[BlogTour] Dermaga Masa Lalu by Ainun Nufus & Asri Rahayu MS | Review, Giveaway

Novel Dermaga Masa Lalu

Judul: Dermaga Masa Lalu
Penulis: Ainun Nufus & Asri Rahayu MS
Penerbit: Diandra Creative
Editor: Diandra Creative
Tata Letak: Ainun Nufus
Tebal: x + 187 Halaman
Cetakan: Pertama
Terbitan: April 2015
ISBN: 978-602-336-144-1
Genre: Romance

BLURB

Kamu tak perlu menjauh
Tetaplah di situ
Aku tahu caranya mundur
Walau hatiku hancur
Mungkin kita bahagia di cerita yang berbeda
Biarlah takdir yang bercerita

REVIEW

Krystal Shanney berusaha menghalau kenangan masa lalunya selama beberapa tahun belakangan ini. Tiap hari hidupnya tak henti dibayangi oleh kenangan yang sangat ingin ia lupakan. Terlebih saat kenangan itu menyangkut nama seseorang yaitu Elzico Tamma. Zico adalah teman akrabnya semasa kuliah dahulu, namun kini menjadi orang yang paling tidak ingin ia temui di dunia. Benci dan cinta menjadi perbedaan yang sangat tipis bagi Krystal. Di satu sisi ia masih punya rasa untuk Zico, namun di sisi lain ia juga membenci pria itu atas apa yang telah ia lakukan dulu.

Pepatah lama bilang jika cinta tak harus saling memiliki. Namun, untuk apa kita jatuh cinta jika tak bisa saling memiliki satu sama lain? Bukankah lebih indah jika saling cinta dan saling memiliki satu sama lain? — (hlm. 3)

Takdir sungguh kejam mempermainkan Krystal. Ketika ia melamar kerja sebagai sekretaris di kantor barunya, ternyata ia harus dipertemukan dengan orang yang saat ini paling ingin ia hindari. Mengapa harus Zico yang menjadi bosnya dari sekian juta lelaki di kota itu? Bagaimana Krystal bisa bertahan menghadapi deraan kenangan masa lalu yang makin kencang menerpanya tiap kali melihat dan berdekatan dengan Zico?

Ketika akhirnya Krystal mengambil tindakan untuk pergi dan mencari kantor yang baru sebagai tempat bernaung, mungkin Tuhan sedang berbaik hati padanya dengan memperkenalkannya dengan bos baru yaitu Ben. Orang yang sanggup membuatnya tersenyum dan tertawa lagi. Lelaki yang bisa menjadi sahabat baiknya dan mampu memancingnya untuk membuka diri. Hidupnya mulai lapang setelah jauh dari Zico.

Tetapi, nampaknya takdir belum puas meluluh lantakkan hidup Krystal. Masih ada misteri di balik keberadaan dan kehadiran Ben. Siapakah Ben? Skenario apalagi yang takdir ciptakan untuk Krystal? Masihkah mungkin bagi Krystal dan Zico untuk bersatu setelah ada Siana dan Zalieya di hidup Zico?

Tak ada lagi kata sahabat, tak ada lagi kata teman dekat untuk pria dan wanita yang menjalin pertemanan saat salah satu dari mereka sudah berkeluarga. Karena masing-masing sudah punya takdir dan tanggung jawab, tanggung jawab menjaga perasaan, menjaga keadaan agar tetap nyaman dan takdir yang tak bisa bersama selamanya. — (hlm. 30)

LET’S PEEL IT…

Saya suka dengan cara penulis melunturkan satu persatu misteri di balik kenangan yang ada antara Krystal dan Zico. Awalnya saya bertanya-tanya, apa yang terjadi di antara mereka berdua di masa lalu? Melalui beberapa flashback yang disajikan makin membuat terang kabut yang saya rasakan. Fase berceritanya tidak pula lambat tetapi juga tidak terlalu cepat.

Karakter Krystal dibuat begitu rapuh. Ia mudah menangis hanya dengan mengingat masa lalunya. Berhubung saya sangat bertolak belakang dengan karakter Krystal, awalnya saya tidak bisa begitu menghayati pedih hatinya Krystal dikarenakan kenangan masa lalunya. Tetapi, kepandaian penulis meramu diksi dan narasi yang baik membuat saya bisa ikut merasakan problema hidup Krystal.

Tuhan tak pernah salah, dia yang salah dalam menikmati setiap nikmat dan momen yang diberikan Tuhan padanya. Kali ini dia akan mencoba menerima segalanya, menerima apa itu kenyataan hidup yang menyakitkan. Ada kebahagiaan yang pastinya menunggu Krystal untuk bangkit dan menikmati kebahagiaan itu. — hlm. 125-126

Untuk Ben, ada dua karakter yang dipunyainya tapi hanya satu yang lebih saya kenal. Disebutkan bahwa sebelum kehadiran Krystal di kantor itu, Ben dikenal sebagai bos yang tertutup dan jarang dekat dengan wanita mana pun. Tetapi semenjak ada Krystal justru semua itu berubah 180° jadi lebih terbuka dan gampang akrab. Wow, sespesial itukah Krystal hingga bisa merubah Ben dari A langsung ke Z? 😀

Kalau Zico, hmm, yang mengganggu saya hanyalah sikap cemburunya yang terlalu berlebihan. Ya ampun, Zico ini ya… kalau saya jadi pasangannya, mungkin saya akan ngambek sepanjangan sebelum dia bisa meredam rasa cemburu butanya dan sikap kekanakannya itu. Bakal saya jewer tiap dia kumat! 😛

Chemistry antartokohnya sudah bagus. Saya pribadi lebih suka chemistry antara Krystal dan Ben daripada Krystal dan Zico. Mungkin karena Krystal dan Ben bisa lebih terbuka satu sama lain dan tak banyak penolakan seperti Krystal pada Zico. Kalau Krystal dan Ben itu selayaknya dari awal mereka memang terlihat seperti sahabat baik yang sangat akrab dan terbuka. Suasana kekeluargaan antara Zico dan Zalieya juga adem untuk dibayangkan. 🙂

“Apa aku boleh meminta maaf, Krystal? Maaf untuk masa lalu yang menyakitimu, maaf untuk masa sekarang yang tak bisa menepati janjiku membuatmu bahagia. Tapi rasa sayangku untukmu tak pernah salah. Aku lah yang salah.” — Ben (hlm. 155)

Ada banyak kebetulan-kebetulan yang terjadi di sini. Awalnya saya merasa hal ini masih sebagai skenario yang tak diduga, namun jika hampir di setiap kesempatan akan terjadi demikian maka ujung-ujungnya bukan lagi unexpected melainkan menjadi expected dan tak lagi jadi kejutan. Misalnya waktu Krystal harus melarikan diri dari rumitnya hidup, kok bisa sih tiba-tiba Siana juga ada di sana di tempat Krystal menyendiri? Sedangkan Ben dan Zico yang notabennya lebih dekat dengan Krystal saja tidak tahu kemana Krystal pergi.

Karena banyaknya kebetulan tersebut, plot cerita jadi gampang tertebak oleh saya. Tetapi secara keseluruhan tetap memberikan sensasi tersendiri yang membekas dari kisah Krystal-Zico-Ben-Siana-Zalieya. Saya senang karena novel ini tidak melibatkan banyak tokoh untuk dibahas. Hanya 5 tokoh itu saja yang paling sering nongol dan dijabarkan sehingga saya tak sulit untuk mengingat kisah masing-masing tokohnya. Ya maklum saja, saya memang rada payah kalau tokohnya ada banyak. Jangankan mengingat kisahnya, namanya pun sering lupa. XD

“Mencintaimu aku memang memiliki banyak alasan. Tapi aku tak punya alasan untuk meninggalkanmu kecuali Tuhan memanggilku,” — Zico (hlm. 166)

Masih banyak typo yang saya temukan tersebar di mana-mana. Untuk tanda baca juga masih ada yang miss. Ah, saya lupa untuk mencatatnya di mana saja. Ada salah satunya yang jadi ambigu oleh typo tersebut, misalnya tertulis “…terasa mani” padahal harusnya ditulis “…terasa manis”.

Kesimpulannya, saya menikmati kisah Krystal yang susah move on dari masa lalu. Karakater masing-masing tokohnya juga sudah kuat. Saran saya, buat kalian yang mau baca ini ya musti hati-hati menata perasaan jika kalian juga sedang mengalami susah move on seperti Krystal, karena bisa jadi nanti kalian justru kebayang-banyang lagi sama kenangan masa lalu, trus lama deh buat namatin baca novel ini. XD

OVERALL RATING
★★★☆☆


P.S.: Kalau kalian tertarik dan mau lengasung beli bukunya, bisa didapatkan dengan dua cara di bawah ini:

1). Buku bisa dipesan dari Penerbit Diandra Creative di sini. Klik link ini.

2). Jika kamu lebih suka baca novel ini melalui format e-book, kalian bisa download bukunya di link berikut ini…

Download E-Book Novel DERMAGA MASA LALU karya Ainun Nufus & Asri Rahayu MS di PlayStore Android

GIVEAWAY

btga-dml-2

Pasti ini bagian yang paling kalian tunggu-tunggu, bukan? Penulis si buku ungu ini sudah nyiapin 1 eksemplar novel Dermaga Masa Lalu untuk 1 orang pemenang yang beruntung di blog saya. Kamu mau jadi orang yang beruntung itu? Yuk simak syarat dan ketentuannya di bawah ini.

1. Giveaway ini berlaku untuk semua warga Indonesia atau yang mempunyai alamat kirim di wilayah Indonesia.

2. Follow blog ini melalui akun (W) atau bisa juga lewat e-mail. Klik tombol follow di sidebar kanan paling bawah.

3. Follow akun twitter penulis yaitu qaqa @nufus_ dan qaqa @princessashr, serta twitter host @murniaya.

4. Bagikan info dan link giveaway ini di media sosial punyamu, bebas mau share di mana saja. Jika kamu share di twitter, jangan lupa cantumkan juga hashtag #DermagaMasaLalu dan mention ke 3 akun di atas.

5. Pada kolom komentar di bawah, tulislah nama, domisili, akun media sosial atau alamat e-mail (agar kamu bisa langsung dikabari jika menang nanti), dan link share yang tadi.

6. Giveaway ini tidak pakai pertanyaan atau tantangan apa pun. Nanti pemenangnya akan saya sortir dari peserta yang sudah memenuhi semua syarat kemudian akan saya pilih secara acak. 🙂

7. Giveaway ini berlangsung selama seminggu saja, dibuka hingga tanggal 01 Januari 2017 pukul 23:59 WIB.

8. Pengumuman pemenang nantinya akan saya lakukan melalui new post di blog ini dan akan dikabari dari mention di twitter atau lewat e-mail. Pengumuman diusahakan dilakukan secepatnya atau paling lambat 3 hari setelah giveaway resmi ditutup.

Masih adakah rule yang kurang jelas? For fast response, jangan sungkan tanya langsung ke saya melalui mention di twitter @murniaya.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo pada langsung ikutan dan jangan lupa berdoa, ya. Semoga keberuntungan kali ini berpihak pada kamu. 😉

58 thoughts on “[BlogTour] Dermaga Masa Lalu by Ainun Nufus & Asri Rahayu MS | Review, Giveaway

  1. Nama: Lina Ernawati
    Domisili: Tangerang
    Twitter: @Linaernaw
    Email: linaernawati10@gmail.com
    Link share:

    Like

  2. Hendi Setiyanto
    Banjarnegara-Jawa Tengah
    @hendisetiyanto
    setiyantohendi@gmail.com

    Like

  3. Nama: Nurwahidah

    Akun twitter: @wawha_cuza

    Email: wawcuz@gmail.com

    Domisili: Medan

    Link share: https://twitter.com/wawha_Cuza/status/813218240646131712

    Like

  4. nama: Aulia
    domisili: Serang
    twitter: @nunaalia
    e-mail: auliyati.online[at]gmail[dot]com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/813221485535821824

    Like

  5. Elsita F. Mokodompit

    Elsita F. Mokodompit
    Gorontalo
    @sitasiska95
    elsitafransiska[et]gmail[dot]com

    Like

  6. Bety Kusumawardhani

    nama: Bety Kusumawardhani
    domisili: Surakarta
    akun twitter: @bety_19930114
    alamat e-mail: aki.no.melody@gmail.com
    linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/813240647503282176?p=v

    Like

  7. Esti
    Mojokerto
    @estiyuliastri

    Like

  8. Nama: Reni Puji Rahayu
    Akun twitter : @Reeny_Puji14
    Email : Reeny.Puji.14@gmail.com
    Domisili : Cilacap, Jawa Tengah
    Link share : https://mobile.twitter.com/Reeny_Puji14/status/813243286345302016?p=v

    Like

  9. nama : afifah khoiriyah
    domisili : Yogyakarta
    akun twitter : @Afifah_1412
    alamat e-mail : afifah(dot)kh789a(at)gmail(dot)com
    link share :

    Like

  10. Nama: Alyani Shabrina
    Domisili: Badung, Bali
    akun twitter: @alyanishab
    e-mail: alyaniistt29@gmail.com
    link share: https://twitter.com/alyanishab/status/813256495210983424

    Like

  11. Nama : Pida Alandrian
    Domisili : Aceh
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/813270814627807233

    Like

  12. Nama : Khaerunnisa
    Domisili : Kolaka, Sulawesi Tenggara
    akun:
    twitter : NhisaMinoz75
    facebook : Nisa Minoz
    E-mail : khaerunnisa0198[at]gmail[com]

    Link Share :
    fb :
    https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=757951297691094&id=100004286920187&_rdr

    twitter :

    https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/813157758627299328?p=v

    Like

  13. Nama: Sharie
    Domisili: Cikampek
    Akun: @nAshari3
    Email: nasharie88(at)gmail(dot)com
    Link share: https://mobile.twitter.com/nAshari3/status/813282908584579073

    Like

  14. Nama: Dwita Andhara
    Domisili: Makassar
    Twitter: @dwitaandhara
    Email: dhitaandhara@gmail.com
    Linkshare: https://twitter.com/dwitaandhara/status/813295127812706304

    Like

  15. Nama: Rohaenah
    Domisili: Jakarta
    Twitter: @rohaenah1
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/813323392208158722

    Like

  16. (((terasa mani)))
    jadi bahan belajar deh buat saya :’)

    Like

  17. Nama: Salimah Isnaini Azzahroh
    Domisili: Surakarta
    Akun twitter: @salimah_IA
    Alamat e-mail: salimah[dot]isnaini[at]gmail[dot]com
    Link share: https://twitter.com/salimah_IA/status/813384072365867008

    Like

  18. Nama : Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati
    Email : ninawatilois@gmail.com
    Domisili : Situbondo, Jawa Timur
    Link share : https://twitter.com/_loisninawati/status/813424268151111681

    Like

  19. nama: Ayu Calista
    domisili: Jakarta
    akun media sosial: @ayucalista18
    alamat e-mail: ayucalista18@gmail.com
    link share: https://twitter.com/ayucalista18/status/813469077112963073

    Like

  20. Nama : Feby Aulia Ayundita
    Domisili : Bogor tengah
    Akun twitter: @febyaulia316
    E-mail : feby.auliaayundita@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/813511778642497536

    Like

  21. Nama : Sindy Indah Prasetya
    Domisili : Grobogan, Jawa Tengah
    Akun Twitter : @sindyindah123
    E-mail : sindyindahp@gmail.com

    Link Share :
    https://mobile.twitter.com/SindyIndah123/status/813594688925990912
    🙂

    Like

  22. Nama : Fita
    Domisili : Malang
    Twitter : @fitania09
    Email : fitania90@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/fitania09/status/813602040945356800?s=09

    Done follow this blog 😊

    Like

  23. Insan Gumelar Ciptaning Gusti

    nama: insan gumelar ciptaning gusti
    domisili: surakarta
    akun media sosial: twitter → @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/813607280113434625

    Like

  24. Nama: Maya Elfiani Yudiatira
    Domisili: Palembang
    Twitter: @MayaElfianiY
    Email: mey.4595@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/813618321778016257

    Like

  25. Nama: Nurul Astri
    Domisili: Tangerang
    Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Email: astristyles82@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/813621629909540865

    Like

  26. Nama: Ainhy Edelweiss
    Twitter : @PrinceesAinhy
    Email: nuraeniamir7@gmail.com
    Domisili : Makassar
    Link share:https://twitter.com/PrinceesAinhy/status/813704843646812160

    Bismillah 🙂

    Like

  27. Nama : Ita S
    Domisili : Sragen
    Akun twitter : @terhujan
    E-mail : itasholihatin@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/terhujan/status/813863681209421824

    Like

  28. Nama: Ummi Haniefa
    Domisili: Samarinda
    Twitter: @ummi_hnf
    Email: ummihaniefadh@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/ummi_hnf/status/813874368216375296

    Liked by 1 person

  29. Nama: Desita Wahyuningtias
    Domisili: Surakarta
    Twitter: @desitaw97
    E-mail: desitaw97@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/813882406646091777

    Like

  30. Nama: Rizki Fitriani
    Domisili: Sidoarjo
    Twitter: @Kikii_Rye
    E-mail: kikiryeo@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/813966574113521664

    Like

  31. Nama : Farida Endah
    Domisili : Pacitan Jawa Timur
    Twitter : @farida271
    email : faridaendah@gmail.com
    Link Share : twitter.com/farida271/status/813971732021133312

    Like

  32. Aenun Nasyifa Z.A.

    nama : Aenun Nasyifa Z.A.
    domisili : Tegal
    twitter : @AenunNasyifaZA
    e-mail : aenunku31@gmail.com
    link share : https://twitter.com/AenunNasyifaZA/status/814121450386780162

    Like

  33. Nama: Alfath
    domisili : sidoarjo
    twitter : @alfari_12
    e-mail : alfath[dot]bookreader[at]gmail[dot]com
    link share: https://twitter.com/alfari_12/status/814124869604372480

    Like

  34. nama : Mariatul Rahmi
    domisili : Banjarmasin
    twitter : @mrtlrhmi_
    email : mariatulr.mr@gmail.com

    link share https://twitter.com/mrtlrhmi_/status/814365365178245120?p=v

    Liked by 1 person

  35. Bismillah…

    Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta 
    Akun Twitter : @RaaChoco
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/814357888231555072?p=v

    Like

  36. Nama : Silvy Rianingrum
    Akun Twitter : @berryfledge
    Link Share : https://twitter.com/berryfledge/status/814419552402604032
    E-mail : silvy2909@yahoo.com
    Domisili : Bekasi

    Like

  37. Nama : Eka Riana
    Domisili : Barito Kuala, Kalimantan Selatan
    Twitter : @rianaismyname
    Email : ekariana203@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/rianaismyname/status/814495731314610176

    Like

  38. Nama: Rinita
    Domisili: Jatim
    Akun media sosial: @Rinitavyy
    Alamat e-mail: rinivir90@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/814244201525186561?p=v

    Like

  39. Name : Shanti Ari
    Domisili : Klaten
    twitter : @_shantyary
    Linkshare : https://twitter.com/_ShantyAry/status/814616897035505664

    Like

  40. Nama: A’imatul Latifah
    Domisili: Tuban
    Akun twitter: @Aim_La27
    Link share: https://mobile.twitter.com/Aim_La27/status/814465957569576960?p=v

    Like

  41. Nama : Nur Azizah
    Domisili : Indramayu-Jawa Barat
    Twitter : @azizah_0271
    Email : nurazizahnur14@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/azizah_0271/status/814780762863960064

    Like

  42. Nama: Larastanie Afdha
    Twitter: @Larasta_
    Domisili: Tangerang
    Email: Larastanie24@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/814830056866516992?p=v

    Like

  43. nama: Kitty
    domisili: Batavia
    akun media sosial: @womomfey
    link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/815018803671154688

    Like

  44. Nama : Rizky Tria O.
    Domisili : Brebes, Jawa Tengah
    Uname Twitter : @Octannow_
    email : rizkytria98@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/Octannow_/status/815046057583263744?p=v

    Like

  45. Nama: Della Salsabila
    Domisili: jakarta
    Twitter: @dellasalsbl
    Email: dellasalsabila01@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/dellasalsbl/status/815141814344642561

    Like

  46. Nama: Tesya savika
    Domisili: Bandar Lampung twitter: @ChacaSavikaa
    Email: tesyasavikamurlita24@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/ChacaSavikaa/status/815168456492339202?p=v

    Like

  47. Nama : Arum Okta Sukarta
    Domisili : Mojokerto
    Twitter : Okta_s3233pm
    Email : arum.okta12@gmail.com
    Link : https://mobile.twitter.com/Okta_S3233PM/status/815200719678545921?p=v

    Like

  48. Nama: andini nurfaizah
    Domsisili: jakarta selatan
    Twitter: @khanazhura
    Email: andininurfaizah12@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/Khanazhura/status/815357035629846528

    Like

  49. Maaf kak yg diatas salah baru dibikinin akun sama temen😂 maklum aku nggak ngerti baru pertama kali ikut GA😂 btw happy New year ya buat @nufus_ @princessashr @murniaya yg udah mau bagi2 hadiah ditahun baru ini💕

    Nama: andini nurfaizah
    Domisili: jakarta selatan
    Twitter: @khanazhura
    Email: andininurfaizah12@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/Khanazhura/status/815362448865640448

    Like

  50. Nama: Rhena Indria
    Domisili: Bandung
    Twitter: @indriaHR
    Email: rhena.indria@yahoo.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/815413197658165248

    Like

  51. nama: Leny
    domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    akun twitter: @Lynlainy17
    alamat e-mail: lynnlenie7@gmail.com
    link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/815502548467490816

    Like

Leave a comment