

Saya masih ingat kapan terakhir kali saya dibuat sebegininya oleh sebuah novel remaja. Waktu itu novel teenlit yang berhasil memporak-porandakan hati adalah Jingga dalam Elegi karya Esti Kinasih. Saya baca buku itu waktu baru masuk kuliah. Tuh, udah lama banget kan. Selama ini ya ada juga sih novel remaja yang tetap bisa saya nikmati dengan nyaman, tapi ibarat mixer tuh ya kekuatan mengaduknya nggak full speed kayak novel JDE dan BR ini. Hahaha.

Kalau kamu baca blurb-nya, believe me, itu nggak seberapa dibanding keseluruhan kisah Nathan dan Katya sampe akhir. Masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu temui dan ikuti. Siap-siap aja ya sediain sapu tangan buat menghapus air mata yang jatuh mengalir karena kesedihan mendalam atau karena nggak sanggup nahan ketawa.

Pokoknya, buku ini recommended mau dibaca oleh kalangan mana pun. Remaja hayuk, yang udah nggak remaja lagi juga hayuk deh. Ya kayak saya ini, meski udah bukan teenager lagi tapi tetep bisa merasakan ‘percikan-percikan’ ala abege itu karena si penulis memaparkannya dengan lugas dan memuaskan.

Favorite Quotes

“Kalau kamu merasa perempuan itu berharga, jaga dia. Jangan pernah kamu main-main sama dia. Jangan pernah bikin dan biarin dia nangis. Karena sekali kamu biarin dia nangis, orang lain yang bakal ngehapus air matanya.” — Kakek Nathan (hlm. 126)

Ada saatnya dia perlu mengerti dan menerima, bahwa sesuatu yang dia inginkan belum tentu bisa menjadi miliknya. Ada saatnya, di sadar bahwa sesuatu yang telah lewat tidak selalu kembali lagi. — (hlm. 149)

Cuma ada dua hal yang nggak bisa lo tutupin di dunia ini: bersin, sama cinta. — (hlm. 170)

Sakit rasanya melihat orang yang lo sayang tersakiti. Tahu kenapa? Karena cinta adalah dua tubuh, tapi satu jiwa. Maka, saat yang satu tersakiti, keduanya akan merasakan hal yang sama. — (hlm. 193)

Dan Nathan sudah bersumpah. Mulai saat ini, Katya adalah jantungnya. Katya adalah satu-satunya alasan Nathan tidak akan bunuh diri. Katya adalah alasan Nathan tidak akan meloncat dari jembatan layang saat ini juga. Katya adalah satu-satunya alasan Nathan merasa hidup. Katya adalah satu-satunya hal yang membuat Nathan merasa diinginkan. — (hlm. 201-202)

“Saat aku melihat tubuhnya terguyur hujan di tengah dinginnya malam, saat dia rela berdiri di tengah derasnya hujan, sesuatu di dalam sini rasanya hangat. Dipenuhi kebahagiaan. Karena saat itu, aku tahu. Dia memang bertahan untukku. Karena saat itu, aku tahu. Aku memiliki tempat di hatinya. Karena saat itu aku tahu, bahwa aku berarti untuknya.” — Katya (hlm. 219)

He is my loved one, and love is not something you can have. Love is something you show. Love is free, love cannot be controlled. When you feel like you own your loved one, you become overprotective. You tied them way too tight. And then, love will leave you, because that is what love do when you tied them way too tight. And of course I don’t want him to leave, isn’t that obvious?” — Katya (hlm. 233-234)

Waktu sudah berjalan, dan ia tidak berjalan mundur. Ia akan tetap maju, seberapa keras pun manusia membuatnya berjalan mundur kembali. Lucu, bukan? Waktu yang bahkan tak jelas bentuknya bisa menghancurkan banyak hal yang menurut manusia sangat berharga. Rasa kehilangan, kebahagiaan, kesedihan, semua bisa diambil oleh waktu secepat ia memberikannya. — (hlm. 275)

“Cowok ngehindar, tuh, cuma karena dua hal. Pertama, dia bosen. Dia mau mutusin lo, tapi dia pengecut. Jadi dia ngehindar, dengan harapan lo bakal capek sendiri kemudian mutusin dia. Kedua, karena dia benar-benar enggak pernah niat sama lo. Karena dia benar-benar enggak ngerasa pernah ngebangun apa pun sama lo. Dia enggak ngerasa ada yang perlu diselesain. Jadi, dia pergi gitu aja.” — Agatha (hlm. 279)

Karena terkadang, seseorang menjauh bukan karena dia berhenti peduli, tetapi lelah karena kepeduliannya sudah disia-siakan. Karena dia ingin berhenti tersakiti. — (hlm. 307)

“Enggak semua hal bisa diubah, sekali pun lo udah berusaha. Karena hal-hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Dan, alasan tuhan adalah yang terbaik, Kat. Lo harus percaya.” — Agatha (hlm. 309)

“Itu udah hukum alam, Di. Lo akan menjauh dari apa yang bikin lo sakit. Udah kodratnya begitu. Bahkan, dari bayi kita udah diajarin, kalau ada sesuatu yang bikin kita sakit, we shouldnt touch it. Bukannya sama dengan apa yang gue lakukan sekarang?” — Katya (hlm. 332)

Seperti kata orang, jika kamu tidak bisa memperbaiki sesuatu, biarlah waktu yang memperbaikinya. Karena kadang-kadang waktu adalah obat terbaik yang seseorang punya. — (hlm. 338)

OVERALL RATING
★★★★★


GIVEAWAY

Blogtour & giveaway novel Bad Romance

Kamu mau menangin buku ini secara gratis? Sudah tersedia 1 eks novel Bad Romance untuk 1 peserta beruntung dari blog ini. Simak syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

1. Peserta mempunyai alamat kirim di wilayah Indonesia.

2. Follow blog ini melalui akun (W) atau bisa juga lewat e-mail. Klik tombol follow di sidebar kanan paling bawah.

3. (Bagi yang punya twitter) Follow akun twitter @DARemaja @PenerbitMizan dan @murniaya.

4. (Bagi yang punya instagram) Follow akun IG penerbit di @pastelbooks.id dan akun penulis di @equitamd. Kalau mau sekalian follow akun saya @murniaya juga boleh hehe 😀

5. Sebarkan info dan link giveaway ini di media sosial punyamu, bebas mau di mana saja. Jangan lupa cantumkan hashtag #BadRomancedan mention akun-akun di atas.

6. Di kolom komentar, tulislah jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan dengan menyertakan nama kamu, domisili, akun media sosial atau alamat e-mail (agar kamu bisa dikabari jika menang nanti), serta link share.

Pertanyaan:

Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?

7. Giveaway ini dibuka dari tanggal 15 Januari 2017 hingga tanggal 19 Januari 2017 pukul 23:59 WIB. Iya, kamu nggak salah lihat. Giveaway ini berlangsung selama 5 hari saja. Makanya, buruan ikutan yuk! 😉

Pengumuman pemenang nantinya akan saya lakukan melalui new post di blog ini dan dikabari dari mention di twitter atau e-mail langsung ke pemenang. Pengumuman diusahakan di-post secepatnya atau paling lambat 3 hari setelah giveaway resmi ditutup.

Masih adakah rule yang kurang jelas? For fast response, jangan sungkan tanya langsung ke saya melalui mention di twitter @murniaya.

Nah, tunggu apa lagi? Ini cuma berlangsung selama 5 hari, lho! Yuk pada ikutan jawab dan jangan lupa berdoa, ya. Semoga keberuntungan kali ini berpihak pada kamu. Iya, kamu! 😉

Advertisements

46 thoughts on “[BlogTour] Bad Romance by Equita Millianda | Review, Giveaway

  1. Aenun Nasyifa Z.A.

    Nama : Aenun Nasyifa Z.A.
    twitter : @AenunNasyifaZA
    email : aenunku31@gmail.com
    domisili : Tegal,Jateng
    Link Share : https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/820322415867621376

    Pandangan pertama pasti covernya, warnanya enak dimata, keliatan seger. setelah baca reviewnya ada beberapa yang menarik banget salah satunya strategi si cowo alias Nathan yang bikin perjanjian sama Katya, perjanjiannya unik dan bisa dibilang jitu buat bikin orang menjauh tapi bisa juga malah membalikkan perasaan dari benci jadi cinta. patut di coba di dunia nyata. ngga sabar ngelanjutin kisah mereka dan kisah antara kai vs nathan.

    Like

  2. Nama: hakimah putri
    Domisili: bekasi
    akun: @kimah_khimah
    email: hakimahputri@gmail.com
    link share: https://mobile.twitter.com/kimah_khimah/status/820343442475663360?p=v

    Aku paling suka cerita romance yg kedua tokohnya itu gak sadar kalau ternyata ada. Dan perjalanan bagaimna mereka menerjemahkan isi hati mereka itu yg paling menarik.
    klo dari quote diatas itu nathan itu telah sadar atas rasanya dan mengatakan bahwa jantungnya itu adalah katya dan alasan untuk dia tidak bunuh diri itu adalah katya. tapi gak tau kenapa ternyata masih ada konflik antara nathan dan katya.

    bikin penasaran dan pengen banget nih novel ada ditangan biar bisa langsung dibaca 🙂

    Like

  3. Insan Gumelar Ciptaning Gusti

    nama: insan gumelar ciptaning gusti
    domisili: surakarta
    akun media sosial: twitter @san_fairydevil
    serta link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/820391601587556352

    Pertanyaan:

    Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?
    Kelakuannya Nathan. Apakah yang namanya Nathan itu identik dengan cowok ‘berandal’?
    Perjanjian mereka. Yah kali aja perjanjian dari pura-pura pacaran berubah jadi perjanjian pernikahan.. eeaa 😆😆

    Like

  4. Nama: Ratna Komalasari
    akun twitter: @imratnasr
    domisili: Tangerang
    link share: https://mobile.twitter.com/imratnasr/status/820438311466450944

    Setelah baca Review aku makin ke cantol sama Nathan hehe😊 Aku udah baca yang pas di wattpad dan ada beberapa perbedaan di dalam buku cetaknya. Nathan yang kesan Bad itu membuat aku penasaran lagi, Katya juga. Pengen baca mereka ribut-ribut lagi, seru banget kalau mereka lagi berantem kayaknya. Sama yang kayak kak Murniaya bilang, ceritanya sih klise tapi beda orang beda cerita bukan? Dan cerita ini di bungkus dengan sangat apik dan seru bagi para pembaca yang seusia aku hihi yang masih SMA gini😊 karena kehidupan SMA ialah kehidupan yang penuh warna dan Drama:)

    Like

  5. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Kota: Cirebon
    Link share: https://twitter.com/adindilla/status/820469750828396544

    Jawaban: Saya penasaran dengan tema yang sudah umum namun dikemas kembali. Saya ingin tahu apa saja bagian menarik dari pengembangan ide ceritanya. Ditambah, novel ini diangkat dari cerita yang pernah rilis di wattpad, yang kebanyakan sudah tahu kualitas cerita di aplikasi tersebut. Apakah memang sudah berbeda ketika cerita dari wattpad sudah ditangani penerbit Mayor?

    Like

  6. Nama: Lina Ernawati
    Domisili: Tangerang
    Twitter: @Linaernaw
    Link share:

    Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?

    Quotes dan tokoh nathannya! Dari awal pas baca di wattpad juga udah penasaran dan kecantol sama sosok nathan. Awalnya aku mikir "loh ini namanya kenapa harus nathan lagi.." karena novel sebelah juga nama tokohnya nathan. Tapi ternyata ada yang membedakan, sosok nathan disini lebih berantakan dan bahasanya nggak se baku nathan sebelah. Aku selalu suka sosok cowok yang badboy, bandel tapi kalau sudah menyangkut cewek yang dia sayang mah langsung berubah jadi pahlawan. Sosok nathan ini disatu sisi nakal, tapi sometime dia bisa berubah jadi menggemaskan:3 lumayan gesrek juga sih.
    Selain tokoh nathan, quotesnya juga langsung bikin aku kecantol sama novel ini. Kak em ini jago juga ternyata bikin quotes yang bisa bikin aku jatuh cinta sama novel ini.

    Like

  7. Nama: Kurnia Lidyaningtyas
    Twitter: @_detektifhati
    Link share: https://mobile.twitter.com/_detektifhati/status/820513224814493696?p=v
    Domisili: Purwokerto

    Jawaban:
    Yang bikin gue kecantol banget sama nih novel, yang pertama gue sempet lihat juga di wattpad tapi nggak gue baca. Karena kalau di wattpad gue lebih sering baca yang genrenya science fiction dan adventure, genre yang jarang gue beli bukunya.
    Yang kedua, temanya -benci jadi cinta- tema yang klise banget ya dan udah banyak banget yang mengangkat tema beginian. Nah karena tema ini tema yang umum gue jadi pengin tahu lebih banyak tentang cara penyajiannya, gue jadi pengen baca bukunya. Terlebih lagi ada tokoh badboynya gue jadi semakin tertarik dengan novel ini.
    Nama tokohnya ada nama -Nathan- haha ini juga salah satu alasan gue pengen novel ini. Iya nama tokoh juga bisa alasan buat tertarik sama novel kan?😂

    Like

  8. Nama : Riza Putri Cahyani
    Domisili : Bogor
    Akun twitter : @Zhaa_Riza23
    Alamat email : rizaputricahyani@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/820515823924056064

    Jawaban :
    Aku jatuh cinta sama karakternya Nathan. Entah kenapa aku selalu suka sama karakter cowok yang bad tapi kalau urusan perempuan yang dia sayangi beeuuhhh juara dah! Pokoknya fix aku pengen punya temen kayak Nathan. Apalagi aku udah ngikutin novel ini dari masih di wattpad dan selalu ngeburu authornya buat ngelanjutin dan sekarang aku gak sabar buat punya novelnya dalam bentuk fisik. Quotes nya juga pas banget dan ngena gitu. Dan yang terakhir yang bikin aku makin suka sama ceritanya adalah kehadiran Dio. Dio penyelamat banget deh pokoknya 🙂 Btw, Dio buat aku ya kan Nathan udah sama Katya wkwkwkwk

    Like

  9. Nama: Rohaenah
    Domisili: Jakarta
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/820562743660974080
    Jawaban: sama Nathan pastinya. Emang pesona badboy ngga ada matinya deh😍😍. Secara ya selain cakep, kaya pula. Urusan nakal ngga papa, wajar kok cowok bandel kalo ngga malah jadi aneh kesannya kurang gaul😊

    Like

  10. Nama: Rinita
    Twitter: @Rinitavyy
    domisili: jatim
    alamat e-mail: rinivir90@gmail.com
    Jawabanku: Aku suka dan kecantol sama novel ini karena suka sama cerita tokohnya yg bbf abiz. dan menurutku Nathan emang BBF. Ganteng? Iya. Kaya? Iya. Resek? Iya. Dan yang paling penting aku juga suka kisah cinta anak remaja, hehe. Soalnya pasti banyak banget kelakuan-kelakuan yg bakal bikin cerita itu makin asyik. makin seru. makin menarik untuk diikuti sampai ending ceritanya.

    Like

  11. Nama : Khaerunnisa
    domisili : Kolaka, Sulawesi Tenggara
    Akun : – Twitter : @NhisaMinoz75
    -gmail. : @khaerunnisa0198@gmail.com

    Setelah kamu bacareviewdi atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini? Kecantol sama kisah ceritanya. walau tema seperti ini udah mainstream banget. tapi beberapa penulis sudah menghilang persepsi saya tentang tema yang sama, kisah ceritanya juga pasti sama, tapi sekarang saya sadar kalau tema yang sama kisahnya belum tentu sama, karena penulis memiliki caranya tersendiri memikat hati para pembaca entah itu menghadirkan tokoh tokoh yang super Wow atau tokoh tokoh yang alay pakai bgt, wkwkwk penulis juga sangat ahli mempermainkan emosi pembaca kadang dibuat mewek duluan terus akhirnya senyum senyum, kadang juga di buat senyum-senyum di awal dan diakhir di buat mewek. Tapi saya berharap kisah ini gak sampai bikin saya mewek. Kalau boleh jujur diriku kecantol banget sama sosok Kim Jong In di kisah ini eh Kai maksudnya,
    “Cinta bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Mau lo ngelakuin apa juga, kalau hatinya udah kecantol di tempat lain mah ya, mana bisa.” duhh ngena banget ini kata-katanya si Kiara, di bales boleh gak ” Biar hatinya kecantol di tempat lain, kalau dia jodoh aku kamu bisa apa?” wkwkwk

    Like

  12. maulidya choirunnisa

    Nama :maulidya choirunnisa
    Domisili :bekasi selatan, jawa barat jakarta
    Akun twiter- @ninismaulidya
    Email @maulidyachoir21@email.com
    Setelah kamu bacareviewdi atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini? Kecantol sama kisah ceritanya
    Answer : walaupun cerita nya klise menurut aku menarik covernya bagus aku juga pernah baca di wattpad ini tuh seru tapi baru beberapa bab dihapus :”aku suka dibuat ngakak, bahasa juga enak dibaca gakaku tokoh tokohnya juga aku suka apalagi nathan yg badboy badboy gitu trus cwe nya galak suka sama penulisannya rapi , kalo gasalah cerita ini banyak sedihnya ( udh lupa :v) yg bikin penasaran hadee pgn bgt punya ni novel biar bisa dipeluk.

    Like

  13. Nama: mega pratiwi
    Twitter: @megaprtw_ (maaf tidak punya ig)
    Domisili: badung, bali
    Link: https://twitter.com/MegaPrtw_/status/820914962943967232

    Yang membuat saya kecantol pertana kali itu covernya, lucu banget, suka banget sama cover yang bergambarkan karakternya. Terus saya memang suka cerita teen fiction yang benci jadi cinta, apalagi tipe bad boy seperti nathan.. saya belum penah membaca ini di wattpad sebelumnya, jadi saya penasaran konflik seperti apa yang ada di bad romance ini karena cerita yang bertemakan seperti ini banyak kan, membuat pembaca tertarik itu sulit dengan cerita yang klise, apalagi penggambaran dalam review di atas, katanya ceritanya bener bener apik dan saya suka novle yang membuat emosi naik turun, kutipan yang di review pun bagus baguss, saya penasaran bagaimana cara tokoh nathan membuat katya menyukainya apakah dengan caa yang sama seperti cerita lainnya atau mempunyai cara menarik yang lainnya

    Like

  14. Aurodatutsaqofi

    Nama: Aurodatutsaqofi
    Domisili: Jakarta utara
    Twitter: @aurotsaqofi_
    Link share:

    Email: aurotsaqofi14@gmail.com

    ~”~”~”~
    Setelah aku baca review diatas, satu kata yg aku ucapin “KEPO” iya aku makin kepo sama novel ini. Ceritanya itu lho remaja banget dengan kata² nya yg ga baku dan gaul gitu wkwk. Pas aku mau baca diwattpad ternyata ceritanya udah dihapus ): cerita nya juga banyak quotesnya apalagi banyak konfliknya juga yaa? (Fyi aku suka nangis kalo baca novel yg ada konfliknya gitu, baperankan? :v) pokonyaa aku pengen banget punya novel bad romance!!!

    Like

  15. Nama : Nurulia Putri
    Domisili : Semarang, Jawa Tengah
    IG : nurulia.putri
    E-mail : nuruliaputri25@gmail.com
    Link: https://mobile.twitter.com/Nurulia25_/status/820944512386109441

    ***
    Apa yang bikin kamu kecantol sama novel ini (BR) setelah baca reviewnya? Jujur aku udah baca versi wp dan aku penasaran sama versi cetaknya. Aku tuh kecantol gegara konfliknya yg beh bikin baper, bikin gregetan sama nathan dkk, bikin ketawa gajelas kek orang gila, bikin sedih gegara kakaknya rela ninggalin katya selamanya, dll. bener kata kakak, novel ini mengandung persahabatan, kekeluargaan, dll. Yang gak berisikan kisah cinta mulu. Intinya di novel ini (BR) memuat pembelajaran di real life tentang kisah kehidupan. Novel ini sangat sangat sangat menarik and i want it.

    Like

  16. nama : afifah khoiriyah
    domisili : Yogyakarta
    akun twitter : @Afifah_1412
    alamat e-mail : afifah(dot)kh789a(at)gmail(dot)com
    link share :

    Kata2 ini loh yang bikin nyantol…
    “Cinta bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Mau lo ngelakuin apa juga, kalau hatinya udah kecantol di tempat lain mah ya, mana bisa.” — Kiara

    Jadi ya penasaran sama kata2nya. Kenapa Kiara bikin kata2 yang cukup nyantol di hatiku. Aku cukup menyukai cerita badboy. Aku juga ingin tahu kisah cinta orang yang saling benci. Ya aku percaya ketika ada sesuatu ya ‘bad’ pasti ada latar belakang ya menyebabkannya seperti itu dan ada apa dengan sifat Nathan? Tentu bikin penasaran. Semoga dapat dan hati Kak Aya nyantol sama jawabanku dan mau memberi kesempatan agar aku dapat buku ini

    Like

  17. Bety Kusumawardhani

    Nama: Bety Kusumawardhanj
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Alamat e-mail: aki.no.melody@gmail.com
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/820413966878769153?p=v

    Aku tertarik dengan judulnya yg unik ‘bad romance’. Lalu menurut review kak Aya banyak hal menarik yang bisa pembaca temui dan ikuti di novel ini, cerita seputar kehidupan sekolah yg mengingatkanku pada masa putih abu-abu, ditambah lagi testimoni memuaskan dari pembaca yg membuatku semakin kecantol dgn novel keren ini.

    Like

  18. Silvy Nadia Utami

    Nama : Silvy Nadia Utami
    Akun twitter : @Silvy_Nadia1
    Alamat email : silvyn20@gmail.com
    Domisili : Bandung
    Link Share : https://twitter.com/Silvy_Nadia1/status/820996967769600000

    Jujur setelah baca review Bad Romance,makin lebih penasaran buat baca novel nya.
    Ceritanya juga menarik tentang BadBoy gituu, udah gitu ada tantangan yg super unik yg bisa bikin pembacanya geregetan sendiri.
    Maygattt pliss belum baca novel nya juga tp kayaknya bkalan seru klo ada film nya.
    Dari judulnya sma tema nya aja udah beda dri yg lain klo novel ini ceritanya kisah cinta romantis yg buruk, ngga kya novel2 lain yg kisah cinta nya indahh.
    Pokok nya BadRomance gak sabar pengen cepet2 baca:D

    Like

  19. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Domisili :Lampung Tengah
    Email :dinieembemz(at)gmail(dot)com
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/821009352089710592

    Kisah putih abu-abu Nathan dan Katya yang mampu mengembalikan memoriku saat mengalami cinta-cintaan beberapa tahun silam.
    Nama Nathan yang bener-bener *ahh. Rasanya kalau punya anak cowok (suatu saat) mau aku kasi nama Nathan.
    Penggambaran Nathan sebagai sosok yang benar-benar menyebalkan itu bikin greget. Ditambah Katya cewek tangguh yang anti dengan Nathan. Perpaduan yang pas. Karena didalamnya pasti akan ada banyak adegan adu mulut yang bikin seru.
    Quotes tentang cinta dan kehidupan yang pastinya menjadi bumbu dalam menikmati buku ini.
    Ditambah review dari kak Murniaya yang lengkap dan menarik, membuatku semakin kecantol dengan novel Bad Romance ini.

    Like

  20. Nama: Novi Andriyani
    Domisili: Bandung
    Twitter: @kysmpnvii
    Email: Noviandryn@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/kysmpnvii/status/821065839684173825

    Setelah baca review, aku kecantol sama ceritanya dan juga Nathan! Benci jadi cinta, iya setuju apa yang kakak bilang ini emang klise tapi disini uniknya adalah perjanjian yang dibuat. Disuruh pacaran sama orang yang paling di benci, ini nih yang buat aku kecantol dan penasaran gimana mereka menjalin hubungan, apalagi kan disini Katya emang benci banget dan merasa jijik harus pacaran sama Nathan. Yang bikin aku kecantol sama Nathan juga tuh karena sikap jantannya yang rela ngorbanin fisiknya demi Katya! Hal yang dilakuin Nathan itu manis sekali dan bikin aku jatuh cinta sama dia, kalau aku jadi Katya udah luluh lumer deh sama Nathan.

    Ini ceritanya remaja banget dan aku suka sama karakter cewek yang kaya Katya disini :–)

    Like

  21. Nama: Rhena Indria
    Domisili: Bandung
    Twitter: @indriaHR
    Email: rhena.indria@yahoo.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/821001032947798017
    Jawaban: Yang bikin aku tertarik baca novel ini tuh karena hubungan Nathan sama Kathya nya itu. Love-hate relationship gitu. Unik sih menurut aku karena mereka bikin perjanjian gitu sebelumnya. Hahaha. Aku jadi pengen tau, apa aja yang mereka lakuin sampe mereka jadi saling suka.

    Like

  22. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Alamat E-mail : humairabalfas5@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/821167498829516800?p=v

    Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?

    Karena tema seperti ini walaupun mainstream tapi tetep bikin penasaran. Penulis harus benar-benar cerdik untuk mengolahnya menjadi bacaan yang tak mudah membosankan, karena bisa jadi blunder sendiri jika tidak bisa meramunya. Ceritanya yang seperti tom and jerry, kocak, khas banget anak remaja. Sebelumnya aku belum pernah baca di wattpad, tapi yang bikin makin penasaran adalah karena novel ini diterbitkan oleh penerbit mayor. Ceritanya bisa jadi hiburan diantara bacaan-bacaanku selama ini. Novel ini bisa jadi bacaan yang segar dan menyegarkan bagiku. Interaksi Nathan-Katya yang seperti cat and dog yang susah akurnya, gengsi-gengsian mereka pas udah saling suka tapi pasti ga mau buat ngakuinnya, sama apa yang terjadi sama Nathan sampai-sampai dia jadi orang yang seperti sekarang ini.

    Semoga dikasih kesempataan buat baca langsung dan menuntaskan semua rasa penasaranku, aamiin 🙂 🙂

    Like

  23. nama: Aulia
    domisili: Serang
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/821193417447194625

    Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?

    Tema-nya. Klise tapi menarik banget! Idenya brilliant dan kayaknya belum pernah baca yg seperti ini deh. Nantangin musuh buat jadi pacar. Mana kalau nggak mau terima tantangan langsung di cap kalah lagi! Alamak…Ini sih pemaksaan namanya! Siapapun yg punya sifat seperti Katya pastinya ogah dianggap pengecut dan kalah. Maju kena mundur kena ini mah…!! Hahahaaa 😀
    Baru baca tema-nya aja udah ngebayangin gimana serunya nih cerita. Excited banget pengen baca, pasti nano-nano deh rasanya.
    Berharap banget bisa dapat novel ini untuk nuntasin rasa penasaran dan kepo yang besar banget niy! 😀

    Like

  24. Nama : Eka Riana
    Domisili : Barito Kuala, Kalimantan Selatan
    Twitter & instagram : @rianaismyname
    Email : ekariana203@gmail.com
    Link share : pic.twitter.com/hPRRJ3nedP

    Baca review nya aja udah senyum-senyum sendiri, apalagi baca bukunya. Aku suka banget sama tema yg kaya gini awalnya musuh-musuhan jadi cinta-cintaan, greget aja gitu. Penasaran banget sama perlakuannya Nathan ke Katya pas udah pacaran, pasti seru banget.

    Like

  25. Nama : R Tria Octasiana
    domisili : Brebes, Jawa Tengah
    twitter : @Anaao98
    link share : https://mobile.twitter.com/Anaao98/status/821273772497866752?p=v

    Sebelumnya aku mau blg makasih sama kak Aya. Reviewnya ngena sumpah, nggak bikin spoiler tapi tetap menonjolkan sisi istimewanya buku ini. ☺
    Ratingnya 5? 😮
    duh gak kebayang apiknya novel ini.
    Yang bikin aku kecantol sama novel biasanya ada 2 faktor. Pertama faktor siapa penulisnya, kedua faktor blurbnya. Berhubung aku belum pernah baca karya seorang Equita Millianda, jadi aku penasaran. Apalagi sebelumnya cerita ini sudah bertengger di platform yang populer itulohh, pembacanya pun udh berjuta-juta. Apa perlu diragukan? Tidaklah.
    Then, ide ceritanya. Simpel, —benci jadi cinta— ditambah settingnya nuansa masa putih abu-abu. Hastagaaa :3 itu kan masa anak abegeh lagi labil-labilnya. Ah jadi inget lagunya om Chrisye.
    Lalu aku kecantol sama kelakuan Nathan, apaan coba nantangin Katya pacaran? Ujung-ujungnya suka, tau rasa dah :3
    Oke, hubungan yang awalnya didasari oleh cinta aja gak mungkin mulus terus (katakanlah pasti ada adu mulut). Apalagi hubungan yang terbangun dari sebuah perjanjian konyol, aduh pasti seru. Pasti ada saja hal menarik dari hubungan Nathan-Katya.
    Last, ini kisah komplit. Persahabatan, cinta, keluarga. Aku suka!  

    Like

  26. Nama : Rumita Sari
    Domisili : Bekasi
    Twitter : @RumitaMita2
    Email : rumitasari29@gmail.com
    Link share :

    Pas baca judul novel nya #BadRomance kaya pernah baca dan pas baca isinya kynya yg aku baca di wattpad cuma udah lamaa bangeett …
    Aku selalu sukaaa sama novel novel jenis kaya ginii selalu bikin baper dan penasaraan , cerita yang mana cwonya cowo badboy cwenya musuh nya dan cinta tumbuh karena perjanjian konyol gituu
    Juga cerita dibalik sifat nathan yg bad gitu jd bikin Penasaran baca cerita lengkapnyaa ,juga nnti cerita pas nathan sm katya pacaran sweet bgt jadi pengen novel nyaaa😍😍
    Kalo cover novel nya kereen , keren karena warna yg bagus dan enak di pandang nuasa nya sweet gitu😍

    Like

  27. Nama: Rina Fitri
    Domisili: Banda Aceh
    Twitter: @Rinafiitri
    Link share: https://twitter.com/Rinafiitri/status/821334668452589569

    Q: Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?
    A: Ini pertama kalinya aku ikut GA di blog Kak Murniaya, dan aku baru menemukan review novel yang sedetail itu di blog ini. Apa emang kayak gitu kalo Kak Aya ngereview? Detail banget, semua unsur intrinsik novel, kelemahan, kelebihan, dan hikmah novelnya, ada. Bikin orang jadi terpersuasi. Yang bikin aku kecantol banget sama novel ini, karena walaupun tokoh cowoknya badboy, tapi ceritanya bukan cerita badboy trus pacaran sama cewek baik2 dan akhirnya tobat lalu hidup bahagia selamanya. Cerita ini beda, antimainsetrum😹
    Katya tu cewek pemberani yang bisa membikin Nathan sadar dengan sendirinya. Aniway aku penasaran sama Kai, pengen ngulik novel ini, betul gk sih dia perwujudan Kai EXO? Dia bias ku loh😂

    Like

  28. Nama : Sofani Rachmada
    Domisili : Madiun, Jawa Timur
    Twitter : @rachmadaa
    Email : sofanirachmada19@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/rachmadaa/status/821394077279141889

    Alasannya mungkin klise banget ya, mau tau bad boy nya Nathan. Anehnya cewek itu gini, malah penasaran atau justru suka sama tipe-tipe bad boy daripada good boy 😄 karena mungkin mau fix si cowoknya ini -kalau aku- haha. Katya justru malah beruntung bisa tahu Nathan gimana dan dasarnya cowok nakal pasti ada alasannya jadi aku juga mau tahu kisah lengkap mereka berdua, hehe.

    Telimakaci kakak 😀

    Like

  29. Nama : Alvanesya
    Domisili : Nganjuk, Kertosono
    Twitter : @vanesyakeiko
    Ig : tidak punya ig
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/821329596905754624?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C4929877822

    Pertanyaan: Setelah kamu bacareviewdi atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?

    Hal pertama yg membuatku kecantol sama novel ini adalah covernya. Pemilihan cover animasi ini terlihat menawan dengan warna biru dan kedua tokohnya yg sedang berjalan di penyebrangan jalan, namun si wanita menarik syal yg dikenakan si pria yg mengisyaratkan bahwa ia ingin si pria berhenti dan memperhatikannya serta menjajarkan langkahnya untuk tetap bersamanya(ngawur banget ya? hehe). Seperti sebuah perasaan yg mungkin sulit dimengerti tetapi akhirnya ada celah untuk merekatkan hati dua insan itu.
    Hal kedua yg buat aku kecantol sampe nggak bisa lepas dari BR ini untuk kedua kalinya adalah ulasan tentang novel ini. Mulai dari ide cerita, penokohan, alur, konflik, hingga chemistrynya bisa buat aku sangat penasaran sama jalan cerita yg dipilih dan diceritakan oleh kak equita millianda dalam novel berjudul Bad romance ini. sumpah, pengen banget sama buku ini 🙂 wkwk apalagi novelnya recomended banget. Hihi terimakasih.

    Like

  30. Nama: Haula Taqya
    Domisili: Metro, Lampung
    Twitter: @Taqya1999
    Email: haula_snc@ymail.com
    Links share: https://mobile.twitter.com/Taqya1999/status/821457118473568256

    Paling penasaran sama masa lalunya Nathan, dan gimana cara dia ngedepinnya. Apa Katya bisa bantu? Atau malah memperburuk perasaan Nathan?

    Like

  31. Milla Cha
    Jakarta Timur, DKI Jakarta
    twitter: @millacha_

    Yang bikin kecantol sama novel ini adalah PERTAMA, kata-kata ‘rollercoster’ itu loh! Saya jadi pingin ngerasain banget SENSASI NAIK ROLLERCOSTER dengan baca novel ini. Hihihi.
    KEDUA adalah ada tokoh yang namanya KAI. AWMAYGAT! Berhubung saya biasin Kai Exo, mata saya nggak bisa lepas dari hal-hal berbau Kai (bukan baunya Kai ya:D)
    KETIGA adalah saya butuh sekali baca cerita remaja yang dibawakan dengan fresh berhubung saya sedang berjuang membuat buku research yang akan penuh dengan revisi (a.k.a SKRIPSWEET)
    Dan yang TERAKHIR adalah… penasaran banget baca cerita remaja yang biasanya klise tapi kali ini DIKEMAS sedemikian CANTIK hingga tembus 6JT PEMBACA. Huwaaaa…. pasti ceritanya bikin BAPER banget ya :’D

    Like

  32. Nama: Afiyatul Futhona
    Domisili: Yogyakarta
    Twitter: @afi_iput
    Email: afiput@gmail.com
    Link share:

    Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?

    Aku tertarik sama konfliknya karena kebetulan lagi suka banget sama bacaan yang konflik macam gitu, yang tokohnya tertutup atau terkesan menutup diri. Apalagi pas bagian dialog Katya hal 70 – 72 yang dikutip Kak Aya. Jadi bikin makin penasaran.
    Apalagi di review-nya disebutin konfliknya kaya namun dihadirkan secara berurutan. Makanya aku penasaran, pengen banget baca, biar tau cara penulisnya nyeritain tiap konflik yang ada agar gak tumpah sekaligus.
    Karena aku yakin, meskipun idenya mainstream, kalau dibawakan dengan cara yang unik, pasti akan tetap berkesan.

    Like

  33. Nama: Puji Nur Aini
    Twitter: @pujina__
    Domisili: Banjarnegara
    Link share:https://twitter.com/Pujina__/status/821654769844547586

    Cuma ada dua hal yang nggak bisa lo tutupin di dunia ini: bersin, sama cinta. Sumpah ya, ini bikin aku ngakak 😂 kok bisa kepikiran sampe situ wkwk. Dari quote-nya udah bikin aku kecantol gak mau lepas alias gelantungan -tapi gak kayak otan ya- nggak mau lepas sama BR, serius, kebanyakan koleksi novelku itu cerita remaja yang awalnya benci terus jadi cinta gitu. Dan ini, iya juga. Tapi begitu baca review-nya, eh ini seru parah, apalagi kak aya yg katanya bukan teenagers lagi hehe bisa dibikin jungkir balik macem rollercoster begitu baca cerita ini, apalagi aku yg macem dede dede gemez wkwk. Dari review di atas, jujur bikin aku kecantol tingakt dewa. Tapi yang paliiiing banget, itu tentang tantangan terlaknat yg jadi awal kedekatan Nathan dan Katya, nggak peduli lagi lah sama temanya yang klise hehe 😅 wish me luck, semoga bisa peluk peluk Nathan *sori katya wkwk

    Liked by 1 person

  34. Nama : Siti Nurhasanah
    Twitter : @nde_NRH
    Domisili : Sukabumi
    Email : ndenrh@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/nde_NRH/status/821730500163215360

    Jawaban :

    Setelah membaca review di atas yang ngebuat aku kecantol dan pengen banget milikin novel bad romance itu :

    Pertama, liat judul, cover dan sinopsisnya.
    Sebagai anak remaja yang menyukai bacaan bertema sekolah dengan karakter cowoknya yang nakal, biang onar dan tengil, Bad Romance adalah salah satu novel yang berhasil membuat aku penasaran dengan cerita Nathan-Katya cuma dengan melihat judul. Terus juga, covernya yang sederhana tapi bisa dibilang cukup menguatkan tema yang diambil dan judul yang diberikan, itu tuh gemesin banget. Rasanya pengen ngemilikin biar bisa di pajang di antara novel yang lainnya.

    Kedua, aku tertarik sama nama tokohnya.
    Jujur aja, Nathan adalah salah satu nama yang aku sukai di dalam cerita. Dengan nama Nathan sebagau PUnya aku semakin greget pengen baca ini novel. Ditambah penamaan PU ceweknya yang terdengar lucu dan imut, kak equita membuat aku langsung jatuh cinta sama novel ini.

    Ketiga, dari tema.
    Musuh jadi cinta adalah tema yang gak berat buat di baca dan gak asing lagi di pendengaran orang. Tema yang di angkat oleh kak equita membuat aku flashback sama cerita-cerita FF yang dulu sering aku baca di blog-blog. Tema kayak gini tuh suka bikin aku senyum-senyum sendiri. Bahkan cuma baca reviewnya aja aku udah dibuat senyum-senyum dan teringat masa lampau (bahasanya ^^). Karakter cowoknya yang songong dan sok berkuasa karena cucu dari pemilik sekolah dengan karakter ceweknya yang gak takut sama sekali sama si cowok (disaat orang lain takut dan takluk) adalah tema yang benar-benar menarik bagiku.

    Cerita dengan tema klise seperti ini kadang gak kalah keren sama cerita lainnya yang mengangkat tema gak mainstrem. Bahkan tema sederhana seperti musuh jadi cinta bisa bikin baper kepanjangan loh.. Apalagi Nathan nantangin Katya buat jadi pacarnya. Duh, benar-benar di bikin pengen flashback-an.

    Kalo boleh kasih kesempatan dong kak buat baca kisahnya Nathan-Katya. 😁 *ngarepbanget �

    Like

  35. Nama : Siti Nurhasanah
    Twitter : @nde_NRH
    Domisili : Sukabumi
    Email : ndenrh@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/nde_NRH/status/821730500163215360

    Jawaban :

    Setelah membaca review di atas yang ngebuat aku kecantol dan pengen banget milikin novel bad romance itu :

    Pertama, liat judul, cover dan sinopsisnya.
    Sebagai anak remaja yang menyukai bacaan bertema sekolah dengan karakter cowoknya yang nakal, biang onar dan tengil, Bad Romance adalah salah satu novel yang berhasil membuat aku penasaran dengan cerita Nathan-Katya cuma dengan melihat judul. Terus juga, covernya yang sederhana tapi bisa dibilang cukup menguatkan tema yang diambil dan judul yang diberikan, itu tuh gemesin banget. Rasanya pengen ngemilikin biar bisa di pajang di antara novel yang lainnya.

    Kedua, aku tertarik sama nama tokohnya.
    Jujur aja, Nathan adalah salah satu nama yang aku sukai di dalam cerita. Dengan nama Nathan sebagau PUnya aku semakin greget pengen baca ini novel. Ditambah penamaan PU ceweknya yang terdengar lucu dan imut, kak equita membuat aku langsung jatuh cinta sama novel ini.

    Ketiga, dari tema.
    Musuh jadi cinta adalah tema yang gak berat buat di baca dan gak asing lagi di pendengaran orang. Tema yang di angkat oleh kak equita membuat aku flashback sama cerita-cerita FF yang dulu sering aku baca di blog-blog. Tema kayak gini tuh suka bikin aku senyum-senyum sendiri. Bahkan cuma baca reviewnya aja aku udah dibuat senyum-senyum dan teringat masa lampau (bahasanya ^^). Karakter cowoknya yang songong dan sok berkuasa karena cucu dari pemilik sekolah dengan karakter ceweknya yang gak takut sama sekali sama si cowok (disaat orang lain takut dan takluk) adalah tema yang benar-benar menarik bagiku.

    Cerita dengan tema klise seperti ini kadang gak kalah keren sama cerita lainnya yang mengangkat tema gak mainstrem. Bahkan tema sederhana seperti musuh jadi cinta bisa bikin baper kepanjangan loh.. Apalagi Nathan nantangin Katya buat jadi pacarnya. Duh, benar-benar di bikin pengen flashback-an.

    Kalo boleh kasih kesempatan dong kak buat baca kisahnya Nathan-Katya. 😁 *ngarepbanget

    Like

  36. Rani Cantika Suri

    Nama : Rani Cantika Suri
    Domisili : Bogor
    Twitter : ranicantikas
    Instagram : ranicantikas
    Email : Ranicantikasuri@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/ranicantikas/status/821741735483088896

    Jawabannya,

    Pertama karena covernya yang menarik, minimalis yang keren abis. Dan karena bikin cover minimalis itu susah, kalo salah sedikit aja langsung keliatan.

    Kedua karena judulnya, aku suka banget kalo udah ada kata ‘bad’ karena gak ada manusia yang sempurna kan ?*eak.

    Ketiga karena sinopsisnya, keliatannya klise tapi pas baca sampe bawah, menarik. Apanya sih yang menarik ? Nathannya lah*hihihi

    Keempat karena karakternya, jujur bikin karakter yang kuat itu sudah, dan Nathan menang atas itu. Seperti jadi dirimu sendiri itu susah, takut, karena takut tidak diterima.

    Kelima karena konfliknya, kan ada masalahnya juga lah pasti, dan itu yang buat gue penasaran.

    Keenam karena kutipan-kutipannya atau bisa disebut quotes lah*pasti kalanya juga tau lah ran. Iyaaaa karena qoutes nya ngena banget, pas banget, pokoknya suka deh

    Ketujuh karena readerdnya, kan udah dibaca lebih dari 6 juta, di pasti keren abis, seru abis yak kan ?? Iyalah pasti.

    Kedelapan, jangan liat orang dari luarnya. Dan itu yang gue alamin, dan sumpah gue nyesel atas itu

    Kesembilan gratis
    Kesepuluh gratis
    Kesebelas gratis
    Keduabelas gratis
    ……
    ……
    Keserarus, so pasti gratisssss

    Like

  37. Nama : Dewa Ayu Riska
    Domisili : Denpasar
    Akun twitter : @flymingo_
    E-mail : riska.dewaayu@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/flymingo_/status/821541191850131456
    Jawaban : Yang pertama, saat Katya yang nggak tahan sama kelakuan Nathan yang seenak jidatnya di sekolah dan malah pengen bunuh Nathan (kalau diperkenankan). Aku mikirnya siapa sih Katya ini sebenarnya dan seberapa penting sih peran dia di sekolah itu? Kenapa seolah-olah dia ikut campur dalam hal ini? Aku malah ngeliat Katya seolah dia adalah pahlawan di sekolah tersebut.
    Yang kedua, saat Nathan nantangin Katya buat pacaran. Tantangan yang konyol, terkesan maksa, dan merugikan pihak Katya. Kalau nolak dia bakalan jadi babunya Nathan dan kalau nerima pasti karena terpaksa. Bener-bener nggak adil.
    Yang ketiga, setelah pacaran mereka itu pergi selalu barengan + Katya dianter jemput Nathan ke sekolah. Inikan pacaran dengan paksaan, kenapa hal-hal ini harus ada? Taktik yang luar biasa, si Katya pasti langsung baper dan akan muncul benih-benih cinta.
    Yang keempat, kontennya aku suka banget soalnya ada cinta, persahabatan dan masalah keluarga. Jarang-jarang kan ya ada novel tema seperti ini yang ada konflik keluarganya, paling standar novel benci jadi cinta cuma ada cinta dan persahabatan.
    Yang terakhir dan yang paling nyantol di hati adalah ketika Nathan mengorbankan dirinya demi keselamatan Katya. Ugh, aku meleleh, kak. Kira-kira kenapa Nathan mau nolongin Katya? Secara kan mereka itu saling benci. Jangan-jangan Nathan udah ada rasa sama Katya. Terus kok ada tawuran? Jangan bilang Nathan penyebabnya nih. Jadi penasaran kak.

    Like

  38. Nama: Desita Wahyuningtias
    Domisili: Surakarta
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/821926795175804928

    Setelah kamu baca review di atas, apa yang bikin kamu kecantol banget sama novel ini?
    Pertama, aku emang punya kecenderungan suka sama tokoh-tokoh yang sifatnya mirip sama Nathan. Kedua, kayaknya chemistry antar tokohnya bakal menarik. Aku juga penasaran gimana hubungan Kai & Katya bakal digambarkan dalam cerita sampai-sampai kakak ngungkapin di Penokohan Kai, “Sikapnya manis banget ke Katya. Apa jangan-jangan secara diam-diam Kai ini naksir juga sama Katya atau gimana sih?” -Ah! udah baper dulu nih, hehe-
    Semoga beruntung dapetin novel gratisannya,,,,

    Like

  39. Fifi Widya Rafida

    Bismillahirrohmanirrohim…. Wish me luck!! Allah always bless me..

    Nama : Fifi Widya Rafida
    Domisili : Surakarta
    Intstagram : fifiwidyaaa
    Twitter : @fifi_widyaaa
    Link : https://twitter.com/fifi_widyaaa/status/821837548917952513

    Yang buat aku kecantol sama novel ini tuh :
    1. Dulu aku udah pernah baca diwattpad tapi cuma smpe beberapa bagian aja krn bagian setelahnya udh dihapus. Karena itu aku penasaran bgt sma kelanjutan kisah nya Katya sma Nathan, apalagi cerita ini beda dari yang lain. yah, walaupun inti ceritanya mainstream benci-jadi-cinta, tapi aku suka karena awalnya mereka pacaran krn terpaksa bukan kya dket dulu trus klo udh dket baru deh jadian. Novel ini beda!!!
    2. Pas lihat covernya di gramed dan medsos langsung bilang dalam hati “gue harus beli novel ini, harus, harus banget!” covernya menurutku sih lucu, kalo biasanya cover novel cinta itu unyu unyu romantis gimana gitu. Tapi ini covernya lucu, nunjukin judulnya banget “Bad Romance” hahaha
    3. Yang pastinya karena liat yang baca udh lebih dari 6jt kali, makin meyakinkan aku bgt buat harus kudu punya novel ini. Secara kalo cerita udh dibaca sebanyak itu kalo gak keren, apa coba?! Makanya aku kecantol pngen punya.
    4. Banyak bgt yg rekomendasiin novel ini buat aku baca. Apalagi temen2 diklas pada bilang, “Fi, kamu harus bgt baca cerita ini, keren parah” hahaha
    5. Krn cerita dan bahasanya yg mudah dimengerti dan ringan untuk dibaca. Selain itu, juga nama pemainnya yg menurutku bagus bagus dan jarang aku denger. Overall, aku SUKA PAKE BANGET CERITA INI!!!!!

    Sekian dan terimakasih. Wish me luck!!!

    Like

  40. Nama: Ana Bahtera
    Akun Twitter: @anabahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Domisili: Aceh
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/822053147187113986

    Jawaban:
    Stelah membaca review-nya saya seperti reuni kembali lagi ke masa2 sekolah yg juga pnya teman super ngeselin eh berujung malah saling suka..Haha
    Remaja banget ya isinya..tapi pngen pnya juga novel ini tuk menemani nostalgia indahnya masa-masa sekolah zaman dahulu kalau
    *yaelaahhh berasa tuanya

    Like

  41. Firdausya Pramada

    Nama : Firdausya Pramada
    Twitter : @firdausyapp
    Email : firdausya.mada123@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/firdausyapp/status/822055707465826306
    Domisili : Jombang
    Pertama, suka sama karakter pemain di Bad Romance. Lucuu, bikin greget trus ada juga yang bikin baper akutt😍😍 Quotesnya ngenaaa😍😍 Suka sama jalan ceritanya simpel gak belibet, bikin gue jatuh cintaa waktu pertama kali ketemu😍😍 Covernya juga unyuu banget, pengen meluk tiap hari😂😂 Gambarin kisah kesehariannya Nathan-Katya banget. Novel ini bener2 rekomendasi banget, nyeritain kisah remaja drngan bahasa yg enteng dan penulis bener2 the best deh bisa ngebuat tema mainstream jadi bikin greget. Nggak usah diraguin novel Bad Romance emang ketjeehh abis deh! Dari awal suka banget sama jalan ceritanya, pas baca dulu sering baper sendiri. Ya walaupun nggak baca keseluruhan, tapi sukses buat aku mati penasaran sama kelanjutannya😢😢 Emang sih novel ini ngangkat tema yg mainstream banget ‘Benci jadi cinta’ tapi entah kenapa aku masih penasaran sama kelanjutannya, penasaran sama isi perjanjian laknat, kepo juga sama siapa yg menang pokoknyaa aku penasaran sama kelanjutannyaa 😢😢
    Semoga besok abang jne yang nganterin Nathan-Katya ke rumah gue aminn😇😇😇

    Like

  42. Nama: Rizki Fitriani
    domisili: Sidoarjo
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/822089462280646656

    seperti yg kak Aya bilang di review, novel ini sukses mengaduk perasaan pembaca. hanya karena baca review yg super lengkap spt diatas saya udah kecantol sama Katya. hehee iya kecantol sama karakter Katya.
    mainstream sih kisah cinta yg berawal dari benci, tp sungguh, aku setuju sama apa yg kak Aya bilang, ide keberadaan ‘Tantang menantang’ yg bisa di sebut taruhan adalah hal baru, terlebih disini karakter Katya kuat banget. sampai aku nggak nemuin celah kelemahan Katya dari review di atas.

    Pemeran BadBoy yg cukup membuat aku yg notabene nya dede dede gemez gigit jari masa, ngebayangin gimana hidung mancungnya Nathan yg bagaikan busur cinta*sip apa ini penggambarannya enggak berlebihan kak?:D
    jadi penasaran dg pesan yg ingin disampaikan si penulis lewat kisah cerita Nathan-Katya ini, terlebih kata review diatas, novel ini nggak hanya melulu bercerita ttg cinta, melainkan juga keluarga dan persahabtan. kurang lengkap apa coba? berharapnya sih novel ini dpt memanduku melewati masa remaja ku yg kerapkali dirundung masalah dalam tiga hal tsb.
    jadi pengen tahu hal apa yg bisa ngeluluhin Badboy yg palyboy plus bebal macam Nathan:v dan bagaimana dia mengatasi kesemrawutan dalam lingkar hidupnya yg sebenarnya rapuh namun tertutupi oleh pelindung kuat yg sukses bikin Katya ngebenci dia..
    Bad Romance, hanya dari judul aja udah penasaran sama lika liku perjalanan yg dilewati tokoh dalam cerita

    Like

  43. Nama: Dwita Andhara
    Twitter: @dwitaandhara
    Domisili: Makassar
    Email: dhitaandhara@gmail.com
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/822108164191420416

    To be honest, setelah baca review di atas yang buat saya kecantol itu hasil review si empunya blog kayaknya wkwkwk. Kayak orang jatuh cinta buat saya juga jatuh cinta sama keseluruhan novel ini atau ini perasaan saya aja sih? Sampai saya gak fokus lagi sama kekurangan yang dituliskan. Ini apaan banget yah, tapi gak mungkin juga sih saya kecantol kalau gak baca dulu reviewnya. Duh muter-muter, intinya yang buat saya kecantol pake banget sama novel ini semuanya. Covernya, gaya bahasanya yang gaul, qoutenya yang ngena di hati dan banyak, dan gak lupa tokohnya pasti. Penasaran juga sama kakeknya Nanthan yang seperti bijak sebelas dua belas dengan Dio deh. Oh iya, idenya juga tuh yang buat perjanjian ituh. Konfliknya yang berawal dari benci jadi cinta boleh aja klise, tapi idenya itu menurutku bisa jadi ’emas’ dari cerita ini. Duh saya gak tau gimana istilahinnya jadi saya tulis emas saja yak! Wkwkwk. Mungkin inilah novel abege yang buat saya jadi rindu jaman SMA sekaligus ngenes karena gak ada yang kayak Nathan gitu pas SMA.

    Like

  44. Nama: Leny
    Link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/821547259493912577
    Akun twitter: @justlynn23
    Domisili: Banjarmasin
    Jawaban: Jujur, saya tertarik dengan buku ini setelah saya mengetahui kalau buku ini buku tebal yang berjumlah, 376 halaman. Wow buku ini tebal banget hampir 400 an halaman., saya banget nih, begitu pikir saya. Saya suka sekali dengan buku-buku tebal, entah kenapa selalu ada sensasi tersendiri yang saya rasakan ketika saya baca buku tebal, apalagi novel pasti ceritanya panjang juga kan kalau tebal gitu. Apalagi novel Bad Romance ini ceritanya seru banget, saya jadi nggak sabar ingin membacanya langsung, pasti apa yang saya rasakan juga akan sama dengan yang kak Aya rasakan ketika membaca novel ini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s