[BlogTour] Mr O vs Miss B: Promise by Byanca Sastra | Review, Giveaway

Mr O vs Miss B PROMISE

Judul: Mr O vs Miss B PROMISE
Penulis: Byanca Sastra
Penerbit: Grasindo
Editor: Cicilia Prima
Desainer kover: Jang Shan & Ivana PD
Penata isi: Yusuf Pramono
Cetakan: Pertama
Terbitan: Jakarta, Juni 2016
Tebal: 258 Halaman
ISBN: 978-602-375-521-9
Genre: Romance

BLURB

Alex Choi

Kukira hidupku hanya akan berakhir dengan kesedihan setelah Mary meninggalkanku di hari pernikahan kami. Namun, siapa sangka bahwa keputusanku untuk meninggalkan New York musim gugur ini justru membawaku kembali pada Gong Min-Ji?

Gadis easy-going, unik, dan pemarah ini membuat hari-hariku menjadi lebih berwarna. Ia merupakan perpaduan antara tawa dan bahagia yang bukan hanya berarti seorang sahabat, namun juga gadis yang berhasil membawa cinta baru untukku. Karena itulah aku berjanji untuk selalu berada di sisinya dan melindungi gadis itu dari siapa pun yang akan memisahkan kami berdua.

Gong Min-Ji

Aku tidak pernah menyangka bahwa Alex Choi akan kembali hadir dalam kehidupanku. Laki-laki yang dulu sering menggangguku semasa sekolah ini memang sudah menjadi idola semua orang dengan rambut pirang, mata biru, dan aksen Amerika-nya yang kental.

Kini, ketika kami telah memiliki kehidupan masing-masing dan ia telah berubah, justru aku merasa begitu tertarik padanya. Lelucon dan pesonanya sungguh berhasil membuatku takluk. Tapi, apakah ia tahu bahwa kebahagiaan yang datang bersamanya, juga diiringi dengan bahaya yang mengejarku?

REVIEW

Gong Min-Ji adalah wanita bergolongan darah B. Ia sendiri menganggap dirinya agak galak, lumayan cerewet, dan keras kepala. Tapi ia tipe wanita yang tidak malu untuk mengungkapkan perasaannya kepada lawan jenis yang disukainya. Contohnya saat ia menyatakan cinta untuk yang ke-3 kalinya kepada Hyun-Jung, si teman kantornya itu, namun Min-Ji kembali ditolak oleh lelaki itu. Perasaannya tak berbalas sama sekali. Tak heran jika sampai ke rumah pun ia datang dengan banjir air mata. Untungnya ada Yu-Ri, sahabat baiknya, yang selalu sedia menemani Min-Ji di situasi hati yang galau seperti ini.

“Tapi berjanjilah besok pagi kau akan kembali menjadi Gong Min-Ji yang tegar. Jangan mengejar cinta lagi. Biarkan cinta yang datang padamu. Kau itu pintar, percaya diri, dan lucu. Buat Hyun-Jung menyesal telah mencampakkanmu! Bangkit!” — Yu-Ri (hlm. 12)

Min-Ji bekerja sebagai penulis artikel di majalah Home Sweet Home. Biasanya dia membuat tulisan tentang cat, pipa, genteng, dan semacamnya. Tetapi kali itu atasannya justru memintanya untuk mewawancarai seorang arsitek sukses dari New York. Suatu kehormatan bagi Min-Ji, tetapi ia tidak enak kepada rekan sekantornya, He-Yi, di mana pekerjaan wawancara ini biasanya He-Yi yang melakukan. Walau memang He-Yi terlihat tidak menyukai Min-Ji karena selalu merasa tersaingi, tetap saja Min-Ji tidak ingin kebencian He-Yi makin membuncah kepadanya lantaran hal ini.

Selain ada Yu-Ri sebagai sahabat, Min-Ji juga punya teman baik di kantornya. Dong-Jun, pria berkacamata ini sering membawakan pesanan makanan Min-Ji dan jadi teman curhat yang nyaman. Ia pun selalu berada di pihak Min-Ji jika perseteruan Min-Ji dan He-Yi mulai memanas.

Arsitek sukses yang akan diwawancarai Min-Ji memang baru pulang dari New York. Ia memutuskan untuk memulai hidup dan karir baru di Korea. Alexander Choi adalah nama arsitek itu. Lelaki tinggi nan tampan keturunan Amerika ini memutuskan pulang ke Korea demi menyembuhkan patah hatinya dari Mary, mantan kekasihnya, yang telah mencampakkannya begitu saja.

“Setidaknya kau dicampakkan pada tahap awal. Kau kan belum resmi menjadi kekasihnya. Terkadang, lebih baik seperti itu. Tidak sesakit ketika kalian sudah memiliki kenangan.” — Alex (hlm. 58)

Janji untuk bertemu di sebuah cafe unik di tengah kota mengawali reuni Alex dan Min-Ji yang dulunya pernah jadi teman satu sekolah. Alex bukanlah orang yang disukai Min-Ji dulunya, karena ia justru naksir dengan kakak tiri Alex, Choi Ji-Hoon. Selain itu karena Alex termasuk orang yang jahil.

“Karena kita sudah lama tidak bertemu dan rasanya lebih nyaman berbicara dengan seseorang yang pernah aku kenal,” — Alex (hlm. 42)

Bagaimana kelanjutan pertemuan Alex dan Min-Ji? Akankah ‘reuni’ ini menjadi awal pertemanan yang baik bagi mereka berdua? Bisakah mereka menjadi sahabat baik tanpa memiliki perasaan? Lalu ancaman apa yang mengintai Min-Ji selama ia dekat dengan Alex?

***

PROMISE novel milik @murniaya

Tidak akan pernah ada persahabatan yang murni di antara laki-laki dan perempuan. Salah satu di antaranya pasti akan memiliki perasaan yang lebih. — (hlm. 94)

Ini adalah novel kedua yang saya baca dari bukunya Byanca Sastra setelah sebelumnya ia sempat menerbitkan novel di seri PSA3 yang berjudul Secret of Heart. Secara keseluruhan, novel PROMISE ini bagi saya terasa lebih menarik dibanding yang sebelumnya. Dari segi konflik, chemistry, dan penulisannya juga lebih baik. Karena ini bergenre roman, scene yang ditampilkan juga terasa lebih manis. Tak banyak mengumbar diksi yang super romantis, tetapi dengan gestur-gestur kecil dari Alex kepada Min-Ji sudah sanggup menggelitik perut saya. 😀

Waktu telah mengubah sosok Alex yang dulu menyebalkan dan usil menjadi begitu manis dan menyenangkan. Membuat Min-Ji merasa nyaman berada di sisinya. — (hlm. 92)

“Karena kau menangkapnya ketika jatuh. Kau datang di saat semua orang pergi dari hidupnya. Kau menghampiri Alex bahkan ketika orang yang ia cintai pergi. Kau yang bisa memberikan perasaan nyaman untuknya.” — Yu-Ri (hlm. 95)

Konfliknya terasa lebih misterius. Tidak hanya ada masalah internal dari Alex dan Min-Ji saja. Penulis mampu mengajak pembaca ikut berspekulasi tentang siapa pelaku yang mengancam nyawa Min-Ji. Pembaca digiring untuk mencurigai satu orang, tetapi ending yang cukup apik itu menjadi twist cerita dan menjadi nilai tambah tersendiri dari saya. Namun, ada dua hal yang menurut saya jadi kekurangannya. Pertama, saat akan mengungkapkan tentang si pelaku, sempat disebut duluan gender pelakunya. Surprise-nya jadi berkurang sedikit, hehehe. Kedua, insiden penyerangan di kantor NIX. Itu kan kantor, dan masih berlangsung di jam normal. Bukankah seharusnya ada banyak orang yang lalu lalang untuk bekerja? Tetapi dari apa yang penulis jabarkan rasanya seperti tidak ada orang lain di sana selain para tokohnya. Bahkan ketika sudah berada di luar gedung pun tidak ada yang menolong atau melerai. Hal ini dirasa janggal saja untuk saya bayangkan.

“Menurutku tidak ada tempat yang lebih nyaman melainkan rumahmu sendiri, bukan? Dari kecil aku tidak pernah tinggal di rumah sungguhan. Kau tahu kan masalah keluargaku?” — Alex (hlm. 54)

Meski sempat disinggung sedikit tentang situasi keluarga Choi, tetapi pembahasan mengenai ini tidak terlalu dalam. Pekerjaan Alex sebagai arsitek pun tidak banyak dieksplor misalnya pencapaian apa saja yang pernah Alex dapatkan sehingga ia dinobatkan sebagai salah satu arsitek hebat oleh majalah Home Sweet Home. Anyway, salah satu bagian yang saya suka adalah dengan kehadiran tokoh kakek Alex yang sempat muncul di satu bab. Walau tidak banyak porsinya, si kakek sudah cukup menunjukkan kebijakannya sebagai tetua yang pandai membaca situasi di antara dua manusia (Alex dan Min-Ji).

“Kehidupan itu seperti jalan berbatu, menanjak, curam, dan berkelok-kelok yang kau lewati untuk mencapai puncak bukit. Terkadang ada hal tak terduga yang mengadang. Kau sendirian, tidak ada yang bisa menolongmu. Hanya dirimu sendiri pada akhirnya yang bisa kau percaya.” — Min-Ji (hlm. 56)

Interaksi antar tokoh serta dialog yang ada pun lebih hidup. Di beberapa bagian novel ini, si penulis sudah bisa menyisipkan beberapa humor yang cukup menghibur bagi saya, salah satu contohnya misalnya percakapan Min-Ji di telepon dengan orangtua dan adiknya, Min-Woo, saat ia mabuk di dalam mobil. XD Selain itu, nilai lebih dari novel seri Blood Type ini yaitu terdapat ilustrasi komik beberapa scene tokohnya, serta fakta-fakta tentang orang-orang yang bergolongan darah tertentu. Berhubung novel ini tentang Mr O vs Miss B, tentu saja fakta yang dibeberkan adalah mengenai lelaki dengan goldar O dan wanita dengan goldar B.

Oh ya, sebenarnya seri Blood Type ini masih saudaraan dengan PSA3. Tokoh dan latarnya tetap serba Korea. Bedanya hanya spesifikasi tema serta penokohan yang sangat berkaitan dengan pribadi orang-orang bergolongan darah tertentu. Kalau kita di Indonesia biasanya menilai atau menebak karakter seseorang berdasarkan zodiaknya. Tapi kalau di Korea itu mereka berpatokan pada goldar. 🙂

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang apa saja fakta-fakta menarik dari lelaki goldar O dan wanita goldar B berdasarkan kisah Alex dan Min-Ji? Makanya, baca novelnya dong! Hehehe XD

OVERALL RATING

★★★★☆


Eits, ada kabar gembira! Kali ini sang penulis berbaik hati menyediakan 1 eksemplar novel PROMISE secara gratis kepada 1 orang pengunjung beruntung di blog saya ini. Mau? Yuk cek tulisan di bawah ini ya!

GIVEAWAY

bt promises jpg

Dalam rangka blog tour novel PROMISE, nggak lengkap dong kalau nggak ada giveaway, ya kan? Nah, buat yang mau ikutan mari simak syarat dan ketentuannya berikut ini:

1. Punya alamat kirim di wilayah Indonesia.
2. Follow twitter @ByancaSastra dan @murniaya. Follow juga instagram @byancasastra bagi kamu yang punya akunnya.
3. Follow blog ini melalui akun wordpress/gravatar yang kamu punya. Atau bisa juga melalui e-mail. Klik di sidebar pojok kanan paling bawah.
4. Share info berisi link review dan giveaway ini di media sosialmu. Bebas di mana saja. Kalau di twitter, jangan lupa pakai hashtag #OvsBPromise serta mention ke akun saya dan Byanca.
5. Jawab pertanyaan berikut ini di kolom komentar dengan mencantumkan nama, domisili, akun twitter, alamat e-mail, dan link share yang tadi.

Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

6. Giveaway ini berlangsung selama seminggu saja sampai tanggal 14 September 2016 pukul 23:59 WIB.
7. Penilaian utama penentuan pemenang yaitu berdasarkan isi jawabannya, bukan dari random. Jadi, berikanlah jawaban terbaikmu.
8. Satu pemenang yang terpilih akan saya kabari paling lambat 3 hari setelah giveaway ditutup. Akan saya umumkan melalui blog post, twitter, atau pun lewat e-mail langsung.
9. Pemenang nanti diharapkan segera konfirmasi terkait keperluan pengiriman hadiah novelnya. Konfirmasi ditunggu paling lambat 2×24 jam. Apabila tidak ada kabar, maka akan dipilih pemenang yang baru. Info lebih lanjut, nanti saja kalau sudah diumumkan pemenangnya.

Jika masih ada yang kurang jelas, for fast response jangan sungkan tanyakan langsung pada saya melalui twitter @murniaya. Selamat ikutan dan jangan lupa berdoa. Good luck! 😉

Advertisements

43 thoughts on “[BlogTour] Mr O vs Miss B: Promise by Byanca Sastra | Review, Giveaway

  1. NAMA : Ainhy Edelweiss
    DOMISILI : Makassar
    TWITTER : @princeesAsuna
    LINK SHARE : https://mobile.twitter.com/PrinceesAsuna
    Jawaban:

    Saat baca review buku Mr O vs Miss B Promise karya kak Byanca Sastra, aku makin percaya kalau golongan darah sangat memperngaruhi sifat seseorang. Ini karena aku golongan darah B. Melihat sifat-sifat Min-Ji yang nggak jauh dari karakter aku. Seolah melihat diri sendiri. hehehe, Dan fakta baru yang aku dapat ternyata orang Korea meyakini sifat berdasarkan golongan darah. waw. Dan aku bisa dibilang sama. Aku juga terkadang membaca karakter seseorang lewat golongan darahnya. Aku fikir, meyakini sifat berdasarkan golongan darah seperti orang Korea sah-sah saja. Dan memang hal ini banyak diteliti oleh para ilmuan khususnya psikologi. Meski nggak seratus persen sesuai tapi cukup menarik untuk mengetahui karekter seseorang berdasarkan golongan darah. Bisa dibilang aku sama dengan orang Korea yang meyakini sifat bisa dideterminasi berdasarkan golongan darah. hehehe

    Like

  2. nama : Rheinita Choirun Nikmah
    domisili : Tangerang
    akun twitter @rheinitacn
    alamat e-mail : rheinita.cn@gmail.com
    link share : https://twitter.com/rheinitaCN/status/773715154181632000

    Jawaban :
    Awalnya saya tidak percaya sama sekali, bagaimana mungkin sifat bisa ditentukan oleh golongan darah? bukankah sifat seseorang di pengaruhi oleh faktor genetika dan lingkungan sekitarnya?
    Suatu hari karena penasaran, saya meminjam buku salah seorang teman tentang sifat berdasarkan golongan darah karya orang korea, dan disitu saya sedikit kaget karena beberapa sifat dasar memang mirip dengan saya, golongan darah saya O , O adalah orang yang impulsif alias suka mengambil keputusan secara spontan, tidak sabaran, Meski punya opini yang kuat, namun O terkadang suka plin-plan.
    itulah beberapa penjelasan tentang golongan darah O, bagaimanapun juga saya mulai mempercayainya.
    Jika ada dua orang memiliki golongan darah yang sama namun dari luar sifatnya berbeda, bukan, menurut saya kesamaan sifat mereka tersimpan didasar diri mereka. saya baru mengetahuinya saat seorang teman saya memiliki golongan darah yang sama dan saat saya menceritakan jika semisal saya mudah kepikiran dll dia dengan antusias mengatakan hal yang sama. “Wah, aku juga seperti itu” dan kami tertawa. jika ada perbedaan itu pasti, karena tadi , sifat seseorang selain dari golongan darah, juga di pengaruhi faktor lingkungan dan genetika.
    sehingga kini saya percaya bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya.

    Like

  3. Nama: Diah P
    Twitter: @She_Spica
    Domisili: Bekasi
    Email: pujiawati747@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/She_Spica/status/773750822140162048

    Aku mah orang Indonesia tulen. Gak percaya sama sekali kaya orang Korea bahwa sifat seseorang dideterminasi oleh golongan darah. Bagi saya manusia sama aja. Bnyak kekurangan. Ada baik dan buruk, apapun golongan darahnya. Mau darah merah kek atau biru, semua sama aja. Gak ada yg sempurna. Dan manusia hanya bisa berusaha untuk menjadi lebih baik tanpa bisa mnjadi manusia yg super baik.
    Begitulah menurut saya. Terima kasih.

    Like

  4. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @derxreads
    Email : deriaanggraini21@gmail.com
    Domisili : Jakarta Pusar
    Link share : https://mobile.twitter.com/derxreads/status/773913068107694080?p=v

    Jawaban :
    Percaya nggak percaya sih. Dibilang nggak percaya, tapi banyak org yg kalo dideskripsikan karakternya berdasarkan goldarnya membenarkan kalo karakter2 tsb emang dia banget. Kalo diblg percaya tapi masa iya semua manusia sifatnya banyak yg sama antara satu dgn yg lain?

    Menurutku sih karakter2 berdasarkan goldar tsb hanya karakter2 dasar aja, yg paling mencolok. Karena pastinya setiap org berbeda2. Setiap orang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing2, meski memiliki beberapa karakter yg sama dengan orang lain.

    Like

  5. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @derxreads
    Email : deriaanggraini21@gmail.com
    Domisili : Jakarta Pusar
    Link share : https://mobile.twitter.com/derxreads/status/773913068107694080?p=v

    Jawaban :
    Percaya nggak percaya sih. Dibilang nggak percaya, tapi banyak org yg kalo dideskripsikan karakternya berdasarkan goldarnya membenarkan kalo karakter2 tsb emang dia banget. Kalo diblg percaya tapi masa iya semua manusia sifatnya banyak yg sama antara satu dgn yg lain?

    Menurutku sih karakter2 berdasarkan goldar tsb hanya karakter2 dasar aja, yg paling mencolok. Karena pastinya setiap org berbeda2. Setiap orang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing2, meski memiliki beberapa karakter yg sama dengan orang lain

    Like

  6. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @derxreads
    Email : deriaanggraini21@gmail.com
    Domisili : Jakarta Pusat
    Link share : https://mobile.twitter.com/derxreads/status/773913068107694080?p=v

    Jawaban :
    Percaya nggak percaya sih. Dibilang nggak percaya, tapi banyak org yg kalo dideskripsikan karakternya berdasarkan goldarnya membenarkan kalo karakter2 tsb emang dia banget. Kalo diblg percaya tapi masa iya semua manusia sifatnya banyak yg sama antara satu dgn yg lain?

    Menurutku sih karakter2 berdasarkan goldar tsb hanya karakter2 dasar aja, yg paling mencolok. Karena pastinya setiap org berbeda2. Setiap orang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing2, meski memiliki beberapa karakter yg sama dengan orang lain

    Like

  7. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta – Jawa Barat
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Alamat e-mail : humairabalfas5@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/773884452476817409?p=v

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Aku sih engga percaya ya. Mungkin adanya buku atau penjelasan mengenai sifat-sifat orang berdasarkan golongan darah itu menurutku diambil dari hasil survey yang yang memang sengaja dilakukan, lalu diambil-lah kesamaan terbanyak mengenai sifat seseorang per golongan darah.

    Bagiku sifat seseorang itu dibentuk dari faktor keluarga juga lingkungan, dan dapat dilihat dari cara bicara, pola pikir dan tingkah lakunya.

    Like

  8. Nama : Tri
    Domisili : Ciamis
    Twitter : @tewtri
    E-mail : triwahyuni.irawan3@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/tewtri/status/773981104772481024

    Macem zodiak kadang apa yang dibaca suka pas walau begitu saya termasuk orang yang cuma bersenang-senang aja. Ketawa-ketawa, nyengir-nyengir atau kesel sebentar setelah itu ya udah sih terserah apa kata zodiak minggu inilah, terserah apa kata golongan darah guelah. Saya tetap percaya kalau Tuhan udah siapin jodoh buat saya entah itu dia yang bergolongan darah A, B, O, AB haha. Apa pun goldarnya toh sama-sama bisa donor darah, sama-sama merah warnanya, sama-sama Tuhan penciptanya. Jadi, percaya atau tidak? Saya cuma sebatas percaya kalau sugesti itu kadang bahaya. Makanya saya gak menyugesti diri saya buat menyeriusi hal-hal macam gituan.

    Like

  9. nama: Aulia
    domisili: Serang
    twitter: @nunaalia
    e-mail: auliyati.online@gmail.com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/774079999724793856

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Aku kurang percaya sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan golongan darah ataupun zodiak. Manusia di dunia ini kan banyak, yang bergolongan darah yg sama juga banyak, tapi tidak semuanya mereka punya sifat yg sama persis kan, karena kesamaan golongan darah itu? Karena tidak ada manusia yg sama persis, bahkan saudara kembar pun punya sifat yg berbeda, apalagi orang yg sama golongan darahnya. Inilah kebesaran & kehebatan Tuhan, Dia mampu menciptakan manusia yg segitu banyaknya dan berbeda-beda, tidak ada yg memiliki sifat yg sama.

    Like

  10. Nama : Heni Susanti
    Twitter : @hensus91
    Email : henis_minozz@yahoo.com
    Domisili : Pati – Jawa Tengah
    Link share Twitter : https://twitter.com/hensus91/status/774080353438838784
    Link share FB : https://www.facebook.com/hensus91/posts/1384109881606815

    Kalau menurutku sih ya, sifat seseorang itu gak bisa ditentukan dari golongan darahnya. Gak ada orang dengan golongan darah yang sama dan memiliki sifat yang sama persis. Mungkin hanya beberapa yang belum tentu itu faktor golongan darah. Sifat seseorang kan terbentuk dari lingkungan, pergaulan, pendidikan. Jadi kalau ada dua orang yang memiliki golongan darah sama dan kebetulan sifatnya juga sama, maka perlu dilihat lagi latar belakang dua orang itu. Siapa tahu memang mereka terbentuk dari lingkungan, pergaulan dan pendidikan yang hampir sama.

    Dan mungkin saja orang-orang yang membuat penggolongkan sifat berdasarkan golongan darah itu justru bisa menyimpulkan seperti itu setelah melakukan penelitian, pengamatan atau survey tentang sifat-sifat seseorang dan baru digolongkan berdasarkan kesamaan golongan darahnya.

    Jadi, intinya aku tidak percaya kalau sifat seseorang ditentukan dari golongan darahnya.

    Demikian dan terima kasih 🙂

    Like

  11. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Email: Larastanie24@gmail.com
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/773903204346056704?p=v

    Aku sih tidak meyakini kalau kepribadian seseorang bisa dideterminasi oleh Golongan Darah. Karena, Kepribadian manusia itu dipengaruhi oleh kombinasi antara faktor Gen, Hormon, dan Pengaruh lingkungan, gak ada hubungannya dengan Golongan darah. Golongan Darah itu ada sejak kita lahir dan tidak akan berubah, digolongkan untuk banyak kepentingan, seperti khusus untuk transfusi darah, jadi fungsi golongan darah itu gak ada hubungannya dengan Kepribadian manusia. JIKA kepribadian manusia ditentukan oleh golongan darah yang ada sejak lahir dan tidak akan berubah, tidak mungkin kepribadian
    Manusia bisa berubah. Padahal kepribadian manusia itu dapat
    berubah, entah karena pengalaman hidup atau perubahan budaya.

    Like

  12. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Domisili: Tangerang
    Email: Larastanie24@gmail.com
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/773903204346056704?p=v

    Aku sih tidak meyakini kalau kepribadian seseorang bisa dideterminasi oleh Golongan Darah. Karena, Kepribadian manusia itu dipengaruhi oleh kombinasi antara faktor Gen, Hormon, dan Pengaruh lingkungan, gak ada hubungannya dengan Golongan darah. Golongan Darah itu ada sejak kita lahir dan tidak akan berubah, digolongkan untuk banyak kepentingan, seperti khusus untuk transfusi darah, jadi fungsi golongan darah itu gak ada hubungannya dengan Kepribadian manusia. JIKA kepribadian manusia ditentukan oleh golongan darah yang ada sejak lahir dan tidak akan berubah, tidak mungkin kepribadian
    Manusia bisa berubah. Padahal kepribadian manusia itu dapat
    berubah, entah karena pengalaman hidup atau perubahan budaya.

    Like

  13. Nama : Fita
    Domisili : Malang
    Twiter : @fitania09
    Link : https://twitter.com/fitania09/status/774435877044969472?s=09

    Kepribadian/ sifat seseorang bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Bagaimana kehidupan dia selama bersama keluarga dan lingkungannya itulah yg membentuk sifat dalam dirinya. Tidak serta merta golongan darah menentukan sifat mereka. Adakalanya beberapa orang dg golongan darah yg sama namun memiliki sifat yg berbeda.
    Jadi aku tidak meyakini kl sifat seseorang bisa dideterminasi lewat goldar. Jika adapun orang dg golongan darah sama dan memiliki kesamaan sifat, maka kita perlu memperhatikan aspek lainnya.

    Like

  14. Nama: Rinita
    Domisili: Kediri
    Twitter: @Rinitavyy
    Email: rinivir90@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/774203122126172160?p=v

    Dibilang percaya, ragu. masalahnya, aku sering kali dengar info golongan darah dan sifat2nya, terus ku cocokkan sama diriku sendiri. Eh, tanpa di nyana ada kesamaannya, tapi juga ada kekeliruannya. contohnya; Aku kan darahnya B, banyak yg bilang B inilah itulah. salah satu sifat ini-itu tersebut, B cenderung Egoisme tinggi, individualisme, bahkan orang jepang (mungkin orang korea juga punya pemikiran sama) bilang goldar B paling gak bisa di ajak berkerja sama dgn baik. Tapi nyatanya, aku orangnya mudah bergaul, aktif berorganisasi, punya hobi traveling, suka selfi bareng tmen2 di tempat umum, upss!
    Nah, tuh kan, ada yg salah dari opininya. maka dari itu aku langsung nggak percaya. Tapi..

    Kalau dibilang nggak percaya, masih fifty-fifty. Melihat dan mendengar lebih banyak kesamaan dari pada kekeliruannya aku dilema antara mau percaya atau enggak. Kalo percaya, tanpa bukti kuat, belum tentu itu faktanya. Bukti lain yg lebih rasional, goldar hanya ada A,B,AB,O, Apakah benar jika orang2 sedunia sifatnya sama (?)
    Aku, sebagai orang yg lebih suka mengomentari sesuatu setelah melihat sendiri kenyataannya walaupun menyakitkan (EH),
    juga nggak boleh asal percaya sama keyakinan orang lain. jadi jawabanku yg paling aman & tepat adalah “Aku tidak percaya sajalah sama opini orang korea.”

    Kak Aya, jangan lupa ngelirik komentarku 🙂

    Like

  15. Nama: Rinita
    Domisili: Kediri
    Twitter: @Rinitavyy
    Email: rinivir90@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/774203122126172160?p=v

    Dibilang percaya, ragu. masalahnya, aku sering kali dengar info golongan darah dan sifat2nya, terus ku cocokkan sama diriku sendiri. Eh, tanpa di nyana ada kesamaannya, tapi juga ada kekeliruannya. contohnya; Aku kan darahnya B, banyak yg bilang B inilah itulah. salah satu sifat ini-itu tersebut, B cenderung Egoisme tinggi, individualisme, bahkan orang jepang (mungkin orang korea juga punya pemikiran sama) bilang goldar B paling gak bisa di ajak berkerja sama dgn baik. Tapi nyatanya, aku orangnya mudah bergaul, aktif berorganisasi, punya hobi traveling, suka selfi bareng tmen2 di tempat umum, upss!
    Nah, tuh kan, ada yg salah dari opininya. maka dari itu aku langsung nggak percaya. Tapi..

    Kalau dibilang nggak percaya, masih fifty-fifty. Melihat dan mendengar lebih banyak kesamaan dari pada kekeliruannya aku dilema antara mau percaya atau enggak. Kalo percaya, tanpa bukti kuat, belum tentu itu faktanya. Bukti lain yg lebih rasional, goldar hanya ada A,B,AB,O, Apakah benar jika orang2 sedunia sifatnya sama (?)
    Aku, sebagai orang yg lebih suka mengomentari sesuatu setelah melihat sendiri kenyataannya walaupun menyakitkan (EH),
    juga nggak boleh asal percaya sama keyakinan orang lain. jadi jawabanku yg paling aman & tepat adalah “Aku tidak percaya sajalah sama opini orang korea.”

    Kak Aya, jangan lupa ngelirik komentarku 🙂

    Like

  16. Nama: Rinita
    Domisili: Kediri
    Twitter: @Rinitavyy
    Email: rinivir90@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/774203122126172160?p=v

    Dibilang percaya, ragu. masalahnya, aku sering kali dengar info golongan darah dan sifat2nya, terus ku cocokkan sama diriku sendiri. Eh, tanpa di nyana ada kesamaannya, tapi juga ada kekeliruannya. contohnya; Aku kan darahnya B, banyak yg bilang B inilah itulah. salah satu sifat ini-itu tersebut, B cenderung Egoisme tinggi, individualisme, bahkan orang jepang (mungkin orang korea juga punya pemikiran sama) bilang goldar B paling gak bisa di ajak berkerja sama dgn baik. Tapi nyatanya, aku orangnya mudah bergaul, aktif berorganisasi, punya hobi traveling, suka selfi bareng tmen2 di tempat umum, upss!
    Nah, tuh kan, ada yg salah dari opininya. maka dari itu aku langsung nggak percaya. Tapi..

    Kalau dibilang nggak percaya, masih fifty-fifty. Melihat dan mendengar lebih banyak kesamaan dari pada kekeliruannya aku dilema antara mau percaya atau enggak. Kalo percaya, tanpa bukti kuat, belum tentu itu faktanya. Bukti lain yg lebih rasional, goldar hanya ada A,B,AB,O, Apakah benar jika orang2 sedunia sifatnya sama (?)
    Aku, sebagai orang yg lebih suka mengomentari sesuatu setelah melihat sendiri kenyataannya walaupun menyakitkan (EH),
    juga nggak boleh asal percaya sama keyakinan orang lain. jadi jawabanku yg paling aman & tepat adalah “Aku tidak percaya sajalah sama opini orang korea.”

    Kak Aya, jangan lupa ngelirik komentarku 🙂

    Like

  17. Nama: Rohaenah
    Domisili : Jakarta
    Twitter : rohaenah1
    Email : rohainalilis@gmail.com
    Link share : https: //twitter.mobile.com/rohaenah1
    Jawaban : saya nggak sependapat dengan hal itu.
    Sebagai contoh perumpamaan jika ada satu juta orang penduduk dengan goldar ada 4 yaitu A, B, O dan AB terus masing-masing goldar ada 250 orang, berarti mereka yg 250 orang itu memiliki sifat yg sama dong. Menurutku itu nggak mungkin.
    Itu analagi saya lho. Makanya saya nggak percaya dengan keyakinan orang-orang Korea itu yg pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya.
    Demikian pendapat saya,terimakasih.

    Like

  18. Nama: Alyani Shabrina
    domisili: Semarang, Jawa Tengah
    akun twitter: @alyanishab
    e-mail: alyaniistt29@gmail.com
    link share: https://twitter.com/alyanishab/status/774614274651987968
    jawaban:
    Dulu sebelum aku tahu kalau mempercayai hal seperti itu tidak diperbolehkan dalam agama aku, aku sempat percaya dan menjadikannya motivasi untuk menjadi lebih baik, kadang suka seneng juga kalau ada sifat-sifat yang sama antara menurut golongan darah dan aku. namun temanku memberitahukan bahwa itu tidak diperbolehkan, sehingga sekarang aku hanya sekedar membacanya dan menganggapnya angin lalu. tapi aku sangat penasaran bagaimana sang penulis menceritakan kisah yang berhubungan dengan golongan darah tersebut. pokoknya buku ini sangat sangat ingin aku baca dan miliki hehehe. semoga punya kesempatan itu. wish me luck! sukses terus buat penulisnya dan pemilik blog ini hehehe

    Like

  19. Nama : Rohaenah
    Domisili : Jakarta
    Twitter : rohaenah1
    Email : rohainalilis@gmail.com
    Link share : https: //mobile.twitter.com/rohaenah1
    Jawaban: saya nggak sependapat dengan hal itu.
    Contoh perumpamaan kalau ada 1 juta penduduk dan masing-masing goldar A, B, O dan AB sama rata, jadi kalau menurut teori deduktif itu berarti ada 250 orang memiliki sifat yang sama. Menurutku itu nggak mungkin. Itulah analogi saya.
    Contoh diatas cuma 1 hal yg jadi pemikiran saya kenapa saya tidak sependapat dengan orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya.
    Demikian,terimakasih.

    Like

  20. Nama : Rohaenah
    Domisili : Jakarta
    Twitter : @rohaenah1
    Email : rohainalilis@gmail.com
    Link share : https: //mobile.twitter.com/rohaenah1
    Jawaban: saya nggak sependapat dengan hal itu.
    Contoh perumpamaan kalau ada 1 juta penduduk dan masing-masing goldar A, B, O dan AB sama rata, jadi kalau menurut teori deduktif itu berarti ada 250 orang memiliki sifat yang sama. Menurutku itu nggak mungkin. Itulah analogi saya.
    Contoh diatas cuma 1 hal yg jadi pemikiran saya kenapa saya tidak sependapat dengan orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya.
    Demikian,terimakasih.

    Like

  21. Nama : Aini Eka
    Twitter : @ainekayul
    Link share : https://twitter.com/ainekayul/status/774624339668836352
    Domisili : Samarinda

    Saya pribadi sih nggak percaya sama determinasi golongan darah yang menentukan sifat seseorang. Buktinya, saya dan adik bergolongan darah sama, tapi karakter kami malah bertolak belakang. Saya juga telah membaca beberapa buku tentang golongan darah, dan saya malah menganggap isinya konyol karena golongan darah dan karakter saya sama sekali nggak cocok, oke mungkin ada beberapa poin yang cocok tapi selebihnya nol besar.

    Mungkin kebanyakan orang yang merasa “klik” setelah membaca karakter golongan darah, sebenernya mereka cuma “merasa cocok” karena udah tertanam doktrin-doktrin atau kepercayaan-kepercayaan semacem golongan darah begitu.

    Sekarang coba deh, kan masih banyak banget tuh masyarakat Indonesia yang ga tau golongan darah mereka (bahkan saya sendiri baru tahu goldar saya satu tahun yang lalu), apa ya lantas karakter mereka jadi nggak terbaca gegara mereka gatau goldar sendiri?

    Like

  22. Afifah Khoiriyah
    Afifah_1412
    Afifah.kh789a@gmai.com

    Domisili :Yogyakarta
    Saya percaya kalau sifat orang bisa ditentukan oleh golongan darah. Karena golongan darah punya kaitan erat dengan gen. Gen yang membawa sifat seseorang… 80% sifatnya dipengaruhi gen dan 20% dari lingkungan… Tapi bisa saja lingkungan bisa mendominasi sifat seseorang, tapi setidaknya pasti ada ayu yang tak bisa berubah yaitu sifat gen yang dari lahir…. Intinya aku percaya kalo golongan darah bisa mendominasi sifat seseorang… Makasih…

    Like

  23. nama: Pramestya
    domisili: Temanggung
    akun twitter: @p_ambangsari
    alamat e-mail: pramestya23@gmail.com
    link share: https://twitter.com/p_ambangsari/status/775463103702052864

    Nggak. Aku nggak percaya karakter orang dideterminasi lewat goldar. Pertama karena aku meyakini itu tahayul. Yang kedua alasan kenapa aku nggak percaya adalah aku pernah baca komik tentang darah-darah itu dan setelah dicocokan dengan sifatku, sifatku hampir ada di seluruh goldar. Masa iya aku Divergent? 😅
    Memang sedikit lebih dominan sesuai dg goldarku (A) tapi masalahnya aku kan percaya kalau goldarku A, jadi dalam diriku juga merasa yakin kalau seluruh data dari komik itu benar. Kayak sugesti gitu.

    Karena itu aku mencoba nggak percaya. Takut, ini seperti diskriminasi. Misalnya lagi pedekate sama orang terus nanya goldarnya apa? Dan ternyata goldarku dan dia nggak cocok. Aduh kan kasihan.

    Tapi kalau buat seru-seruan, main-main kayaknya nggak masalah, ya (Iman belum kuat nih). Nggak serius, kalau seriusnya aku tetap nggak percaya.

    Thanks kak 😀

    Liked by 1 person

  24. Nama: Irfan Rizky
    Domisili: Cibinong, Bogor
    e-mail: irfan10215@gmail.com
    Twitter: @irfansebs
    Link share: https://twitter.com/irfansebs/status/775555594694438912

    Jabawan
    Selamat siang Mba Aya Murning yang murni sekali. Ehe.
    First thing first, saya akan menyampaikan rasa kagum dan terima kasih saya atas review yang ciamik di atas! As always yha, kece! Semoga nanti saya bisa me-review sebagus Mbae. Aammiin.
    Second thing first, “Tidak akan pernah ada persahabatan yang murni di antara laki-laki dan perempuan. Salah satu di antaranya pasti akan memiliki perasaan yang lebih. — (hlm. 94)” -> ini kok bener banget ya :’’’( huhuhu

    Jawaban saya atas pertanyaan kuisnya adalah tidak.
    Saya tidak mempercayai adanya korelasi antara golongan darah dan kepribadian/watak seseorang. Well, kalau cuma untuk lucu-lucuan, yha saya juga sering. Ehe. Apalagi buat gombalin pacar: “Aku O nih, hiperaktif. Cocok sama kamu yang B.”
    #Eaaa

    Eh, Mba Aya dan teman-teman yang lain tahu tidak sih apa itu pseudoscience atau pseudosains dalam bahasa Indonesia?
    Ilmu semu atau pseudosains (Inggris: pseudoscience) adalah sebuah pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktik yang diklaim sebagai ilmiah tapi tidak mengikuti metode ilmiah. Ilmu semu mungkin kelihatan ilmiah, tapi tidak memenuhi persyaratan metode ilmiah yang dapat diuji dan seringkali berbenturan dengan kesepakatan/konsensus ilmiah yang umum. (Wikipedia)

    Atau kalau boleh saya sederhanakan:
    Jadi pseudosains bisa diartikan sebagai ilmu yang “palsu”, atau ilmu yang seakan-akan ilmiah namun sebenarnya belum terbukti secara objektif dan empirik. Biasanya karena tidak atau belum lulus ujicoba dalam tahapan-tahapan metodologi sains.
    Di Indonesia dinamakan sebagai ilmu semu.
    Contohnya apa?
    Banyak kok ilmu yang masuk ke dalam kategori pseudoscience, seperti:
    1. Grafologi. Ilmu yang mempelajari sifat dan karakter manusia berdasarkan penulisan tangannya dan cara menulisnya.
    2. Akupuntur dan berbagai pengobatan alternatif.
    3. Numerologi. Ilmu yang mempelajari antara angka-angka di alam ini dan kaitannya dengan fenomena/peristiwa yang terjadi di alam semesta.
    4. Astrologi. Hampir sama seperti Grafologi, namun ini berdasarkan posisi rasi bintang.
    5. Penggolongan sifat manusia berdasarkan golongan darah.

    Nah. Poin ke-5 sudah cukup menjelaskan kalau tidaklah benar jika kita menjustifikasi kepribadian seseorang berdasarkan golongan darahnya.
    Maaf kalau jawaban saya terlalu panjang ya, Mbae dan teman-teman. Hehehe.
    Uh-oh, sekadar saran untuk degem-degem di Indonesia (dede gemes), ayolah, kalau suka sama seseorang jangan cari pembenaran jodoh dengan melalui golongan darah yang ‘katanya’ cocok. Belajar agar pintar baik di brain dan behaviour, rawat dan poles diri agar beauty-nya bertambah, dan berprestasilah! Jodoh yang berkelas hanya untuk orang-orang yang sama berkelasnya kok!

    Love and hugs. xoxoxo

    Like

  25. Nama: Dian Haerani
    Domisili: Bandung
    Akun fb: Nona Kagomee
    alamat email: dhaerani781@gmail.com
    link share: https://www.facebook.com/nonakagome.kagome/posts/1093031500733183?pnref=story

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Aku sih nggak yakin. Menurutku sifat seseorang itu lebih ditentukan sama diri sendiri juga lingkungan dimana dia besar/ tinggal. Banyak kok yang goldarnya sama, sifatnya nggak sama. Sekarang kan banyak artikel tentang hubungan goldar sama sifat seseorang, kalau ada beberapa poin yang cocok, menurutku sih itu cuma kebetulan aja.

    Like

  26. Nama: Annisa Nur
    Domisili: Bekasi
    e-mail:annisaakb48@gmail.com
    Twitter: @meynisalita
    Link share: https://twitter.com/meynisalita/status/775566677576527872

    Saya tidak percaya karena protein di permukaan sel darah merah, yang pada dasarnya berfungsi sebagai pemicu respon imun tubuh, bisa digunakan untuk menentukan kepribadian seseorang?. Jawabanya sudah jelas TIDAK. Mana mungkin golongan darah bisa menentukan sifat manusia yang kompleks?. Lagian sudah banyak orang di dunia ini yg membuktikan bahwa golongan darah tidak menentukan sifat manusia. Saya heran masih banyak orang yg percaya.

    Like

  27. Nama: Dian Haerani
    Domisili: Bandung
    email: dhaerani781@gmail.com
    twitter: saimamzahra
    link share: https://twitter.com/dhaerani781/status/775571200567234560

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Aku sih nggak yakin. Menurutku sifat seseorang itu lebih ditentukan sama diri sendiri juga lingkungan dimana dia besar/ tinggal. Banyak kok yang goldarnya sama, sifatnya nggak sama. Sekarang kan banyak artikel tentang hubungan goldar sama sifat seseorang, kalau ada beberapa poin yang cocok, menurutku sih itu cuma kebetulan aja.

    Like

  28. Nama: Melly Suwarjo
    Domisili: Indramayu
    Twitter: @mellvii_
    Email : mellyfa7@gmail.com
    Liink share: https://mobile.twitter.com/Mellvii_/status/775617118268076032?p=v

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Saya sih yakin kadang sifat seseorang bisa di lihat dari goldarnya, tapi sifat seseorang dapat di lihat dari goldarnya genetik dan lingkungan juga penting.

    Tapi, saya punya temen yg bergoldar O, dan kita cocok banget, orang nya agak aneh, ngaco, santai. Dam O itu bukan tipe pendendam, tapi sifat keras kepalanya itu.

    Like

  29. Nama : Silvy Rianingrum
    Domisili : Bekasi
    Twitter : @berryfledge
    E-mail : silvy2909@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/775639487036596224
    Jawaban :

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Awalnya aku percaya. Keakuratan sifat berdasarkan golongan darah kan didapat dari survey, dan pasti survey dan pengamatannya itu engga main-main. Tapi, sekarang aku sudah engga percaya karena ternyata sifat-sifatku berbeda dari ketentuan sifat berdasarkan golongan darahku. Aku bergolongan darah B, tapi sifatku malah kayak golongan darah O. Alhasil, aku engga percaya lagi xD

    Like

  30. nama: Anik Cahyanik
    domisili: Jember, Jatim.
    akun twitter: @Ancahynaik
    alamat e-mail: Cahyanix@gmail.com
    link share: https://twitter.com/ancahyanik/status/775655758683787264

    Aku adalah type orang yang tidak percaya dengan ramalan, shio, dan zodiak. Karena dalam agamaku memang dilarang untuk percaya dengan hal-hal seperti itu. Lalu beberapa tahun yang lalu sangat gencar sekali akun-akun golongan darah di semua sosmed. Entah itu Line, IG, Facebook, bahkan twitter. Akun-akun tersebut sudah menjamur sampai sekarang. Awalnya aku hanya iseng membaca postingan akun Goldar (Golongan darahku B). Aku terbelalak. Karakter, sifat, dan kebiasaan yang diposting akun tersebut sama denganku. Hampir semua akun Goldar aku baca semuanya sama dengan sifat asliku. Bahkan, di review Novel promise ini tokoh wanitanya bergoldar B jika mempunyai sifat seperti aku (agak galak, lumayan cerewet, dan keras kepala) .Aku tidak sepenuhnya percaya. Hanya menganggap ini kebetulan. Lalu aku pernah membaca buku bahwa di Jepang golongan darah memang berkaitan erat dengan sifat dan karakteristik seseorang. Di Negara matahari terbit itu pun orang melamar kerja dilihat dari golongan darahnya. Lambat laun aku percaya dengan pembacaan sifat seseorang melalui goldar. Karena banyak pengakuan orang yang bergoldar sama denganku juga mempunyai karakteristik yang hampir mirip denganku, meski tidak semuanya. Aku percaya, karena menurutku Goldar ini bukan sebuah ramalan, tapi sebuah penelitian yang sudah terbukti kebenarannya. Setahuku organ tubuh manusia saja bisa mempengaruhi sifat seseorang (menurut artikel kisah nyata yang pernah kubaca tentang pendonoran jantung orang yg telah meninggal lalu sifatnya bisa berpindah ke orang yang didonorkan), tentu saja golongan darah juga bisa berpengaruh besar pada seseorang.

    Percaya boleh saja. Tapi saranku jangan mengkambinghitamkan kebiasaan burukmu karena golongan darah. Meski goldar B adalah type pemalas dan moody-an, tapi bisa menjadi orang yang sukses jika kita bisa mengelolanya. Banyak tokoh sukses yang bergolongan darah B yang pernah kutemui.

    Like

  31. Nama : Ratnani
    Twitter : @ratnaShinju2chi
    Link Share : https://twitter.com/ratnaShinju2chi/status/775657674784411648
    Domisili : Jepara
    E-mail : kazuhanael_ratna@yahoo.co.id

    Nggak begitu percaya, karena setiap orang itu unik dengan pribadi/ sifat masing-masing. Mungkin memang satu dua atau tiga sifat bisa sama dengan golongan darah yang diyakini. Namun itu bukan jaminan setiap golongan darah O akan sama dengan sifat golongan darah O lainnya. Lagipula sifat setiap orang itu terjadi dari kombinasi dari gen orangtua, lingkungan (dimulai dari orangtua, teman juga kedaan sekelilingnya–masyarakat). Dan mungkin untuk golongan darah bisa jadi salah satu komponen yang mempengarahui sifat orang lain meski tak banyak. Kalau menilai orang hanya dari golongan darah, maka sifat orang lain tak lagi unik dan telihat seragam dong.

    Like

  32. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Domisili: Tangerang
    Email: Larastanie24@gmail.com
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/773903204346056704?p=v

    Aku sih tidak meyakini kalau kepribadian seseorang bisa dideterminasi oleh Golongan Darah. Karena, Kepribadian manusia itu dipengaruhi oleh kombinasi antara faktor Gen, Hormon, dan Pengaruh lingkungan, gak ada hubungannya dengan Golongan darah. Golongan Darah itu ada sejak kita lahir dan tidak akan berubah, digolongkan untuk banyak kepentingan, seperti khusus untuk transfusi darah, jadi fungsi golongan darah itu gak ada hubungannya dengan Kepribadian manusia. JIKA kepribadian manusia ditentukan oleh golongan darah yang ada sejak lahir dan tidak akan berubah, tidak mungkin kepribadian
    Manusia bisa berubah. Padahal kepribadian manusia itu dapat
    berubah, entah karena pengalaman hidup atau perubahan budaya. Jadi saya tidak meyakini Kepribadian seseorang bisa dideterminasi oleh Golongan Darah…

    Like

  33. Nama : Siti Maisyaroh
    Domisili : Bandung
    Twitter : @siti_maisyaroh
    E-mail : maisyaroh.siti.99@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/Siti_Maisyaroh/status/775701701596557314

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Dulu sih sempat percaya, apalagi waktu lagi booming analisa sifat dan kebiasaan berdasarkan golongan darah. Kerjaan tiap hari malah mantengin handphone sambil ngangguk-ngangguk dan bilang “Ih… kok bener banget ya!! Kok sifat aku sesuai banget ya sama golongan darah ini”. Tapi lama-lama kok aku jadi ragu sendiri.. golongan darah aku kan O, waktu cek sifat golongan darah lain, kok malah mirip golongan darah B. Saking ragunya aku sampai cek lagi golongan darah aku waktu ada acara donor darah.. dan hasilnya tetap O (gak mungkin berubah jadi B sih). Dari sana udah mulai gak percaya kalau sifat seseorang itu berdasarkan golongan darahnya. Karena jutaan manusia di dunia ini punya sifat masing-masing, mungkin ada yang mirip. Kita juga gak bisa nge-judge golongan darah ini pasti pemalu, yang ini pasti kejam, yang ini baik, atau yang ini tipe tarik ulur.

    Like

  34. Domisili : Aceh
    Twitter : @anabahtera
    Email : anabahtera@yahoo.co.id
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/775670888834342912

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?
    Tidak. karena pada dasarnya sifat kita terbentuk oleh pengaruh keluarga dan lingkungan sekitar kita, walaupun ada beberapa sifat yang kebetulan sama sesama goldarnya, itu lebih disebabkan oleh sifat dasar yang sebenarnya masing-masing individu memang memiliki sifat yang sama walaupun dengan kadar dominan yang berbeda.

    Like

  35. Insan Gumelar Ciptaning Gusti

    Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    Akun: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/775914905903960064

    Kamu juga sama nggak sih kayak orang-orang Korea itu yang pada meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya?

    Enggak. Aku meyakini bahwa sifat seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik juga lingkungan. Sifat bisa diubah. Tapi sifat dan golongan darah tidak ada hubungannya sama sekali. Mereka tidak berkaitan. Jikapun ada situs-situs atau bacaan yang menhadirkan sifat manusia berdasarkan golongan darah itu hanya sekedar lelucon. Hanya untuk have fun. Kalaupun benar itu hanya sebuah kebetulan..

    Walaupun begitu aku juga suka membaca tentang hubungan golongan darah dan sifat manusia. Tapi itu hanya untuk iseng-iseng belaka. Kalau bagus ya alhamdulilah, kalau tidak berarti harus diubah.

    Like

  36. Nama : Erin
    Twitter :@RiienJ
    Domisili : Bekasi
    Link Share : https://twitter.com/RiienJ/status/775997269732683776

    Aku termasuk tipe orang yang setuju. Kenapa? Karena kalau lihat karakter sesuai golongan darah itu kok sesuai ya. Toh, yang membuat karakter orang bisa dilihat lewt golongan darah pasti karena hasil survey dong. Anggap saja sebagai bahan renungan juga untuk kehidupan kita.

    Like

  37. Nama : Ratih M
    Email : ratihmulyati02@gmail.com
    Twitter : @Jju_naa
    Link : https://mobile.twitter.com/Jju_naa/status/775993840079634432?p=v

    Iya sama, tapi ya cuma sebatas untuk seru-seruan aja sih.
    Buat main tebak-tebakan sifat orang, contohnya.
    Ga sampai kaya orang sana, yg smpai bikin kelompok pertemana berdasrkan goldar, atau parahnya menentukan pasangan. Parah itu 😀

    Terlepas dari kajian ilmiahnya aku ga ngerti 😀 , tapi kalau aku pribadi, berdasarkan hasil suvei -pengamatan- di sekirar aku -apalagi sama orang asli sna, mudahnya liatin tingkah para idol tuh-meski ga 100% tept tapi sama *apa ini? 😀

    Like

  38. Rini Cipta Rahayu
    Karangasem,Bali
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com
    https://twitter.com/RiniCipta/status/776083739017416704

    Kalau aku sih nggak terlalu percaya dengan karakter dideterminasi berdasarkan golongan darahnya. Aku pernah baca penelitian tentang keterkaitan karakter dan golongan darah, nyatanya tidak ada hubungannya. Golongan darah itu terkait dengan ada atau tidaknya antigen dalam sel darah merah. Sedangkan karakter itu kan dipengaruhi oleh banyak hal, baik dari faktor biologis (gen), pola asuh, lingkungan dan lainnya.
    Tapi aku sih beranggapan ini sebagai sesuatu yang unik karena ketika aku menyocokkan karakternya dengan sifatku, mostly bener dan sesuai banget. Mungkin orang Korea percaya dengan keterkaitan ini karena banyak karakter yang tepat, sama seperti yang aku rasakan. Studinya makin valid karena karakter orang yang punya golongan darah A, B, AB maupun O punya perbedaan signifikan. Selain itu, kalau golongan darah sama berarti setiap orang punya karakter yang sama persis, dong? Padahal setiap manusia punya keunikan tersendiri, tidak ada yang benar-benar sama persis meskipun kembar. Ya, ini hanya pendapat pribadi sih. Terlepas dari benar tidaknya ada kaitan karakter dengan golongan darah hehe

    Like

  39. Nama : Shinta Kusuma Wardhani
    Email : shinta.aja10@gmail.com
    Twitter : @ShiintaKusuma_
    Link : http://shiintakusuma.blogspot.co.id/2016/09/giveaway-novel-promise.html

    Jawaban :
    Sama seperti orang-orang Korea yang meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya. Sifat agak galak, lumayan cerewet, dan keras kepala yang kumiliki sama dengan Gong Min-Ji, wanita bergolongan darah B. Hampir setiap hari aku membaca ciri-ciri orang yang memiliki goldar baik A, B, O maupun AB. Dilihat dari goldar B sesuai yang aku miliki berisi gambaran seseorang yang sama denganku.
    Sedangkan jika dilihat dari yang lain salah satunya adalah zodiak. Banyak perbedaan dengan diriku. Terkadang malah merasa lucu jika menyamakan dengan diriku karena jelas-jelas berbeda jauh. Yang memiliki zodiak pastinya memiliki goldar yang berbeda-beda dan dengan sifat yang berbeda-beda pula. Maka dari itu sifat seseorang lebih bida dideterminasi melalui goldar.
    Ini hanyalah menurut pendapatku. Mungkin pendapat orang lain berbeda-beda. Ada yang dilihat dari faktor gen dll dan ada yang dilihat secara logika.

    Like

  40. Nama : Shinta Kusuma Wardhani
    Domisili : Klaten, Jawa Tengah
    Email : shinta.aja10@gmail.com
    Twitter : @ShiintaKusuma_
    Link : http://shiintakusuma.blogspot.co.id/2016/09/giveaway-novel-promise.html

    Jawaban :
    Sama seperti orang-orang Korea yang meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya. Sifat agak galak, lumayan cerewet, dan keras kepala yang kumiliki sama dengan Gong Min-Ji, wanita bergolongan darah B. Hampir setiap hari aku membaca ciri-ciri orang yang memiliki goldar baik A, B, O maupun AB. Dilihat dari goldar B sesuai yang aku miliki berisi gambaran seseorang yang sama denganku.
    Sedangkan jika dilihat dari yang lain salah satunya adalah zodiak. Banyak perbedaan dengan diriku. Terkadang malah merasa lucu jika menyamakan dengan diriku karena jelas-jelas berbeda jauh. Yang memiliki zodiak pastinya memiliki goldar yang berbeda-beda dan dengan sifat yang berbeda-beda pula. Maka dari itu sifat seseorang lebih bida dideterminasi melalui goldar.
    Ini hanyalah menurut pendapatku. Mungkin pendapat orang lain berbeda-beda. Ada yang dilihat dari faktor gen dll dan ada yang dilihat secara logika.

    Like

  41. Nama : Shinta Kusuma Wardhani
    Email : shinta.aja10@gmail.com
    Twitter : @ShiintaKusuma_
    Link : http://shiintakusuma.blogspot.co.id/2016/09/giveaway-novel-promise.html

    Jawaban :
    Sama seperti orang-orang Korea yang meyakini bahwa sifat seseorang bisa dideterminasi berdasarkan goldarnya. Sifat agak galak, lumayan cerewet, dan keras kepala yang kumiliki sama dengan Gong Min-Ji, wanita bergolongan darah B. Hampir setiap hari aku membaca ciri-ciri orang yang memiliki goldar baik A, B, O maupun AB. Dilihat dari goldar B sesuai yang aku miliki berisi gambaran seseorang yang sama denganku.
    Sedangkan jika dilihat dari yang lain salah satunya adalah zodiak. Banyak perbedaan dengan diriku. Terkadang malah merasa lucu jika menyamakan dengan diriku karena jelas-jelas berbeda jauh. Yang memiliki zodiak pastinya memiliki goldar yang berbeda-beda dan dengan sifat yang berbeda-beda pula. Maka dari itu sifat seseorang lebih bisa dideterminasi melalui goldar.
    Ini hanyalah menurut pendapatku. Mungkin pendapat orang lain berbeda-beda. Ada yang dilihat dari faktor gen dll dan ada yang dilihat secara logika.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s